Mencegah Sakit Leher Saat Bekerja

Banyak dari kita pernah mengalami sakit leher dari yang ringan sampai yang parah. Penyebab yang paling umum di balik rasa sakit ini ialah posisi tubuh yang tidak pas waktu tidur atau karena pekerjaan berat di tempat kerja. Dalam artikel berikut ini, kita akan melihat beberapa tips yang sangat berguna untuk mencegah sakit leher saat bekerja.

Sebelum kita lanjutkan untuk mencegah sakit leher di tempat kerja, kita harus melihat penyebab kondisi ini. Penyebab umum termasuk masalah pada jaringan lunak. Infeksi atau tumor tertentu memang dapat menyebabkan nyeri pada leher, yang dapat menyebar ke punggung atas, lengan, dan bahu, meski hal ini tidak sering terjadi. Meski begitu ketika kita secara khusus membahas mengenai nyeri leher waktu sedang kerja, anda perlu memastikan bahwa anda bekerja dalam ruang kerja yang ergonomis dan bersahabat.

Tips mencegah nyeri leher saat bekerja

  1. Salah satu hal paling mudah yang dapat anda lakukan adalah tidak duduk dengan sebuah posisi untuk waktu yang lama. Ingatlah untuk terus-menerus mengubah posisi saat duduk dan mencoba membuat bahu anda rileks.
  2. Kerja yang diselingi dengan istirahat akan memungkinkan anda untuk dapat mengendurkan otot. Istirahat setiap dua jam sekali untuk bersantai dan berolahraga kecil seperti peregangan.
  3. Hindari posisi kepala ke arah depan dan jangan membungkuk terlalu lama. Ketika anda duduk di kursi, jagalah punggung sebelah bawah anda dan pastikan kaki anda menyentuh lantai.
  4. Jika ada bekerja di depan monitor, usahakan layar monitor selalu berada sejajar dengan mata. Hal ini sangat membantu dalam mencegah rasa sakit yang terkait dengan penggunaan komputer dalam jangka panjang.
  5. Jika anda sering menggunakan telepon, gunakanlah headset atau speakerphone. Jangan menaruh telepon di antara leher dan bahu.
  6. Jika pekerjaan anda menjadi sopir, aturlah kursi mobil anda dalam posisi tegak. Kepala dan punggung bawah harus selalu disangga degnan baik. Roda kemudi harus mudah dijangkau dan lengan anda harus sedikit menekuk.
  7. Gunakan kursi yang dapat disetel sehingga anda dapat menyesuaikan ketinggian sesuai degnan kebutuhan. Jika kaki anda tidak menyentuh lantai, gunakanlah sandaran kaki. Cobalah untuk menyesuaikan kursi dengan posisi yang berbeda agar lebih nyaman.
  8. Sewaktu anda mengetik, pinggul, lutut, dan siku harus berada pada sudut 90 derajat. Siku harus tetap dekat dengan tubuh setiap waktu. Dengan mengikuti cara ini, anda tidak hanya akan dapat mencegah sakit leher yang disebabkan karena duduk di meja untuk waktu yang lama, tetapi juga masalah lain yang berkaitan dengan nyeri punggung.
  9. Jika pekerjaan anda berhubungan dengan mengangkat benda, berdirilah di dekat objek yang anda angkat, membungkuk dan mendekati objek sedekat mungkin dengan tubuh anda dan mengangkatnya. Jika terasa itu sangat berat, jangan mengangkatnya dan memberitahu pihak yang berwenang.

Tips ini pasti akan membantu anda mencegah sakit leher di tempat kerja. Sebuah sikap yang sehat tidak hanya akan menghindari masalah kesehatan, tetapi juga akan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Pertimbangkan pijat sesekali untuk memanjakan otot-otot anda. Selain itu, pastikan anda tidur dengan alas yang tepat.

Comments are closed.