Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi kesehatan yang parah. Nama lain untuk gagal ginjal kronis adalah penyakit ginjal kronis. Ini adalah suatu kondisi di mana ginjal berhenti berfungsi dengan baik. Penyakit ini berkembang selama beberapa periode, yang dapat bervariasi dari beberapa bulan sampai beberapa tahun. Fungsi utama dari ginjal adalah pembuangan limbah dan air dari tubuh. Ketika gagal untuk berfungsi secara normal, limbah berbahaya dan air akan terakumulasi dalam tubuh. Hal ini menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan anemia.

Berdasarkan keparahan kondisi gagal ginjal kronis terdapat 5 tahap sebagai berikut:

1. Pada tahap ini, tidak ada kerusakan yang signifikan pada ginjal dan masih berfungsi hampir secara normal. LFG lebih dari 90%. Kerusakan dapat dideteksi hanya melalui tes patologis.
2. Fungsi ginjal sedikit terpengaruh dan LFG terletak di antara 60-89%. Hal ini juga dapat diketahui melalui tes darah, tes urin, dan pencitraan.
3. Ini adalah kondisi yang lebih serius di mana fungsi ginjal menurun sampai tingkat yang moderat dan LFG berkisar sekitar 30-59%.
4. Fungsi ginjal sangat terganggu dan LFG adalah serendah 15-29%.
5. Ini adalah tahap akhir di mana terjadi gagal ginjal secara keseluruhan. LFG hampir mencapai 15% atau bahkan kurang.

Penyebab dan gejala ginjal kronis

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Orang yang menderita diabetes tipe I atau diabetes tipe II berada pada resiko yang lebih besar terkena penyakit ginjal. Tekanan darah tinggi, batu ginjal, pembesaran prostat, dan kanker kandung kemih, dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Penyakit autoimun seperti lupus, pengerasan arteri, dan efek samping dari obat-obatan adalah penyebab lain dari kondisi gagal ginjal.

Gejala gagal ginjal tergantung pada tahap penyakit. Dalam dua tahap pertama gejala tidak terlihat sama sekali atau hanya ringan. Ini mulai muncul ketika terdapat bentuk kerusakan pada ginjal. Selama tahap 3 dan 4, gejala gagal ginjal yang termoderasi, dapat menyebabkan pembengkakan di tangan dan kaki, rendahnya urin, kelelahan, kurang nafsu makan, pencernaan yang lambat, nyeri punggung, dsb. Pada tahap 5, beberapa gejala gagal ginjal kronis yang lebih bisa dilihat seperti urin sangat rendah atau tidak ada urin sama sekali, mati rasa pada tangan dan kaki, mual, muntah, kram otot, kulit gatal, memar ataupun perdarahan, perubahan warna kulit, insomnia, rasa haus, kurangnya kewaspadaan, dsb.

>>  Penyakit Infeksi Ginjal, Penyebab+Gejala+Diagnosa

Pengobatan

Meski begitu, gagal ginjal kronis tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk memperlambat perkembangan penyakit. Untuk alasan ini, kondisi yang mendasarinya atas kegagalan fungsi ginjal, harus diobati dengan obat-obatan yang tepat. Sebagai contoh, penderita dengan tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi diberi obat yang sesuai untuk menjaga kondisinya. Pembengkakan tangan dan kaki yang terjadi karena retensi cairan dalam tubuh, maka obat diuretik diberikan untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Untuk penderita gagal ginjal yang rentan terhadap berbagai penyakit tulang, suplemen kalsium dan vitamin D akan diberikan untuk menjaga kekuatan tulang.

Obat-obatan harus disertai dengan pola makan yang juga tepat. Hal ini memainkan peran utama dalam mengurangi beban kerja ginjal. Diet rendah protein sangat diperlukan untuk kondisi ini. Jumlah protein yang dikonsumsi harus ditentukan oleh dokter atau ahli gizi. Konsumsi garam, fosfor, kalium, dan elektrolit harus dibatasi. Penderita diabetes harus membatasi konsumsi karbohidrat. Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, tidak ada pembatasan asupan cairan, tapi pada tahap-tahap selanjutnya, asupan cairan harus diminimalkan.

Obat-obatan dan perubahan pola makan bekerja dalam empat tahap pertama dari penyakit ginjal kronis. Jika ginjal berhenti berfungsi sepenuhnya, maka penderita harus menjalani cuci darah secara teratur untuk menghilangkan limbah. Sedangkan pada kasus yang lebih parah, di mana itu mengarah pada kondisi yang mengancam jiwa, maka dokter dapat memilih untuk transplantasi ginjal.

Pencegahan kondisi gagal ginjal kronis adalah dengan gaya hidup sehat. Ini mencakup makan makanan sehat, menjaga berat badan yang ideal, membatasi konsumsi alkohol, dan menghindari merokok. Jika anda memiliki penyakit tertentu yang mendasari, maka mengobati kondisi ini sangat penting untuk mencegah efek kerusakan pada ginjal.

,

Comments are closed.