Penyebab Kista di Bawah Kulit

Kista di bawah kulit biasanya berbentuk seperti kantong, kondisi semacam ini dapat menjadi hal yang menyakitkan dan juga tidak. Apakah anda pernah menemukan sebuah benjolan kecil di tangan atau pada beberapa bagian lain dari tubuh anda yang menyerupai jerawat? Jika pernah, maka itu sangat mungkin bahwa anda memiliki kista kulit yang umumnya tidak menimbulkan resiko kesehatan yang serius. Kista dapat tumbuh pada setiap bagian dari tubuh dan dapat mempengaruhi setiap orang dari segala usia. Pada umumnya, kista berukuran hampir sama dengan kacang polong dan muncul di bawah permukaan kulit, berisi dengan zat cair atau semi padat. Ilmu kedokteran mempelajari tentang kista dengan membaginya menjadi ratusan jenis. Berikut adalah lebih lanjut mengenai beberapa bentuk yang paling umum dari kista di bawah kulit:

  • Kista ovarium
  • Kista dalam kelenjar tiroid
  • Kista ganglion
  • Kista pilonidal
  • Kista Baker
  • Kista jerawat
  • Kista sebaceous
  • Lipoma

Penyebab kista di kulit

Kulit kita adalah organ sensitif yang rentan terhadap segala macam infeksi eksternal dan perubahan lingkungan. Menurut dermatologis, kista dapat terjadi karena infeksi kulit atau kondisi peradangan akut. Selain itu, unsur genetik juga menjadi salah satu alasan paling umum sebagai penyebab adanya komplikasi kulit seperti kista. Meskipun terdapat banyak sekali bentuk kista, kista yang paling sering ditemukan adalah kista sebaceous dan kista jerawat.

Kista sebasea
Kista sebaceous juga disebut degnan kista epidermoid, yang sering ditemukan pada telinga, kulit kepala, lengan atas, dan punggung. Pada umumnya ukuran kista mencapai 5 mm sampai 4 cm, tetapi ukuran juga dapat bervariasi tergantung pada intensitas dan durasi akibat kista yang telah mempengaruhi kulit.

Kista sebaceous tersebut dapat dihilangkan dengan cara alami dalam tempo beberapa hari, tetapi jika tidak memudar setelah beberapa hari, maka akan dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di daerah tubuh yang terkena. Pengobatan untuk kista sebaceous melibatkan eksisi terbuka dan minimal. Jika anda menderita kista yang telah berkembang selama jangka waktu yang panjang dan telah matang sehingga menyebabkan rasa sakit, maka memerlukan adanya teknik eksisi. Perawatan kulit yang tepat dan mencegah kulit dari infeksi dapat membantu anda mengurangi resiko terkena kista. Banyak orang yang alergi terhadap krim kulit dan kosmetik, sehingga mereka harus menghindari menerapkannya pada kulit karena dapat menyebabkan kista dan masalah kulit.

>>  Penyebab Kista di Belakang Telinga

Kista jerawat
Kista jerawat adalah jenis jerawat yang paling parah dan sering mempengaruhi para remaja. Ini adalah salah satu kista yang paling menyakitkan dan terjadi di bawah kulit karena diakibatkan adanya penyumbatan saluran minyak yang pada saatnya akan menyebabkan infeksi kulit. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kista jerawat seperti jenis kulit, infeksi kulit, dan penyebab genetik komplikasi kulit. Pengobatan untuk jerawat kista melibatkan pembersihan kulit menggunakan metodologi perawatan kulit tertentu. Kulit dibersihkan dengan bahan kimia seperti benzoil peroksida dan pembersih lainnya untuk menghilangkan kotoran dan debu.

Benjolan lain yang sangat umum dan juga ditemukan di bawah kulit adalah lipoma atau juga disebut benjolan lemak. Lipoma adalah kista jinak yang pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Bentuknya menyerupai kubah atau telur dan seringkali tumbuh hingga 2 sampai 10 cm.

Jika kista pada kulit mengganggu aktivitas sehari-hari, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Lebih baik mengamankan diri dengan mencari saran medis sebelum terlambat.

 
  Incoming Keywords: kista kulit wajah, penyebab tumbuh benjolan pada permukaan kulit

, ,

Comments are closed.