Cara Mengatasi Kecemasan Sosial

Kecemasan sosial mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi hal yang cukup bermasalah jika tidak diobati tepat pada waktunya. Rasa takut akan ejekan adalah sesuatu yang kita semua alami, bahkan perasaan ketika kita ditempatkan dalam sorotan atau dalam situasi sosial lainnya. Seseorang yang menderita konsep yang kritis karena dievaluasi terus-menerus dan memiliki rasa takut yang berlebihan dari interaksi sosial, dapat dikatakan menderita kecemasan sosial, kondisi ini juga dikenal dengan fobia sosial. Mereka merasa terganggu di tempat umum dan forum. Mereka hidup dengan keyakinan palsu dan sangat tidak masuk akal bahwa setiap orang menonton, menatap, dan menghakimi mereka, yang menyebabkan serangan panik konstan. Jenis kecemasan sosial menjadi penyebab kekhawatiran ketika mulai mengganggu rutinitas dan aktivitas sehari-hari, sehingga memiliki dampak yang sangat negatif pada hubungan sosial.

Gangguan kecemasan sosial

Gangguan kecemasan sosial bukan merupakan penyakit yang sebenarnya, oleh karena itu belum ada obatnya. Keluarga bersama dengan pakar psikolog dan petugas kesehatan akan bekerja beriringan dan menentukan pengobatan. Kombinasi terapi obat dan kognitif akan digunakan untuk membantu seseorang dalam mengatasi gangguan kecemasan sosial dan gejala yang terkait.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi gangguan kecemasan sosial untuk pertama adalah mencari bantuan dan kemudian menganalisa apa yang menjadi pemicunya. Akan tetapi, seorang anak ataupun orang dewasa yang menderita harus diperlakukan dengan sebaik-baiknya selama pengobatan. Terapi perilaku kognitif secara luas digunakan untuk mengobati kecemasan sosial. Hal ini didasarkan pada premis bahwa untuk mengubah persepsi seseorang, keyakinan perlu diubah atau bekerja dengan cara yang positif, karena orang-orang yang takut diejek oleh orang lain kebanyakan memiliki persepsi negatif tentang diri mereka sendiri, dan ini adalah terapi yang mempunyai tujuan untuk dapat mengubahnya. Pengobatan medis termasuk resep obat depresi dan obat anti ansietas. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi gangguan kecemasan sosial:

  • Mendorong berpikir positif, terutama dalam kaitannya dengan menerima kesalahan.
  • Lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.
  • Bergabung dengan sekelompok orang yang berurusan dengan gangguan ini.
  • Luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang akan mendorong partisipasi anda.
  • Kegiatan olahraga adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri, maka itu cobalah terlibat dalam beberapa kegiatan olahraga.
  • Pikiran dapat ditenangkan dengan berlatih meditasi yang dapat sangat membantu dalam mengendalikan pikiran di forum sosial.
  • Berhenti berada di sekitar orang-orang yang negatif.

Tidak ada teknik yang pasti untuk dapat menangani masalah ini. Cara mengatasi kecemasan sosial pada anak-anak berbeda dengan cara mengatasi kecemasan sosial pada orang dewasa, karena dapat menjadi hal yang lebih serius. Jika anda ataupun seseorang dalam keluarga anda menderita gangguan kecemasan sosial, segeralah berkonsultasi dengan psikiater untuk dapat memulihkan diri dengan lebih cepat.

 
  Incoming Keywords: terapi mengurangi kecemasan sosial

,

Comments are closed.