Penyebab & Ciri Pendarahan Implantasi

Apakah anda mencari informasi tentang pendarahan implantasi? Apakah hal ini berbeda dengan perdarahan sewaktu datang bulan? Artikel berikut akan memberi tahu anda untuk mengetahui semua tentang pendarahan implantasi.

Pendarahan implantasi adalah keputihan darah selama tahap awal kehamilan, ketika telur yang dibuahi implan ke rahim. Implantasi didefinisikan sebagai lampiran dari telur yang dibuahi pada lapisan rahim. Dalam gambaran yang umum, terdapat sejumlah kecil darah yang berwarna kecoklatan selama implantasi, ini disebut dengan pendarahan implantasi. Hal ini juga disebut implantasi bercak dan biasanya terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah ovulasi.

Penyebab pendarahan implantasi

Siklus datang bulan pada wanita dapat dibagi menjadi dua fase yaitu fase folikular dan fase luteal. Selama fase folikuler, folikel di dalam ovarium mulai tumbuh di bawah pengaruh hormon tertentu. Pada tiap bulan, folikel tunggal mencapai kematangan dan dikeluarkan dalam bentuk sel telur, ini disebut dengan vulasi. Ovulasi dapat terjadi sekitar 14 hari dari siklus normal 28 hari. Meski begitu, tergantung pada panjang siklus yang mungkin dapat bervariasi antara hari ke-10 dan hari ke-20.

Dengan tidak adanya sperma, sel telur akan hancur menjadi korpus luteum dan dibuang selama menstruasi. Dan ketika sperma berhasil membuahi sel telur, tubuh mulai mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Telur yang sudah dibuahi segera memulai pertumbuhan dari struktur diploid yang disebut zigot multiseluler. Zigot kemudian memulai perjalanannya ke bawah menuju rahim. Pada saat ini, rahim menjadi diperkaya dengan pembuluh darah dan jaringan, untuk menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk zigot. Zigot kemudian mengubur dirinya sendiri di dalam lapisan rahim di mana dimulainya pertumbuhan lebih lanjut sebagai embrio. Hal inilah yang disebut implantasi, yang kadang-kadang dapat memicu rasa nyeri pada perut.

Pendarahan implantasi

Pendarahan pada saat implantasi adalah hal yang tak biasa biasa dan sekitar 20% hingga 30% wanita mengalami bercak. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar 4 minggu dari siklus menstruasi terakhir dan beberapa hari sebelum siklus yang berikutnya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai pendarahan implantasi.

Seringkali, wanita merasa kebingungan tentang perdarahan ini pada periode awal. Namun, berbeda dengan menstruasi dalam hal warna, yaitu jumlah dan durasi keluarnya darah. Dalam kondisi pendarahan implantasi, jumlah darah sedikit dan warnanya merah muda atau kecoklatan, sedangkan aliran darah dari siklus menstruasi normal pada umumnya merah. Selain itu, durasi dapat berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa hari, yang relatif lebih pendek dari menstruasi biasa.

>>  Manfaat Sumber Makanan Omega 3

Tanda-tanda pendarahan implantasi dapat berbeda dari satu wanita hamil dengan wanita hamil yang lain. Ciri-ciri lain yang umum dari kehamilan adalah kram, yang dapat dialami dengan atau tanpa adanya perdarahan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sel telur tersebut sedang dibuahi, setelah melewati tuba fallopi, menempel pada lapisan rahim. Implantasi telur mengakibatkan kontraksi otot-otot rahim yang dapat menyebabkan rasa sakit dari yang ringan sampai sedang. Kram perut yang dialami berkaitan dengan proses yang sama dan dapat berlangsung selama satu sampai dua hari.

Jika jumlah aliran darah kurang dan tidak terjadi kram yang parah atau sakit punggung, maka pendarahan implantasi dianggap normal. Lebih dari 50% kasus pada wanita dengan pendarahan implantasi memiliki konsepsi normal. Meski begitu, tetaplah harus mengetahui tentang tanda kehamilan normal dan bahkan tanda-tanda kemungkinan komplikasi. Ini bertujuan agar segala sesuatu yang abnormal tersebut dapat dideteksi dan ditangani lebih cepat. Beberapa gejala perdarahan yang tidak biasa termasuk kram yang parah pada salah satu sisi, pembekuan darah, dan nyeri panggul.

Konsultasikan dengan dokter kandungan atau spesialis kesehatan yang berkualitas, jika ada debit berat darah atau jika durasi lebih panjang dari periode normal. Perlu dicatat bahwa setiap perdarahan yang berbeda dari tanda-tanda pendarahan implantasi dapat mengakibatkan keguguran, jika tidak melakukan perawatan dengan tepat.

 
  Incoming Keywords: flek implantasi berlangsung berapa hari, flek tanda kehamilan terjadi berapa hari, seberapa banyak darah yang di keluarkan saat hamil muda, pendarahan implantasi yang banyak, ciri ciri impelentesi embrio, tanda implantasi berhasil, jumlah dan warna darah flek, berapa lama flek datang, bagaimana ciri-ciri ketika implantasi embrio, waktu implantasi kenapa bisa mengeluarkan darah

, , ,

Comments are closed.