Kista di Bawah Lidah

Kista di bawah lidah biasanya disebabkan oleh kerusakan pada kelenjar ludah. Kondisi ini dapat terjadi sangat menyakitkan, oleh karena itu hal ini menjadi perhatian khusus yang harus diobati dari awal.

Kista di bawah lidah atau dasar mulut pada umumnya muncul dalam wujud kebiruan atau keputihan. Kista ini mengandung mucin dari kelenjar ludah. Kondisi ini disebabkan karena trauma pada daerah tersebut. Tergantung pada tingkat keparahan trauma, rasa nyeri dapat berbeda dari orang ke orang. Jika kista tidak begitu terasa menyakitkan, biasanya dapat dipakai cara penyembuhan sendiri, tetapi dalam beberapa kasus di mana rasa sakit tak tertahankan dan berulang, maka bedah mulut mungkin diperlukan.

Pembentukan kista berhubungan erat dengan fungsi kelenjar ludah. Kelenjar ludah bertugas untuk menjaga mulut dengan terus-menerus memasok dengan air liur. Air liur sangat penting untuk menjaga mulut tetap basah, melindungi gigi, dan membantu pencernaan. Air liur mengalir ke dalam mulut melalui tabung kecil. Ketika saluran ini tersumbat, air liur tidak dapat mengalir ke dalam mulut, dan dengan demikian menimbulkan beberapa masalah. Selain penyumbatan pada saluran, terdapat beberapa kondisi lain yang dapat mempengaruhi berfungsinya kelenjar ludah dan menyebabkan pembentukan kista juga.

Kista di lidah

Sialolithiasis
Kondisi ini menyebabkan pembentukan batu kelenjar ludah yang terbentuk dari kalsium dalam kelenjar. Sebagian besar batu ini tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi beberapa batu dapat memblokir saluran dan menghentikan aliran air liur sehingga menyebabkan kelenjar membesar, dan kadang-kadang menyebabkan infeksi.

Sialadenitis
Ini adalah infeksi yang menyakitkan dalam kelenjar ludah dan disebabkan oleh streptokokus, haemophilus influenzae, staphylococcus, atau bakteri anaerob. Jika tidak diobati, maka dapat menyebabkan infeksi parah dan menyebabkan kista terbentuk.

Trauma
Trauma pada kelenjar ludah yang disebabkan oleh gigitan di pipi atau bibir dapat menyebabkan menyebabkan pemblokiran kelenjar ludah. Hal ini menyebabkan pembentukan batu, kista, dan dalam beberapa kasus terjadi infeksi.

Tumor
Kebanyakan tumor yang berkembang di kelenjar ludah biasanya adalah tumor jinak, seperti adenoma pleomorfik atau tumor warthin, tetapi beberapa diantaranya mungkin berubah menjadi kanker. Tumor ini dapat mengakibatkan pembentukan dari kista.

Virus
Infeksi virus seperti flu, gondok, virus coxsackie, echovirus, dan sitomegalovirus dapat menyebabkan pembesaran kelenjar ludah, sehingga akhirnya menyebabkan pembentukan kista.

Dalam kasus trauma pada kelenjar ludah yang mengarah ke kista, hal ini dapat diobati sendiri. Namun, jika kista ini sangat menyakitkan, maka langkah-langkah tertentu harus diambil untuk mengobati kondisi ini. Konsultasi dengan dokter sangat penting dalam kasus seperti ini, sehingga diagnosis dapat dibuat dan pengobatan akan dapat diputuskan. Sinar X-ray atau bahkan biopsi dapat dilakukan untuk menentukan keparahan dari kondisi. Operasi melibatkan menghilangkan batu yang menghalangi saluran sehingga kelenjar mulai berfungsi normal atau memotong kelenjar itu sendiri.

Kista di bawah lidah biasanya akan sembuh seiring dengan waktu, tetapi ada kasus-kasus tertentu ketika kista bisa menjadi indikasi dari kondisi yang lebih serius, dan pembedahan mungkin diperlukan untuk mengobatinya. Oleh karena itu disarankan bahwa kunjungan ke seorang spesialis untuk dapat diperiksa secepat mungkin untuk menemukan kista. Pengobatan yang tepat adalah kunci untuk menyembuhkannya.

 
  Incoming Keywords: apakah ada cacingan dibawah lidah ?, kelenjar ludah bawah lidah, kista bawah lidah boleh tidak dioperasi, kista di bawah lidah harus dioperasi gak, kista di lidah, kista dibawah lidah, obat radang kelenjar ludah dibawah lidah, penyebab kista bawah lidah

Comments are closed.