Cara Memberi Makan Ikan Koi

Memberi makan ikan koi dapat menjadi menjadi hal yang rumit karena pola makan ikan koi tergantung pada berbagai faktor seperti suhu dan kebutuhan nutrisi yang berbeda. Artikel berikut akan memberikan tips untuk memberi makan ikan koi dengan cara yang benar.

Koi adalah variasi dari ikan mas Cyprinus Carpio yang dikenal sebagai simbol cinta dan persahabatan. Ikan mas Asia telah mengalami persilangan dengan ikan mas Jerman selama berabad-abad, dan sekarang muncul dalam beberapa warna seperti biru, merah, krem, putih bersih, oranye, hijau, dan hitam. Untuk menjaga ikan tersebut tampak cantik, maka penting untuk mengatur pola makan yang sehat.

Makanan koi

Ikan koi dikenal sebagai omnivora dan memakan makanan seperti udang dan cacing. Mereka juga dapat bertahan hidup pada alga tertentu jika tidak diberi makan. Memberinya ulat dalam jumlah yang terbatas akan berguna untuk ikan ini karena merupakan sumber protein. Ikan ini juga suka semangka dan jeruk. Makanan seperti kacang polong dan jagung harus dihindari karena mereka tidak dapat mencernanya.

Diet yang seimbang adalah aspek yang paling penting untuk diingat ketika memberi makan imakanan koikan koi. Seperti halnya manusia, mereka juga memerlukan jumlah karbohidrat yang seimbang, di samping itu juga protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tergantung pada ukuran ikan yang anda pelihara, jumlah makanan yang harus anda berikan akan bervariasi. Dalam kasus apapun, makanan harus cukup kecil untuk dapat ditelan secara utuh oleh ikan terkecil. Dalam kasus di mana ada ikan besar dan kecil ditempatkan bersama-sama di kolam, hal itu akan sulit untuk dianalisis apakah ikan yang satu masih merasa lapar atau tidak.

Selalulah ingat untuk memberi makan secukupnya. Ikan ini tidak memiliki perut, dan oleh karena itu mencari makanan sepanjang waktu. Mereka memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan jika tidak diawasi. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kematian cepat. Harus ditentukan bahwa mereka diberi makan sesuai dengan bobot nilai gizi makanan dan tidak sesuai dengan volume makanan. Ini berarti bahwa ikan kecil diberi makan 5% dari berat tubuhnya, sedangkan ikan dewasa harus diberi makan hanya 2% dari berat tubuhnya.

Temperatur

Di bawah ini adalah panduan tentang cara memberi makan ikan koi sesuai dengan suhu air.

  1. Ikan koi mampu mencerna makanan dengan mudah atau memiliki tingkat metabolisme yang tinggi ketika suhu air sekitar 22° C sampai 26° C. Dalam kondisi seperti itu, mereka harus diberi makan setidaknya 3-4 kali sehari dengan makanan yang tinggi protein.
  2. Ketika suhu berkisar antara 18° C sampai 22° C, berilah makan hanya sekali atau dua kali sehari. Makanan harus terdiri dari 35% protein.
  3. Pada suhu sekitar 16° C, berilah makan ikan hanya sekali sehari. Protein dalam makanan harus 35%, dikombinasikan dengan buah-buahan dan sayuran.
  4. Ketika suhu menurun hingga 15° C, beri makan hanya sekali sehari dan hanya enam hari seminggu. Dalam kondisi seperti itu, makanan hanya terdiri hanya 25% protein bersama dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan karbohidrat.
  5. Dengan pengurangan lebih lanjut pada suhu di bawah 15° C, ikan koi harus diberi makan 4-5 kali dalam seminggu, hanya jika mereka lapar.
>>  Cara Merawat Ikan Koi

Memberikan makanan dalam jumlah yang tepat sangatlah penting karena mereka cenderung mati jika kebanyakan makan. Nafsu makan ikan Koi selama cuaca dingin sangat kecil, dan kadang-kadang hampir tidak ada. Di sisi lain, selama cuaca panas, nafsu makannya besar sekali, mampu untuk makan hampir 4-5 kali. Hal ini karena kemampuan sistem pencernaan untuk mencerna protein hampir nol selama cuaca dingin.

 
  Incoming Keywords: makanan ikan koi, pakan ikan koi, makanan ikan koi yang bagus, makanan ikan koi terbaik, makanan koi, makan ikan koi, cara memberikan pakai udang pada ikan koi, cara memberi makan ikan koi, waktu yg tepat memberi makan ikan koi kecil, berapa kali koi diberi pakan

, , ,

Comments are closed.