Vitamin untuk Wanita Sesuai Usia

Sering merasa lelah atau lesu dapat dikarenakan oleh kurangnya vitamin. Berikut adalah manfaat berbagai vitamin untuk wanita dari berbagai kelompok usia yang berbeda. Nutrisi yang mengatur proses metabolisme tubuh disebut dengan vitamin. Beberapa vitamin membantu anda mendapatkan kulit bersinar dan rambut yang panjang, sementara beberapa vitamin lain mengisi tubuh dengan banyak energi dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan. Vitamin A, B, C, D, E, dan K adalah jenis utama dari vitamin. Tubuh kita menggunakan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K) sesuai dengan kebutuhan, seperti yang disimpan dalam tubuh kita. vitamin larut dalam air (berbagai vitamin B dan vitamin C) melalui aliran darah tidak disimpan dalam tubuh, maka itu perlu diisi ulang setiap hari.

Diet yang seimbang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral yang dapat menjamin kesehatan dengan baik. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan bahkan penyakit serius. Pria, wanita, anak-anak, dan semua orang membutuhkan semua jenis vitamin. Tidak ada satupun vitamin dapat disebut sebagai vitamin terbaik bagi wanita, karena semua vitamin sama-sama penting untuk menjaga kesehatan kita. Tubuh wanita mengalami berbagai perubahan selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, persalinan, menopause, dsb. Perubahan ini membuat tubuh mereka rentan terhadap penyakit tertentu. Selain itu, jenis dan jumlah vitamin yang dibutuhkan juga dapat berubah-ubah.

Vitamin untuk wanita

Vitamin A
Vitamin A mengelola jaringan tubuh dan menjaga kesehatan tulang, mata, kulit, tulang dan gigi yang sehat. Vitamin A dapat ditemukan dalam susu, kuning telur, wortel, sayuran, jeruk, kapur, dan nanas.

Vitamin B
Vitamin B sangat penting dalam hampir semua aktivitas tubuh.

Vitamin B1: Vitamin B1 dikenal dengan thiamine, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan pasokan vitamin B1 yang tepat, otak dan sistem saraf dapat berfungsi lebih efisien. Ini membantu dalam metabolisme makanan sehingga tubuh menerima energi yang diperlukan untuk semua kegiatan.
Vitamin B2: Vitamin B2 dikenal dengan riboflavin dan membantu menghasilkan energi melalui reaksi kimia. Kurangnya riboflavin sering membuat wanita merasa lesu dan lelah.
Vitamin B3: Vitamin B3 disebut niacin yang mengontrol kolesterol tinggi dan juga meningkatkan energi wanita.
Vitamin B5: Vitamin B5 disebut asam pantotenat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Vitamin B6: Vitamin B6 disebut pyridoxine dan melindungi arteri. Ini mengatur kadar hormon, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sangat penting untuk fungsi saraf. Vitamin B6 dapat mencegah penyakit jantung. Wanita harus mengkonsumsi 2 mg vitamin B6 sehari-hari.
Vitamin B9: Vitamin B9 disebut asam folat dan bertugas dalam pembentukan sel-sel darah merah yang mempertahankan tingkat energi. Manfaat asam folat untuk wanita sangatlah banyak dan ini adalah vitamin terbaik bagi wanita pada masa subur, ini dapat mencegah cacat lahir, mencegah anemia, dan meningkatkan pertumbuhan sel normal. Wanita membutuhkan 400 mcg asam folat per hari. Ibu hamil membutuhkan 600 mcg per hari sedangkan ibu menyusui memerlukan 500 mcg per hari.
Vitamin B12: Vitamin B12 disebut sianokobalamin dan membantu menyerap makanan untuk menghasilkan energi. B12 mempertahankan fungsi saraf, memori, dan mengurangi depresi.  Wanita membutuhkan 2,4 mg vitamin B12 per hari.
Biotin: Biotin memfasilitasi baik lemak dan metabolisme protein, maka itu membantu mengubah makanan menjadi energi.

Vitamin C
Vitamin C diperlukan untuk semua jenis fungsi sel seperti pembentukan jaringan dan pemeliharaan membran sel. Hal ini juga mengubah makanan menjadi energi. Vitamin C ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, jeruk nipis, bawang, tomat, brokoli, paprika dan kubis.

Vitamin D
Vitamin D meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Susu, kuning telur, salmon, dan makanan laut lainnya termasuk dalam vitamin D. Vitamin D membantu dalam mengurangi kemungkinan kanker usus besar dan rheumatoid arthritis.

Vitamin E
Vitamin E berperan penting dalam pertumbuhan rambut, penyembuhan jaringan, dan proses metabolisme lainnya. Ini melindungi jaringan mata, kulit, dan hati. Vitamin E dapat ditemukan pada semua jenis buah-buahan dan sayuran. Ini adalah antioksidan yang sangat penting bagi wanita. Wanita membutuhkan 400-800 IU sesuai dengan usia.

>>  Pentingnya Vitamin D yang Penting dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Vitamin K
Vitamin K sangat penting untuk koagulasi atau pembekuan darah. Produk susu, kedelai, dan sayuran dikemas termasuk vitamin K. Hal ini baik untuk tulang dan mencegah penyakit jantung pada wanita. Wanita memerlukan vitamin K 90 mcg per hari.

Vitamin yang diperlukan wanita sesuai usia

Vitamin untuk wanita usia 20-an
Bagi wanita di usia dua puluhan, masih ada 10% lebih pertumbuhan untuk ditangani. Vitamin D dan kalsium diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tubuh di kemudian hari. Kalsium (600 mg sehari) membangun massa tulang yang mengarah pada tulang yang kuat. Hal ini dapat mencegah osteoporosis di kemudian hari. Vitamin D (1000 IU per hari) meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Ini adalah usia dimana tubuh lebih rentan terhadap perubahan suasana hati dan depresi, karena hormon yang mengalami perubahan. Suplemen vitamin seperti minyak ikan (1 sampai 2 g per hari) yang mengandung asam lemak omega 3 dapat meningkatkan aliran bahan kimia otak seperti serotonin yang membantu melawan perubahan suasana hati.

Vitamin untuk wanita di usia 30-an
Wanita berusia 30-an mungkin saja mengalami kekurangan zat besi dan menyebabkan kelelahan. Minyak biji anggur membantu untuk menghindari tanda-tanda penuaan. Suplemen biji anggur (100-400 mg per hari) adalah antioksidan yang melindungi elastin dan collagin, untuk penyembuhan kulit. Seiring dengan zat besi (27 mg per hari) dan minyak biji anggur, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K membantu untuk menjaga kulit anda tetap halus dan lentur. Zinc (15-30 mg/ hari), asam folat (400 mcg/ hari), Vitamin B6 (50 mg/ hari), B12 (50 mcg/ hari), Vitamin C (1000 mg/ hari) dan vitamin E (15 mg sehari), selenium ( 55-100 mcg/ hari) adalah vitamin terbaik untuk wanita untuk kehamilan. Asam folat mencegah cacat lahir dan terdapat dalam sayuran seperti bayam dan brokoli. Vitamin B baik untuk kesehatan reproduksi. Vitamin C dan E meningkatkan peluang kehamilan.

Vitamin untuk wanita di usia 40-an
Wanita di usia 40-an dapat menderita stres ketika mereka mencoba untuk mendaki karir, keluarga, dan bertambahnya tanggung jawab. Tingkat kortisol yang lebih tinggi pada wanita adalah di usia 40-an yang menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan resiko kanker. Metabolisme tubuh mulai melambat setelah usia 40. vitamin anti penuaan bagi wanita adalah seperti vitamin C (1000 mg sehari) bila dikombinasikan dengan kromium (25 mg per hari) dapat menjaga gula darah stabil dan dapat mengontrol berat badan. Vitamin A, B6, C dan E, bioflavonoid, inositol, lycopene dan seng adalah vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Wanita di usia 50-an
Usia merupakan salah satu faktor yang paling signifikan dalam kanker payudara. Penuaan meningkatkan kemungkinan menderita kanker payudara. Konsumsi 500 mg ekstrak teh hijau dapat menurunkan resiko terkena serangan kanker sebesar 13-15%.

Wanita di usia 60-an
Niacin (35 mg per hari) dapat membantu anda mengontrol kadar kolesterol. Niacin membantu mengurangi lemak dan menjaga tingkat kolesterol. Jika anda mempertahankan tingkat magnesium dengan benar (325 mg setiap hari), maka tekanan darah juga akan berada di bawah kendali.

Di atas adalah semua informasi yang diperlukan tentang pentingnya vitamin bagi wanita. Hal ini penting untuk mengetahui bahwa vitamin dan mineral merupakan bagian terpenting dari pola makan kita sehari-hari dan harus dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

 
  Incoming Keywords: umur 30 memerlukan vitamin berapa iu

Comments are closed.