Penyebab Kista di Belakang Telinga

Minyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous pada umumnya mengakibatkan pembentukan kista di belakang telinga. Kista adalah benjolan dari sel-sel mati yang dikumpulkan di bagian tubuh tertentu. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan jika terinfeksi.

Kista merupakan kumpulan sel-sel mati dalam bentuk benjolan atau daerah yang menonjol. Kista sebasea adalah kista yang paling sering ditemukan, baik hasil dari akumulasi sel-sel mati atau dari minyak berlebih yang disekresikan oleh kelenjar minyak di dalam kulit. Kista dapat terjadi pada setiap bagian dari telinga. Ini dapat terjadi pada cuping telinga, di dalam telinga, belakang telinga, di dalam liang telinga bahkan mungkin pada kulit kepala. Ini adalah benjolan non kanker dan tidak merugikan jika tidak terinfeksi.

Penyebab kista

Penyebab kista pada mumnya masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab kista yang mungkin terjadi;

  1. Kelebihan minyak disekresikan oleh kelenjar minyak atau karena produksi minyak yang lebih cepat dalam tubuh.
  2. Paparan lingkungan dingin juga dapat menyebabkan pembentukan kista dalam tubuh.
  3. Kelenjar sebaceous dan folikel rambut bengkak dapat menyebabkan pembentukan kista sebaceous.
  4. Produksi testosteron yang berlebihan pada pria kadang-kadang dapat menyebabkan pembentukan kista.
  5. Kista juga dapat terbentuk karena kelenjar getah bening yang membesar.
  6. Pembentukan kista juga merupakan dari genetik.

Kista di belakang telinga

Pertumbuhan kista sangat lambat tanpa diketahui. Tetapi jika kista terinfeksi, anda dapat mengalami sakit yang parah. Anda juga akan melihat benjolan kulit yang lembut dan cairan putih kental yang mengalir keluar dari kista. Kista di belakang cuping telinga atau di kepala dapat dengan mudah diamati dibandingkan dengan kista di dalam telinga.

Tips mengobati kista

Pada umumnya, kista tidak memerlukan pengobatan apapun, karena ini dapat muncul dan hilang dengan sendirinya. Tetapi jika kista terinfeksi maka anda akan memerlukan perhatian medis. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang dapat membantu anda untuk mengobati kista.

Bila kista tersebut kecil, maka anda dapat menggunakan pengobatan sederhana seperti berikut ini:

  1. Tempatkan kompres atau bantal pemanas pada tempat yang terkena yaitu langsung pada kista. Hal ini juga dapat dilakukan dengan bantuan lilin. Lelehkan lilin dan berikan lilin basah pada kista. Hal ini dapat memberikan bantuan dan akan mencairkan kista yang selanjutnya akan membantu tubuh untuk menyerapnya. Meskipun metode ini bekerja tetapi dalam beberapa kondisi hal ini justru membuat kista lebih buruk. Maka itu hati-hatilah terhadap efek sampingnya.
  2. Ambil bubuk kunyit dan campurkan dengan sedikit air di dalamnya. Terapkan pada kista selama 15 menit dan kemudian cuci dengan sabun jerawat. Ulangi proses ini untuk beberapa hari sampai kista benar-benar menghilang.
  3. Celupkan kapas dalam minyak pohon teh dan tempelkan pada kista selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu cuci dengan sabun jerawat bebas minyak. Ulangi proses ini selama beberapa hari. Minyak pohon teh dapat mengeringkan cairan kista di bawah kulit dan membantu dalam menghilangkan kista.

Ketika kondisi kista menjadi parah biasanya dokter menyarankan operasi. Jangan mencoba untuk memecah kista sendiri karena dapat menyebabkan rasa sakit. Selain itu juga jangan menggunakan produk berminyak pada daerah yang terkena atau pada rambut karena dapat memperburuk kondisi. Jika kista masih mengganggu anda, berkonsultasilah dengan dokter jika anda menderita sakit yang parah.

 
  Incoming Keywords: akibat adanya kista dibelakang daun telinga, obat alami kista di telinga, kista sebasea telinga, kista daun telinga, kista d telinga, ciri kista tekinga, ciri ciri penyakit kista di telinga, cara menyembuhkan penyakit kista sebeusea di daun telinga, cara mencegah kista di belakang telinga, apa itu kista benjolan ditelinga

Comments are closed.