Diet Hipoglikemia Menu Makan

Diet hipoglikemik terdiri dari makanan yang kaya akan glukosa dan karbohidrat. Namun, makanan tersebut harus berasal dari diet hipoglikemiksumber yang sehat. Hipoglikemia adalah suatu kondisi dimana kadar glukosa darah turun di bawah normal. Sebagai akibat, otak akan menerima kadar glukosa yang tidak memadai dan mengarah pada gangguan fungsi otak. Gejala yang terjadi termasuk mual, kelelahan, muntah, dan kelemahan tubuh secara keseluruhan. Ketika kadar gula darah menjadi sangat rendah, tingkat keparahan gejala jadi meningkat, dan penderita dapat menjadi pingsan dan kejang.

Ketika tingkat gula darah turun di bawah 70 mg/ dL, seseorang dapat dikatakan menderita hipoglikemia. Hipoglikemia dalam jangka panjang perlu dikendalikan dengan pola diet yang tepat. Gula diperoleh dari semua jenis makanan yang membantu dalam menghasilkan panas yang dibutuhkan dan energi dalam tubuh kita. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki. Beberapa kelenjar endokrin, organ, dan mekanisme dalam tubuh membantu untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh.

Konsumsi makanan sarat gula berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak perlu. Oleh karena itu, sangat penting untuk merencanakan makan sedemikian rupa agar tingkat glukosa menjadi normal dan secara bersamaan berat badan dapat tetap terkendali. Hindarilah konsumsi karbohidrat seperti tepung, gula halus, dan minuman berkarbonasi sebanyak mungkin. Paragraf di bawah ini adalah menu diet hipoglikemik:

  • Mulailah makan pagi anda dengan segelas susu hangat. Tambahkan kacang atau almond ke dalam susu, dan madu. Beberapa pilihan sehat yang lain adalah orak-arik telur dengan keju feta, dan buah-buahan seperti ceri, stroberi, persik, dsb. Makan buah-buahan yang manis akan membantu anda untuk memperoleh gula dalam bentuk murni dan alami.
  • Untuk memenuhi tuntutan glukosa dari tubuh anda, jangan mulai mengkonsumsi makanan dalam porsi besar. Makan siang anda harus mencakup beras atau gandum. Daging merah harus benar-benar dihindari oleh mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi. Anda dapat memilih ayam, kalkun, daging sapi, dan ikan. Ubi jalar atau kentang, dan jenis-jenis sayuran berpati dapat dikonsumsi, tetapi sebaiknya dimoderasi.
  • Sayuran, kerang, dada ayam, dan udang sangat baik untuk makan malam. Mengkonsumsi wortel, dan kubis merah dalam jumlah besar juga baik.
  • Memilih jenis makanan yang tepat dari makanan ringan sangat penting. Pilihan yang salah dari makanan ringan menyebabkan konsumsi gula berlebihan yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang secara merugikan. Hindari cemilan yang kaya sodium. Konsumsi kopi dan teh perlu diawasi karena dapat mengurangi kapasitas tubuh untuk menyerap gula. Orang yang menderita hipoglikemia harus mengkonsumsi minuman kesehatan dalam diet mereka. Minuman ini adalah sumber mineral, vitamin, protein, glukosa, dan karbohidrat.
>>  Intoleransi Glukosa Penyebab Gejala

Anda dapat memodifikasi menu diet di atas dan menggunakan makanan pilihan anda sendiri.  Jika anda masih ragu dengan menu diet yang tepat dan mengalami kesulitan dalam mengikuti rencana diet hipoglikemia, maka cara terbaik adalah menghubungi ahli gizi. Anda akan diberi rekomendasi rencana diet khusus setelah diagnosa yang tepat.

Comments are closed.