Penyebab Kadar Ferritin Rendah

Ferritin adalah tempat penyimpanan protein zat besi yang memainkan peran penting dalam mengatur kadar zat besi dalam tubuh manusia. Jika anda telah didiagnosa dengan tingkat ferritin yang rendah, melalui artikel ini anda akan dapat memahami apa yang menyebabkan rendahnya tingkat ferritin bersama dengan cara mengobati.

Nutrisi adalah zat yang penting agar tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Besi adalah salah satu nutrisi tersebut yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin, yang membawa oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh. Tubuh manusia memiliki mekanisme pengaturan sendiri untuk menjaga kadar zat besi. ferritin adalah protein intraseluler yang menyimpan sejumlah besar zat besi. Hal ini ditemukan dalam hati, sumsum tulang, limpa, dan otot rangka. ferritin melepaskan besi dan ketika tingkat zat besi dalam darah turun di bawah level normal. Protein intraseluler ini menyimpan kelebihan zat besi sehingga mencegah kelebihan beban besi. Kadar ferritin rendah dalam tubuh kita menunjukkan kekurangan zat besi. Dalam keadaan normal, kadar protein intraseluler ini harus berada dalam kisaran 12-300 nanogram/ ml dan 12-150 nanogram/ml. Jika kadar protein ini lebih rendah atau lebih tinggi dari tingkat normal, biasanya akan ada indikasi ketidakseimbangan dalam tingkat zat besi dalam tubuh kita.

Penyebab ferritin rendah

Sakit kepala, lekas marah, kelelahan, tingkat energi yang rendah, dan pusing merupakan beberapa gejala yang mengarah terhadap rendahnya tingkat protein besi ini. Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai keadaan dengan tingkat protein di bawah normal.

Defisiensi zat besi
Anemia kekurangan zat besi biasanya berkembang secara bertahap ketika seseorang memiliki asupan zat besi yang sedikit. Ketika hal itu terjadi, tubuh mulai menggunakan zat besi yang disimpan di dalam jaringan dalam bentuk ferritin.

Penyerapan zat besi
Kebiasaan pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab paling umum dari kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi dapat dikaitkan dengan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna atau menyerap zat besi. Sebagai contoh, gangguan pencernaan seperti penyakit celiac atau penyakit crohn dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Vitamin C juga dikenal untuk memfasilitasi penyerapan zat besi. Ini sebabnya mengapa kekurangan vitamin C juga bisa menjadi faktor penyumbang.

Kondisi kesehatan lain
Penelitian telah menunjukkan bahwa perdarahan pada saluran pencernaan dalam jangka panjang, penyalahgunaan alkohol, hipotiroidisme, penyerapan nutrisi yang tidak memadai dan gizi buruk juga dapat menjadi penyebab rendahnya tingkat ferritin. Pada wanita, perdarahan menstruasi berat juga dapat menjadi penyebab turunnya kadar ferritin. Gangguan autoimun juga dapat dikaitkan dengan kekurangan ferritin.

>>  Penyebab Gejala Anemia & Mengobati Berdasarkan Jenis Anemia

Mengobati ferritin rendah

Kehilangan energi, kelelahan, pusing, lemah, sakit kepala, mata pucat, kehilangan libido, lekas marah, dan pacophagia adalah beberapa gejala yang paling umum yang dapat dialami oleh orang-orang yang memiliki tingkat ferritin rendah. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk mengobati kekurangan ferritin.

Meningkatkan asupan zat besi
Konsumsi makanan kaya akan zat besi adalah cara terbaik untuk mengembalikan kadar ferritin agar kembali normal. Konsumsi makanan yang diperkaya oleh zat besi seperti ayam, kerang, daging merah tanpa lemak, hati, kalkun, tahu, buah ara, dan kismis akan sangat membantu. Meskipun sumber zat besi heme lebih mudah diserap daripada sumber-sumber non heme, jika anda seorang vegetarian maka anda harus menyertakan makanan kaya zat besi seperti biji labu, kacang-kacangan, sayuran, kedelai, bayam, buncis, ubi jalar dan brokoli untuk diet anda. Karena asupan yang berlebihan dari minuman berkafein dapat memiliki efek buruk pada penyerapan zat besi, kita harus mengurangi asupan minuman tersebut.

Suplemen zat besi
Jika anda telah membuat modifikasi diet dan tidak memberikan hasil yang diinginkan, maka anda juga dapat mengkonsumsi suplemen zat besi. Akan tetapi, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat dan yang dibutuhkan untuk memperbaiki ketidakseimbangan.

Kebiasaan pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat protein ini. Jika tes darah menunjukkan tingkat abnormal dari ferritin, maka seseorang harus mendapatkan pemeriksaan medis secara menyeluruh.

 
  Incoming Keywords: apa guna periksaan lab feritin pada orng hamil, ferritin itu apa?, ferritin adalah, feritin untuk ibu hamil, feritin, apa yang harus dilakukan pada saat ferritin rendah, apa yang dimaksud dengan ferritin, apa itu pemeriksaan ferritin, apa itu ferritin untuk ibu hamil, akibat ferritin tinggi

Comments are closed.