Gejala Alergi Telur

Alergi makanan disebabkan oleh konsumsi makanan dimana tubuh menganggapnya sebagai ancaman. Salah satu alergi yang dapat dialami oleh beberapa orang adalah alergi telur. Pada umumnya hal ini dapat terjadi pada anak-anak pada usia rata-rata sekitar 5 tahun. Beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan peningkatan terkena alergi telur dapat termasuk dermatitis atopik, riwayat keluarga, dan usia.

Pada kasus alergi telur, sistem kekebalan tubuh manusia bereaksi secara berlebihan terhadap protein yang ada dan mengkategorikannya sebagai ancaman yang harus diperangi. Tubuh akan meresponnya dengan melepaskan antibodi seperti imunoglobulin E untuk melawan zat yang dianggap berbahaya. Antibodi ini melepaskan bahan kimia seperti histamin yang memulai serangan balik. Yang menjadi permasalahan adalah pelepasan bahan kimia ini dapat mempengaruhi pernafasan, pencernaan, dan sistem kardiovaskular. Dampak dari semua ini yang paling jelas akan terlihat pada kulit ketika mengalami alergi telur.

Gejala alergi telur

Gejala alergi telur dapat terjadi kapan saja dalam hitungan menit atau beberapa jam kemudian setelah mengkonsumsi. Kondisi ini biasanya dapat berlangsung selama kurang dari tiga hari, tidak tergantung pada seberapa parah tingkat keparahan alergi telur tersebut. Dampaknya dapat secara luas diklasifikasikan dalam beberapa gejala alergi telur seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Reaksi kulit
Alergi telur muncul pertama kalinya pada kulit. Visibilitas alergi dapat berkisar mulai dari ruam merah gatal-gatal, hal ini dapat terlihat seperti eksim. Reaksi kulit muncul dalam hampir semua alergi makanan, sehingga diagnosa yang tepat akan diperlukan untuk melacak sumber alergi.

Gejala oral
Kemerahan dan pembengkakan dapat terjadi di sekitar mulut dan bibir. Hal ini secara ilmiah disebut dengan angioedema. Terkadang peradangan dapat disertai dengan rasa gatal dan nyeri, yang dapat menghambat aktivitas seperti berbicara dan makan.

Gejala sinus
Kondisi dimulai dengan hidung meler dan kemudian mengarah ke arah gatal, mata berair, bersin-bersin yang dapat memicu asma, batuk, dan mengi. Hal ini juga dapat memicu angioedema yang merupakan pembengkakan pada pembuluh darah di bawah kulit, di dekat tangan, wajah, lidah dan alat kelamin. Sakit kepala migrain dan enuresis nocturnal juga dapat disebut sebagai gejala alergi telur.

>>  Gejala Reaksi Alergi terhadap Amoksisilin

Gejala gastrointestinal
Kram perut, mual, diare, dan muntah adalah gejala yang sudah sangat umum. Kram perut dan gangguan pencernaan dapat dengan mudah dianggap sebagai gejala tambahan, meski gejala-gejala ini sering menipu. Gejala gastrointestinal juga menjadi penyebab kelelahan yang sering disertai oleh alergi telur.

Gejala anafilaksis
Anafilaksis adalah gejala yang terkuat pada reaksi yang paling fatal terhadap alergi telur. Hal ini dapat terlihat pada orang-orang yang sangat sensitif terhadap telur. Anafilaksis pada dasarnya adalah pembengkakan pada mulut dan tenggorokan yang menghalangi saluran udara dan menuju ke paru-paru yang menyebabkan kesulitan dalam bernafas. Gejala anafilaksis juga dapat termasuk kram, sakit perut, dan denyut nadi yang cepat. Hal ini juga dapat menyebabkan syok anafilaktik. Kondisi ekstrim ini membutuhkan intervensi medis dengan segera. Bahkan dalam beberapa kasus, hal ini dapat melibatkan setidaknya satu perjalanan ke ruang gawat darurat rumah sakit.

Alergi telur yang parah dapat diobati dengan pemberian epinefrin, diphenhydramine atau kortikosteroid untuk penderita alergi telur. Meskipun terdapat beberapa pengobatan, tapi ini tidak akan benar-benar dapat menyembuhkan kepekaan terhadap protein telur dengan sepenuhnya. Hal terbaik untuk mengatasi alergi telur adalah melakukan pencegahan dan ini dapat dilakukan dengan menyadari segala sesuatu yang dimakan dan memastikan bahwa semua kandungan dalam bahan makanan harus secara penuh diperhatikan.

 
  Incoming Keywords: alergi telur, alergi telur ayam, alergi ayam, alergi telor, contoh gambar alergi telur, ciri ciri alergi pada telur, cara meredakan alergi telur, gejala alergi telor busuk, ciri ciri alergi telur, gambar alergi telur pada orang dewasa

, , ,

Comments are closed.