Cara Merawat Ikan Koi

Salah satu ikan peliharaan yang paling populer adalah ikan koi, yang merupakan evolusi dari ikan mas, ikan asli Asia. Ikan koi berasal dari spesies ikan mas Cyprinus carpio, yang diyakini berasal dari Kaspia dan laut Hitam Asia Timur. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang populer sebagai hewan peliharaan, yang mempunyai vairasi berbagai warna. Orang Jepang mulai mengembangbiakkan ikan mas dengan kombinasi warna yang berbeda semenjak abad 19. Ikan koi dalam kombinasi warna yang berbeda adalah yang populer, ketika dipamerkan dalam sebuah pameran di Tokyo, yang diselenggarakan pada tahun 1914. Ikan koi tersedia dalam berbagai warna merawat ikan koitermasuk hitam, putih, biru, merah, krem, dan kuning.

Perawatan ikan koi

Ikan koi dapat menjadi penyejuk kolam yang berwarna-warni. Jika dirawat dengan benar, ikan ini dapat hidup sampai 30 tahun bahkan lebih. Ikan koi memiliki umur yang sangat panjang, ikan koi yang pernah dibesarkan oleh sebuah keluarga di Jepang telah hidup selama sekitar 226 tahun. Jika anda berencana untuk memelihara ikan koi ini, anda harus memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana cara merawat ikan koi.

Kolam ikan koi

Apakah itu sebuah aquarium atau kolam, tempatnya harus cukup besar sebagai rumah untuk pertumbuhan ikan koi. Untuk satu ikan koi, anda memerlukan setidaknya 100 galon air. Jika anda memiliki sepuluh ikan koi, maka kolam anda harus memiliki kapasitas untuk menampung 1000 galon air. Warna-warna yang menarik dari Koi sebenarnya juga membawa bahaya, predator seperti kucing dapat tertarik masuk ke kolam dan memburunya.

Kualitas air

Ikan koi berkembang dengan baik di kolam dalam setidaknya 1,5 meter. Iklim yang hangat sangat cocok untuk ikan air dingin ini. Mereka memilih kisaran suhu 16 – 23° C. Kolam harus dilengkapi dengan pompa udara. Pastikan bahwa kolam memiliki sistem penyaringan air yang baik. Untuk ikan koi, pH air yang ideal adalah antara 6 – 9.

Makanan ikan koi

Ikan koi termasuk hewan omnivora dan mereka makan berbagai macam makanan termasuk ganggang, selada, kacang polong, dsb. Anda dapat memberi makan mereka dua hingga tiga kali sehari. Mereka makan sangat sedikit di waktu cuaca dingin. Bila suhu terlalu rendah, mereka tidak harus diberi makan dengan protein karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Namun jika suhu naik, anda dapat menyertakan makanan kaya protein yang akan membantu ikan untuk meningkatkan cadangan lemak. Ikan koi muda membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan dengan ikan koi dewasa. Ikan ini dapat dilatih untuk mengambil makanan dari tangan manusia. Mereka juga dikatakan memiliki kemampuan khusus untuk mengenali orang yang secara teratur memberikan mereka makanan. Jika kondisi air dan pemberian pakan tepat, ikan ini dapat tumbuh dengan panjang mencapai 91cm.

>>  Kehidupan Bintang Laut Makanan Habitat

Jenis ikan koi

Kohaku Kohaku: berkulit putih dan memiliki pola merah yang menarik.
Taisho Sanshoku: berkulit putih dan memiliki pola merah dan hitam.
Showa Sanshoku: berkulit hitam dengan pola merah dan putih.
Tancho: ikan koi yang memiliki lingkaran merah di dahi.
Asagi: ikan koi dengan sisik biru muda pada skala atas dan merah di bagian bawahnya.
Shusui: seperti Asagi tapi hanya sebagian yang bersisik.
Bekko: berwarna putih, merah, atau kuning.
Utsurimono: ikan koi hitam dengan pola merah, putih atau kuning.
Goshiki: dengan pola coklat dan biru putih merah.
Ogon: ikan koi dengan warna metalik yang memukau.
Kin Gin Gin: ini adalah ikan koi dengan sisik yang mengkilap.
Kawarimono: merupakan paduan berbagai aneka ikan koi.
Doitsu goi: ikan mas Jerman.
Koromo: ikan koi dengan daerah sisik biru bermata rapi selaras.
Hikari Moyomono: Ini adalah ikan koi dengan pola berwarna di atas dasar warna metalik.
Ghost koi: merupakan gabungan dari Ogon dan ikan mas liar.

Ikan koi bereproduksi melalui metode pemijahan dimana sejumlah besar telur koi betina dibuahi oleh satu atau lebih koi jantan. Harga ikan koi berdasarkan ukuran, warna, dan pola. Akan tetapi tidak dapat dikatakan bahwa ukuran yang besar selalu lebih mahal. Budidaya ikan koi merupakan hobi yang menarik. Meski begitu, anda harus melakukan perawatan yang tepat. Jika anda tidak menyediakan makanan sehat atau jika kondisi air tidak tepat, maka akan menjadi sakit. Pantau secara teratur sehingga anda dapat mencegah atau mengobati gangguan kesehatan pada ikan koi anda. Di atas hanyalah gambaran singkat tentang cara merawat ikan koi. Jika anda berencana untuk membesarkannya, anda harus mendapatkan pengetahuan tentang dasar-dasar perawatan ikan koi.

, , , ,

Comments are closed.