Kista Pankreas Pankreastitis

Kista pankreas adalah kantong berisi cairan yang dapat membentuk dalam pankreas. Artikel berikut adalah informasi tentang kemungkinan alasan pembentukan kista inflamasi atau non inflamasi pada pankreas bersama dengan cara mengobati.

Pankreas adalah organ kelenjar yang terletak di dalam rongga perut. Organ memanjang ini berada di belakang perut, di bagian belakang rongga perut. Pankreas dibagi menjadi kepala, leher, badan, ekor dan proses unsinatus. Organ kelenjar meruncing ini melakukan fungsi vital, mensekresi hormon serta cairan pencernaan. Cairan pankreas juga mengandung bikarbonat. Bikarbonat membantu dalam meningkatkan keasaman lambung dan dengan demikian menetralkan cairan pencernaan. Setiap kondisi yang mempengaruhi kinerja organ ini pasti akan mempengaruhi proses pencernaan. Terkadang kantong cairan ini dapat terbentuk di dalam pankreas. Kantong seperti cairan ini disebut sebagai kista pankreas.

Penyebab kista pankreas

Kista yang terbentuk di pankreas biasanya diklasifikasikan berdasarkan struktur atau isinya. Hal ini mengacu pada kista dimana cairan dalam kista disekresikan dari lapisan sel khusus yang melapisi kantong tersebut. Jika tes diagnostik mengungkapkan adanya kista yang kehilangan setiap lapisan khusus seperti sel, maka kista didiagnosa sebagai pseudokista. Meskipun kantong berisi cairan di dalam pankreas dapat jinak maupun kanker, pseudokista biasanya jinak. Kondisi ini dapat terbentuk karena akibat dari trauma pada pankreas. Trauma bahkan bisa terjadi selama operasi perut. Secara umum, kista ini terdiri dari sel-sel yang meradang, jaringan parut, atau jaringan pankreas mati. Kantong berisi cairan ini dapat mengandung enzim pencernaan dalam bentuk yang sangat terkonsentrasi. Orang yang menderita pankreatitis akan mengalami peningkatan resiko mengalami pseudokista.

Pankreastitis yang mengacu pada peradangan pada pankreas, lebih sering disebabkan karena penyalahgunaan alkohol. Peningkatan kadar trigliserida dalam darah, infeksi atau kondisi medis seperti kista fibrosis atau batu empedu juga membuat sangat rentan terhadap kondisi ini. Pseudokista inflamasi sebagian besar jinak sedangkan kista non inflamasi yang dapat terbentuk di pankreas juga menjadi pertanda prakanker. Kista non inflamasi tersebut dikategorikan ke dalam kistadenoma serosa, kistadenoma mucinous, intraductal neoplasma mucinous papiler, dan tumor pseudopapillary pankreas. Kistadenoma serosa seringkali jinak, tetapi kista lainnya termasuk ganas.

>>  Penyebab Gejala Kista Hati

Cara mengobati kista pankreas

Prosedur pencitraan seperti MRI, ultrasound, dan CT scan terbukti membantu dalam menentukan adanya kista. USG endoskopik merupakan tes diagnostik yang sangat berguna untuk membantu dalam menentukan sifat kista. Sampel dari jaringan atau cairan dari kista juga dapat diperoleh selama prosedur ini. Sampel dapat dikumpulkan melalui jarum tipis ke dalam kista melalui endoskopi. Isinya kemudian dapat dianalisis sehingga dapat memastikan apakah kista ini termasuk jinak, prakanker atau juga kanker. Kista jinak dapat disembuhkan dengan bantuan terapi obat dan kadang-kadang juga tanpa pengobatan.

Jika ada indikasi bahwa kista dapat menjadi kanker nantinya, maka kista harus segera dihilangkan. Menghilangkan kista pankreas dapat mencegah komplikasi yang mungkin timbul jika kista pecah dan isinya mengalir ke rongga perut. Operasi kista pankreas biasanya dianjurkan untuk kista yang ganas atau kista dalam ukuran yang besar. Hal ini akan menurunkan risiko pankreatitis bersama dengan kondisi medis lainnya yang berasal dari peradangan pada pankreas.

Jika anda telah didiagnosa dengan pseudokista, hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah dengan mengikuti pola makan yang sehat dan menahan diri dari konsumsi alkohol yang berlebihan. Hal ini akan dapat menurunkan resiko terkena pankreatitis serta pseudokista. Selain daripada itu, diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu diperlukan untuk mencegah komplikasi yang mungkin timbul.

 
  Incoming Keywords: kista di pankreas, kista pankreas, kista pankreas adalah, penyakit kista pancreas, penyebab kista pankreas

Comments are closed.