Fakta Menarik Ikan Cupang

Ikan cupang adalah spesies ikan dengan beraneka warna. Ini adalah salah satu spesies ikan yang paling menarik dari semua ikan akuarium air tawar. Ikan ini asli dari Thailand dan Kamboja. Terdapat lebih dikan cupangari 50 jenis ikan cupang. Jangka hidup dari ikan ini biasanya sekitar tiga sampai lima tahun.

Ikan cupang tumbuh dengan panjang keseluruhan sekitar enam sampai delapan sentimeter. Anda dapat menyediakan mangkok kecil atau akuarium besar.  Salah satu keuntungan terbesar dari memelihara ikan cupang adalah bahwa mereka dapat tumbuh dengan baik bahkan dalam wadah yang kecil. Oleh karena itu, ikan ini banyak disukai oleh peternak ikan.

Ikan cupang


  1. Rentang hidup ikan ini adalah 2-3 tahun, namun dalam kondisi yang jarang juga dapat hidup selama 4-5 tahun.
  2. Terdapat organ khusus yang dikenal dengan labirin terletak di bagian atas kepala ikan yang memungkinkan untuk menghirup oksigen.
  3. Ikan cupang mengambil banyak oksigen dari permukaan dan dapat bertahan hidup di air dengan oksigen yang sedikit untuk waktu yang lama.
  4. Ikan cupang dapat ditemukan lebih dari 25 warna, yang paling umum ditemui adalah merah, biru, hijau, kuning, oranye, ungu, transparan, putih, hitam, dan banyak lagi.
  5. Ikan penjantan pada umumnya mengembangkan siripnya ketika dirinya merasa terancam.
  6. Ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung karena mempunyai kecenderungan alami untuk melawan.
  7. Pejantan lebih agresif dan cenderung melawan atau membunuh pejantan lain, bila dibiarkan bersama-sama.
  8. Pola perkembangbiakan ikan cupang termasuk jenis ikan yang unik. Ikan jantan membangun sarang di antara daun-daun tanaman mengambang. Telurnya ditempatkan di sini yang kemudian dibuahi oleh ikan jantan.

Sebagaimana dijelaskan di atas, ikan cupang jantan cenderung menjadi agresif terhadap pejantan lain. Oleh karena itu, sangat disarankan hanya menempatkan seekor pejantan dalam satu wadah. Di sisi lain, meskipun ikan cupang betina tidak membunuh satu sama lain, mereka cenderung menyembunyikan diri. Suhu akuarium ikan cupang harus tetap dijaga sekitar 22-25 derajat Celcius, dan harus diingat bahwa ekstremitas suhu sangat berbahaya bagi ikan. Makanan yang dibutuhkan untuk ikan cupang dapat diperoleh di toko hewan peliharaan atau bahkan di pasar. Ikan cupang harus diberi makan hanya 3 kali sehari. Sangatlah penting untuk menjaga kebersihan. Jika ikan cupang menunjukkan tanda-tanda perilaku abnormal seperti lesu atau kurangnya aktivitas, maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan untuk meminta saran.

>>  Fakta Ilmiah Tentang Cumi-cumi
 
  Incoming Keywords: Fakta ikan Cupang, ikan cupang mitos, mitos memelihara ikan cupang

Comments are closed.