Pentingnya Manfaat Vitamin & Mineral

Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting bagi tubuh kita yang memerlukannya setiap hari agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Sebuah pola makan yang seimbang memenuhi persyaratan yang diperlukan, meliputi mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh yang sehat. Seringkali muncul pertanyaan terutama dari anak-anak, mengapa kita memerlukan vitamin dan mineral? Artikel berikut akan membantu memecahkan pertanyaan tentang pentingnya manfaat vitamin dan mineral.

Vitamin adalah molekul organik kompleks yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi-fungsi normal tubuh kita. Mineral adalah komponen dasar dari semua materi dan sangat penting dalam membangun sel-sel tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk tumbuh dan berkembang. Setiap vitamin dan mineral memiliki peran khusus untuk bermain pada tubuh manusia.

Hal ini sangat penting untuk memahami bagaimana tubuh kita bekerja. Setiap hari tubuh kita memproduksi hingga 200 miliar sel-sel tubuh dan setiap 120 hari pasokan darah kita benar-benar diganti. Setiap 1-3 bulan kulit kita mengalami perkembangan dan struktur tulang kita dihancurkan dan dibangun kembali dalam waktu 90 hari. Dengan demikian, untuk melakukan pembangunan kembali, peran mineral dan vitamin sangat penting.

Manfaat vitamin bagi tubuh

Vitamin dibagi menjadi dua jenis, vitamin yang larut dalam lemak dan larut dalam air. Vitamin larut lemak disimpan dalam jaringan lemak dan hati. Ini dapat tetap berada dalam tubuh hingga 6 bulan. Ketika tubuh membutuhkan mineral ini, vitamin diangkut ke daerah yang membutuhkan dalam tubuh. Vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E dan K.

Vitamin larut dalam air, tidak disimpan dalam tubuh. Vitamin ini melakukan perjalanan dalam aliran darah dan perlu diisi ulang setiap hari. Vitamin yang larut dalam air termasuk kelompok vitamin B dan vitamin C.  Vitamin memiliki peran khusus. Ada banyak manfaat vitamin yang memiliki dampak besar pada kesehatan kita secara keseluruhan. Berbagai manfaat vitamin adalah sebagai berikut:

Manfaat vitamin A
Vitamin A membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Hal ini juga mencegah kebutaan. Ini adalah antioksidan kuat dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini juga penting untuk pertumbuhan tulang.

Manfaat vitamin B
Vitamin B adalah keluarga besar yang terbagi-bagi. Para anggota keluarganya terdiri dari vitamin B12, B1, B2, B3, B6, niacin, biotin, asam folat, dan asam pantotenat. Vitamin B sangat penting untuk perbaikan sel, pencernaan, dan produksi energi. Hal ini juga penting untuk memproduksi sel darah merah.

Manfaat vitamin C
Vitamin C membantu dalam pengurangan kadar kolesterol dan pengaturan tekanan darah. Zat besi diserap dalam tubuh dengan bantuan vitamin C. Vitamin C bermanfaat dalam penyembuhan luka dan sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi patogen atau penyakit. Hal ini juga membantu dalam pembentukan kolagen. Vitamin C adalah antioksidan yang paling kuat.

Manfaat vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Hal ini juga penting untuk gigi kuat dan sehat.

Manfaat vitamin E
Vitamin E adalah vitamin yang paling penting bagi tubuh manusia. Vitamin E sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Ini membantu dalam menjaga sel-sel dan jaringan agar sehat. Hal ini juga meningkatkan kesehatan fungsi mata, hati dan kulit. Selain ini juga memainkan peran utama dalam pencegahan kerusakan eksternal ke paru-paru oleh polusi udara. Hal ini juga penting dalam memproduksi sel darah merah. Ini mencegah kanker prostat dan penyakit jantung. Hal ini memainkan peran utama dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh, melindungi DNA, lemak, membran sel, dan enzim dari kerusakan.

>>  Manfaat Vitamin B9 bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin K
Vitamin K membantu dalam pencegahan penyakit Alzheimer pada orang tua. Hal ini sangat penting dalam pembekuan darah dalam kasus pendarahan. Selain ini juga membantu dalam berfungsinya ginjal dan tulang dengan baik.

Manfaat mineral bagi tubuh

Mineral sama pentingnya dengan vitamin dalam perkembangan tubuh kita. Manfaat mineral dapat ditemukan dalam sel, jaringan, organ, dan seluruh tubuh.

Kalsium
Kalsium membantu dalam membangun tulang dan gigi yang kuat. Hal ini juga penting bagi sistem saraf dan otot.

Kromium
Ini sangat penting untuk meningkatkan efektivitas insulin selama metabolisme.

Tembaga
Tembaga bersama dengan vitamin C yang diperlukan untuk penyembuhan luka.

Yodium
Hal ini memainkan peran penting dalam pencegahan gondok.

Besi
Zat besi adalah komponen yang paling penting dari darah. Ini bertindak sebagai pembawa oksigen dan memasoknya ke berbagai bagian tubuh.

Magnesium
Magnesium bertindak sebagai perantara untuk pemanfaatan karbohidrat, lemak, dan protein dalam tubuh.

Mangan
Seiring dengan kalsium, mangan diperlukan untuk produksi hormon dan pengembangan sistem kerangka.

Molibdenum
Molibdenum sangat penting karena membantu mengangkut besi dari hati ke dalam tubuh.

Kalium
Kalium diperlukan untuk membangun sistem saraf, jantung, otot, dan ginjal.

Selenium
Selenium berperan dalam menjaga elastisitas pembuluh darah dan jaringan.

Zinc
Zinc diperlukan untuk penyembuhan yang tepat dari luka.

Mineral memainkan peran penting dalam mengkatalisis atau mengaktifkan enzim dalam tubuh. Jika terdapat kekurangan mineral apapun, maka dapat menyebabkan penyakit akut atau kronis. Penurunan kalium dan magnesium dapat menyebabkan serangan jantung. Mineral membantu dalam pencegahan osteoporosis, gondok, kanker, arthritis, masalah pencernaan, penyakit periodontal, dan anemia. Kalium, natrium, zat besi dan kalsium fosfat sangat penting pada saraf. Mineral dibutuhkan untuk mengendalikan cairan tubuh di dalam dan di luar sel.


Informasi di atas membuktikan bahwa senyawa penting ini adalah kebutuhan mutlak untuk membangun tubuh yang sehat dan bebas penyakit. Karena kebiasaan makan yang tidak teratur dan makanan cepat saji, maka tubuh dapat kehilangan vitamin dan mineral penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang maksimal.

 
  Incoming Keywords: vitamin dan mineral, Zat vitamin dan mineral berguna untuk, vitamin dan mineral berguna bagi tubuh untuk keperluan, fungsi zat mineral dan vitamin, pentingnya vitamin, pranan dari fitamin dan mineral sertA perananya, jelaskan pentingnya penggunaan vitamin dan mineral, fungsi vitamin dan mineral tersebut adalah, fungsi vitamin dan mineral secara umum, fungsi multivitamin dan mineral

Comments are closed.