Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal

Jika anda secara terus-menerus merasa ada ganjalan di tenggorokan sewaktu menelan, artikel berikut ini akan memberikan penjelasan, penyebab yang mendasari dan tips pengobatan. Gejala dari kondisi sakit tenggorokan ini sangat mudah untuk dikenali tetapi penyebabnya dapat bervariasi.

Tenggorokan seperti ada yang mengganjal secara terus-menerus tidak boleh diabaikan. Dalam istilah kesehatan, hal semacam ini dikenal dengan globus pharyngis. Jika apa yang anda rasakan tidak hanya rasa mengganjal di tenggorokan, bahkan terasa menyebabkan ketidaknyamanan, maka segeralah mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dengan akurat.

Gejala

Rasa mengganjal di tenggorokan ini pada umumnya dirasakan di bawah kotak suara. Berikut adalah beberapa gejala menonjol yang dapat terjadi:

  • Nyeri dada ringan
  • Sakit waktu menelan
  • Sesak di tenggorokan
  • Rasa mengganjal datang dan pergi secara berkala atau bergerak ke semua sisi.
  • Rasa kental di tenggorokan

Penyebab dan tips mengobati

Gejala globus dapat muncul karena ketegangan berlebihan pada otot tenggorokan. Alasan utama adalah kejang pada otot cricopharyngeus yang terletak di bagian bawah tenggorokan. Globus juga dapat dipicu oleh peradangan pada laring hipofaring atau bagian dari tenggorokan. Masalah ini merupakan salah satu alasan mengapa kanker tenggorokan tidak terdeteksi. Perlu diingat bahwa tumor atau kanker akan memanifestasikan dirinya sebagai benjolan yang terlihat dan membuat sulit untuk menelan makanan. Berikut adalah beberapa penyebab menonjol yang dapat memicu globus:

Cricopharyngeal
Gangguan pada otot cricopharyngeus dapat menyebabkan globus. Otot ini bertindak sebagai katup, mencegah arus balik abnormal makanan dari kerongkongan. Globus terjadi ketika otot ini menjadi kejang. Meskipun gangguan ini tidak berbahaya, tapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui. Meskipun tidak ada pengobatan mutlak, intensitasnya dapat dikurangi dengan asupan relaksan otot seperti lorazepam dan asupan cairan hangat seperti teh. Masalah tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya dari waktu ke waktu.

>>  Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Hidung Tersumbat

Gastroesofageal refluks atau laryngopharyngeal
Gastroesophageal reflux adalah salah satu penyebab lebih dari kondisi ini. Refluks adalah aliran cairan yang abnormal dalam tubuh. Kerusakan mukosa disebabkan karena cairan refluks dari perut melalui kerongkongan menyebabkan peradangan. Jika dada terasa terbakar merupakan gejala yang terkait, penyebabnya tentu adalah asam refluks. Terdapat sejumlah obat yang dapat digunakan untuk mencegah asam refluks. Berkonsultasi dengan dokter akan dapat membantu menyembuhkannya.

Gangguan pada lidah
Gangguan pada lidah seperti sariawan dan radang lidah juga dapat menyebabkan globus. Mengunjungi dokter dengan segera adalah tindakan terbaik.

Laringitis
Globus juga merupakan gejala laringitis, sebagai penyebab infeksi tenggorokan oleh virus, bakteri atau jamur. Dalam hal ini, rasa kental akan disertai dengan rasa sakit di tenggorokan, batuk, dan demam. Antibiotik, analgesik, dan steroid dapat diresepkan sebagai obat.

Segera kunjungi dokter secepat mungkin untuk memastikan penyebab sebenarnya dari apa yang anda alami. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, hal ini tidak boleh diabaikan dan pengobatan harus dimulai dengan segera.

 
  Incoming Keywords: menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan, makan serasa masih ada yang nyangkut di tenggorokan, obat tradisional tenggorokan terasa mengganjal, cara untuk menghilanghkan rasa sesak di kerongkong, tenggorokan terasa kering dan mengganjal, cairan di tenggorokan, tenggorokan seperti ada yang nyangkut, tenggorokan seperti ada yang mengganjal, tenggorokan terasa mengganjal, tenggorokan mengganjal tapi tidak sakit

, , , ,

Comments are closed.