Penyebab Urin Berwarna Kuning Gelap

Warna urin secara alami berwarna kuning pucat, dan dapat menjadi kuning gelap, kecoklatan, atau berwarna kemerahan. Hal ini dikarenakan sejumlah faktor seperti dehidrasi, konsumsi makanan, dan obat-obatan tertentu. Urin merupakan produk ekskretoris cairan yang mengandung air dan limbah yang larut dalam air, yang dihasilkan dalam proses metabolisme yang terjadi dalam sel-sel hidup. Bahan limbah yang larut dalam air ditemukan dalam air seni terutama produk nitrogen seperti urea, asam urat, dan kreatinin. Beberapa hormon, enzim, dan garam mineral juga akan ditemukan dalam urin.

Urine pada dasarnya adalah cairan berwarna transparan, tidak berwarna atau kuning pucat, dan sedikit asam pada umumnya. Warna ini dapat berfluktuasi sedikit demi sedikit dari waktu ke waktu, dan sebagian besar bukan merupakan alasan untuk dikhawatirkan.

Karakteristik warna kuning pucat pada urin disampaikan oleh pigmen urochrome. Setiap perubahan warna urin dari kuning pucat hingga kuning gelap dapat disebabkan karena beberapa faktor. Berikut kita akan melihat pada banyak penyebab dan gejala yang terkait pada kondisi ini.

Penyebab urin berwarna kuning kegelapan

Warna urin dapat menjadi indikator kesehatan. Perubahan warna urin dapat disebabkan olehwarna urin beberapa kondisi, mulai dari asupan cairan yang tidak memadai dan konsumsi makanan serta penyakit serius.

Dehidrasi
Urin yang berwarna kuning gelap sering merupakan tanda bahwa seseorang mengalami dehidrasi, atau tidak minum cukup air. Hal ini juga dapat terjadi ketika seseorang berkeringat banyak, dan tidak mengisi kembali air yang hilang. Faktor penting lain yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah muntah yang berlebihan dan diare. Karena dehidrasi, urin menjadi pekat dengan bahan limbah nitrogen dan berubah dari cairan tak berwarna menjadi berwarna kuning tua. Konsentrasi tinggi dari limbah nitrogen dapat memberikan bau yang aneh pada urin bersama dengan perubahan warnanya.

Obat dan suplemen
Suplemen vitamin B-kompleks dapat membuat warna urin menjadi gelap atau terang. Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air, dan oelh karena itu, setiap kelebihan jumlah yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh diekskresikan dalam urin. Obat-obatan seperti kina, rifampisin, warfarin, nitrofurantoin, dan sulfametoksazol dapat memberikan warna kuning atau kuning gelap.

Konsumsi makanan tertentu
Penyebab lain yang umum di balik perubahan sementara dalam warna urin adalah konsumsi makanan tertentu. Sebagai contoh, konsumsi asparagus dapat membuat urin berwarna kuning gelap atau kehijauan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B secara berlebihan, karoten dan vitamin C, juga dapat memberikan warna kuning gelap pada urin.

Penyakit
Warna kuning pada urin dapat disebabkan oleh penyakit kuning. Seiring dengan urin, penyakit kuning dapat memberikan warna kuning pada kulit dan juga sclera mata. Perubahan warna disebabkan oleh akumulasi bilirubin dalam darah, yang merupakan limbah dari pemecahan sel darah merah tua. Pada keadaan normal, liver menghilangkan bilirubin dari darah, di mana ini dikombinasikan dengan empedu. Seluruh proses ini dapat terganggu ketika liver rusak karena infeksi.

>>  Penyebab & Gejala Albumin dalam Urin Berlebihan

Sebuah obstruksi dalam sistem saluran empedu juga bisa menyebabkan penyakit kuning dengan merusak pergerakan empedu dalam sistem pencernaan. Infeksi pada hati seperti hepatitis A, B dan C, demam glandular, overdosis parasetamol, leptospirosis, sirosis hati, kanker hati, dan hepatitis autoimun dapat menyebabkan penyakit kuning dengan merusak hati. Penyakit seperti malaria, anemia sel sabit, talasemia, dan sindrom gilbert dapat juga menyebabkan penyakit kuning. Kondisi itu dapat menghambat pergerakan empedu, dan dengan demikian menyebabkan penyakit kuning termasuk pembentukan batu empedu, pankreatitis, kolangitis, dan kanker saluran empedu serta pankreas.

Anemia hemolitik adalah kondisi lain yang dapat menyebabkan urin menjadi gelap coklat atau kuning. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan dari sel darah merah, terkait dengan ketidakmampuan sel-sel sumsum tulang untuk mempercepat produksinya. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Di sisi lain, kerusakan sel darah merah yang makin meningkat dapat menyebabkan kadar bilirubin menjadi lebih tinggi dalam darah, sehingga menyebabkan penyakit kuning.

Perubahan warna urin lainnya

Terlepas dari warna urin kuning gelap, urin dapat berubah menjadi oranye, coklat dan kehijauan. karena beberapa kondisi lain yang mendasarinya.

  • Urin dapat berubah menjadi gelap coklat kemerahan karena penyakit liver seperti hepatitis dan melanoma. Hal ini dapat juga menjadi tanda keracunan tembaga.
  • Warna urin coklat dan warna merah atau merah muda dapat disebabkan oleh konsumsi makanan seperti kacang fava dan blackberry.
  • Warna urin biru atau hijau dapat disebabkan oleh warna tertentu yang digunakan dalam makanan dan obat-obatan. Infeksi saluran kemih dan asupan obat seperti amitriptyline, indomethacin, dan doxorubicin juga dapat menghasilkan urin menjadi biru atau berwarna hijau.

Sebelum sampai pada kesimpulan apapun mengenai perubahan warna urin, perlu untuk memperhatikan makanan yang telah dikonsumsi baru-baru ini serta jumlah asupan cairan. Hal ini dikarenakan warna normal sementara pada urin biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu dan dehidrasi. Air memainkan peran kunci dalam menguras kotoran keluar dari tubuh melalui urin. Tetapi jika urin berwarna kuning gelap dalam jangka waktu yang cukup lama disertai bau yang tidak sedap, maka pastikan untuk mendapatkan bantuan medis.

 
  Incoming Keywords: Penyebab Air kencing berwarna kuning, kalau kencing warnanya kuning kemerah-merahan itu gejala apa, urin gelap, asam lambung pipis warna, kencing kuning saat hamil, kenapa air urine berwarna kuning, faktor penyebab urine mrnjadi asam, kencing kuning, air kencing berwarna kuning kemerahan saat hamil, air kencing pekat dan terasa panas

, , ,

Comments are closed.