Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Batu berlian sangatlah mahal, maka itu anda harus berhati-hati sewaktu membelinya, jangan sampai anda tertipu oleh berlianmembedakan berlian asli dan palsu palsu. Berikut adalah beberapa informasi yang berguna tentang cara untuk mengetahui batu berlian asli dan palsu.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa anda membayar degnan harga yang selangit adalah dengan meminta sertifikat keaslian, yang dikeluarkan oleh otoritas yang telah terekomendasi. Semua perhiasan yang handal dan merek perhiasan terkemuka menyediakan pelanggan dengan sertifikat pada saat membeli perhiasan batu berlian, bahkan ketika tidak diminta sekalipun.

Berlian tersedia dalam berbagai warna yang beraneka ragam, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda. Membelanjakan uang anda untuk membeli berlian dapat menjadi hal yang menarik. Karena berlian berharga mahal, anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang berlian sebelum menginvestasikan uang anda, jangan sampai tertipu oleh barang imitasi murahan. Anda harus mampu mengenali perbedaan antara berlian asli dan palsu serta informasi pada alinea di bawah berikut yang akan membekali anda dengan pengetahuan untuk membedakan berlian asli dan palsu.

Membedakan berlian asli dan palsu

Bagi seseorang yang belum berpengalaman, mungkin akan sangat sulit untuk membedakan antara berlian yang asli dan palsu. Namun, anda dapat mengenali berlian tersebut asli atau palsu dengan menggunakan metode yang berbeda, seperti disebutkan di bawah ini:

  1. Cara pertama untuk memeriksa keaslian berlian adalah dengan menggunakan alat atau tester berlian. Ini adalah perangkat elektronik yang dapat memeriksa semua jenis berlian untuk keaslian dan kualitas dari kelas berlian, kecuali pada batu Moissanite.
  2. Tes berat berlian dapat digunakan untuk membedakan berlian asli dari berlian palsu. Misalnya, berat zirkonia kubik adalah sekitar 50% lebih berat dari berlian asli.
  3. Sebuah tes transparansi adalah cara lain untuk membantu membedakan antara berlian asli dan palsu. Membalik berlian terbalik dan tetap di atas kertas. Jika anda dapat dengan jelas melihat batu, maka itu tidaklah berlian asli.
  4. Tes kabut adalah metode lain yang berguna untuk mengetahui berlian asli atau palsu. Taruh batu berlian di depan mulut anda dan hembuskan nafas di atasnya. Jika sisa-sisa batu berkabut selama 2-4 detik, maka anda dapat menganggapnya sebagai berlian palsu. Berlian asli menyebarkan panas yang sangat cepat dan akan hilang dalam waktu singkat.
  5. Berlian asli mencerminkan berbagai nuansa abu-abu. Jika anda menemukan refleksi pelangi, maka ini adalah berlian palsu atau berlian dengan kualitas rendah.
  6. Pada umumnya, berlian palsu cenderung bersinar di bagian atas. Cermati berlian dari sudut samping untuk memeriksa bagaimana bersinar. Berlian asli tercermin dari semua sisi, sementara berlian palsu terlihat kusam jika dilihat dari samping.
  7. Ketika ditempatkan di bawah sinar ultraviolet atau cahaya hitam, berlian asli mencerminkan fluoresensi biru. Kehadiran media biru yang kuat mengindikasikan batu yang asli. Namun, aturan ini tidak dapat diterapkan untuk semua berlian.
  8. Anda dapat menguji batu dengan panas tanpa melukainya. Berlian asli menyebarkan panas dengan cepat. Tes ini dapat dilakukan dalam waktu 30 detik dan dilakukan secara gratis di beberapa toko perhiasan.
>>  Tips Membeli Batu Permata

Pilihlah tempat membeli perhiasan yang dapat dipercaya saat membeli berlian. Ketika membeli berlian, periksalah apakah berlian tersebut terdapat goresan atau kerusakan lain di bawah kaca pembesar. Selain itu mintalah sertifikat keaslian jika perhiasan anda. Jika penjual bersikeras sebaliknya, akan lebih bijaksana untuk tidak berbelanja berlian di tempat tersebut.

 
  Incoming Keywords: ciri ciri berlian, perbesaan berlian asli n palsu, cara berlian asli dan palsu, car mengetahui berlian, berlian tidak asli, berlian hitam asli, berlian asli vs berlian palsu, berlian asli, batu intan ori, Batu berlian ori palsu

, , , ,

Comments are closed.