Makanan Kaya Vitamin B12 dan Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi dan vitamin B12 bersama dengan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah. Oleh karena itu, kekurangan semua bahan ini akan dapat menyebabkan anemia baik itu ringan ataupun berat. Jika anda tidak melengkapi tubuh anda dengan nutrisi yang dibutuhkan, maka akan ada kekurangan di kemudian hari yang akan menimbulkan komplikasi seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah dan masalah kesehatan lainnya. Sementara itu semua kelompok makanan harus dimasukkan dalam menu makan. Dalam artikel di bawah berikut, kita akan membahas daftar makanan yang tinggi zat besi dan vitamin B12.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan zat besi sangat penting dalam menjaga kelancaran dari fungsi tubuh dan pikiran. Hal ini membuat kesehatan mengalami peningkatan secara keseluruhan.

Vitamin B12 dan zat besi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh karena mengarah pada pembentukan hemoglobin. Jika tidak ada zat besi, maka tidak dapat membentuk hemoglobin, yang dapat menyebabkan anemia dan komplikasi lain seperti kekurangan hemoglobin. Zat besi juga dibutuhkan untuk mengkonversi gula darah menjadi energi dan untuk produksi enzim. Sistem kekebalan tubuh tergantung pada zat besi agar dapat menjalankan fungsinya dengan lancar. Zat besi juga memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan mental dan perkembangan keseluruhan pada seseorang. Kekurangan mineral ini akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kesehatan menjadi buruk. Oleh karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan zat besi dengan sendirinya, maka penting bagi kita untuk menambahkannya melalui makanan yang kita konsumsi.

Cyanocobalamin atau vitamin B12 sangat penting untuk produksi sel darah merah. Seiring dengan peran utamanya, keduanya juga mendukung fungsi sel-sel saraf dan memproduksi myelin. Vitamin B12 juga penting dalam replikasi DNA. Kekurangan mineral ini memiliki efek langsung pada memori dan fungsi otak.

Makanan kaya kandungan zat besi

Berikut adalah daftar makanan yang tinggi zat besi dan B12. Lihat ini untuk memahami tentang makanan yang kaya zat besi serta sumber vitamin B12 yang harus anda masukkan dalam menu makan.

Makanan kaya kandungan zat besi dapat termasuk makanan laut, daging, sayuran, unggas, roti dan sereal, kacang-kacangan, dan buah. Zat besi terdiri dari dua jenis heme iron dan zat besi non heme. Zat besi heme mudah diserap oleh lambung dan mudah digunakan oleh tubuh. Hal ini ditemukan pada makanan seperti ikan, daging, dan unggas. Sedangkan zat besi non heme ditemukan pada keduanya, sayuran dan daging.

Bayam, hati, daging merah, aprikot, kismis, kenari, kacang almond, kacang merah, ikan tongkol, daging unggas, daging domba, udang, brokoli, daging sapi, peterseli, kubis, biji wijen, biji labu, bubuk kari, tempe, paprika, wortel, asparagus, ceri, kulit anggur, kacang pinto, bekatul, sawi, buah persik kering, kurma, kacang polong, kerang.

Makanan kaya kandungan vitamin B12

Salah satu kelompok makanan yang memiliki tingkat tertinggi dari vitamin B12 adalah makanan laut dan termasuk ikan seperti makarel dan salmon. Selain ini, hati hewan yang bervariasi seperti ayam dan unggas lainnya juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik.

Ikan sarden, susu, telur, kerang, daging sapi, ikan tongkol, ayam, kepiting, beras merah, hati sapi, daging rusa, udang, daging domba, dan keju.

Dampak kekurangan vitamin B12 dan zat besi

Berikut adalah akibat yang bisa saja terjadi jika tubuh kita tidak mengkonsumsi zat besi dan vitamin B12 dalam jumlah yang diperlukan. Terlepas dari tanda-tanda yang paling jelas dari anemia, berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dialami:

Merasa mudah lelah, rambut rontok, pusing, kelopak mata nampak pucat, mudah pingsan dan sesak napas, menstruasi yang panjang dan berat, detak jantung tidak teratur, telinga berdengung, kurangnya konsentrasi, melemah dan menurunkan sistem kekebalan tubuh, bibir pucat, mual, merasa pusing, kerusakan saraf, kaki lemas, mati rasa di tangan dan kaki, mata sensitif terhadap cahaya, depresi, susah menelan, ketombe.

Vitamin B12 dan zat besi berjalan secara beriringan. Daftar lengkap di atas akan membantu anda memahami jenis makanan yang kaya vitamin b12 dan zat besi harus anda masukkan dalam menu makan untuk melengkapi tubuh dengan zat besi dan B12.

 
  Incoming Keywords: buah yg mengandung vitamin b12

, ,

Comments are closed.