Gangguan Kecemasan Sosial

Gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial, adalah gangguan mental yang paling umum yang dapat mempengaruhi orang dari segala usia. Hal ini sangat normal bagi seseorang untuk merasa cemas sebelum melakukan pidato publik atau presentasi. Namun, ada orang-orang yang mudah cemas bahkan dengan pemikiran seperti pada penampilan publik. Orang-orang seperti ini dikatakan memiliki fobia sosial. Orang dengan kondisi mental ini takut menghadapi dan berinteraksi dengan orang tak dikenal. Mereka berpikir bahwa orang selalu menghakimi mereka, atau mereka dapat menciptakan beberapa situasi yang memalukan bagi diri mereka sendiri di depan orang lain. Mereka menjadi begitu cemas bahwa kecemasan mereka menyebabkan serangan panik.

Penyebab

Gangguan kecemasan sosial tidak memiliki penyebab yang pasti. Bagaimanapun juga, faktor psikologis, biologis, dan lingkungan tertentu dapat menjadi penyebabnya. Konon, hal itu disebabkan karena ketidakseimbangan neurotransmitter yang mengirimkan informasi dari satu sel saraf ke yang lain dalam otak manusia. Kondisi mental ini juga diyakini secara turun-temurun dalam riwayat keluarga. Hal ini juga dapat dilihat pada orang yang telah memiliki masa kanak-kanak overprotektif atau pengalaman yang sangat memalukan di masa lalu.

Gejala

Gejala utama dari kondisi mental ini adalah penderita benar-benar menghindari situasi sosial. Individu mulai membuat alasan untuk tidak menghadiri sesuatu hal, memberikan presentasi, atau bertemu orang-orang yang tidak dikenal. Menghadiri suatu acara menjadi begitu menakutkan, sehingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari penderita gangguan ini. Beberapa gejala fisik dapat termasuk diare, menggigil, ketegangan otot, keringat berlebihan, gagap, tangan dingin dan gemetar, tidak ada kontak mata, dsb.

Diagnosa dan pengobatan

Orang yang memiliki masalah ini harus berkonsultasi dengan dokter. Jika tidak diobati, maka dapat memiliki efek buruk pada kehidupan mereka. Sebenarnya tidak ada tes medis untuk menentukan apakah seseorang menderita gangguan ini. Bagaimanapun juga dokter mungkin mengajukan pertanyaan tertentu pada penderita dan melakukan tes psikologis tertentu, untuk mengukur apakah dirinya dipengaruhi oleh gangguan mental ini.

>>  Takut Pada Air Berlebihan

Setelah situasi ini didiagnosis, dapat sepenuhnya disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Perawatan yang paling efektif adalah melalui terapi kognitif, bersama dengan terapi obat. Dalam terapis akan diberikan memotivasi untuk berpikir dengan cara yang positif dan membantu untuk menghadapi situasi pada kehidupan nyata. Antidepresan kadang-kadang juga akan diberikan kepada pasien untuk mengontrol gejala fisik. Seseorang juga mungkin harus menghadiri sesi konseling, di mana konselor membantunya dalam meningkatkan harga diri pasien.

Kecemasan sosial adalah masalah yang serius. Seseorang yang didiagnosis dengan kondisi ini dapat dihindari oleh orang lain di sekitarnya karena dianggap menjadi pecundang. Kesepian yang dihasilkan dapat menyebabkan seseorang menyalahgunakan alkohol atau kecanduan obat. Jika seorang teman atau anggota keluarga ada yang menderita gangguan ini, maka anda harus mencoba yang terbaik untuk mendukung dan membantunya.

Comments are closed.