Penyebab Jempol Kaki Kram

Semua dari kita telah mengalami kram yang tiba-tiba datang entah dari mana dan kapan saja sepanjang hari. Penyebab jempol kaki kram dapat bervariasi mulai dari memakai sepatu yang ketat sampai dengan kekurangan vitamin dalam tubuh. Artikel berikut ini akan memberikan wawasan yang lebih banyak tentang penyebab dan mengatasi jempol kaki kram.

Mungkin adakalanya anda pernah mengalami kram pada jempol kaki sebelum anda berbaring di tempat tidur, ini merupakan kejang yang dapat jadi menyakitkan karena adanya kontraksi pada otot kaki. Rasa sakit dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, dengan intensitas yang mungkin berbeda. Kram pada jempol kaki mempengaruhi orang-orang dari segala kelompok usia dan dapat menyerang kapan saja, mungkin selama aktivitas berat, waktu malam hari, atau bahkan sambil berjalan.

Penyebab jempol kaki kram

Jempol kaki kram dapat disebabkan karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Alas kaki
Memakai alas kaki yang tidak cocok adalah salah satu penyebab umum. Sepatu dengan hak tinggi atau sepatu yang tidak pas dan sangat ketat terutama di daerah kaki juga dapat menjadi penyebab jempol kaki mengalami kram.

Kekurangan kalsium
Kekurangan kalsium dalam konsumsi makanan atau kekurangan kalsium dalam tubuh juga dapat menyebabkan kram pada jempol kaki.

Kekurangan kalium
Kalium membantu dalam melakukan impuls listrik dalam tubuh dan mempertahankan kontraksi otot. Kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan kram yang parah pada kaki dan bahkan tangan.

Kekurangan vitamin D
Kurangnya vitamin D menyebabkan kurangnya penyerapan kalsium dan mengakibatkan otot mengalami kram.

Kekurangan magnesium
Magnesium diperlukan untuk menjalankan fungsi otot. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kekurangan unsur-unsur lain seperti kalsium yang dapat menyebabkan nyeri otot dan kram.

Aktivitas berat
Olahraga ketat, berjalan-jalan atau kelelahan adalah beberapa kegiatan yang dapat menyebabkan kram pada jari-jari kaki termasuk jempol.

Obat-obatan
Beberapa obat yang diresepkan untuk mengobati asma, kolesterol, dan hipertensi juga dapat menjadi penyebab kram pada jempol kaki.

Tips mengatasi jempol kaki kram

  1. Cara mengatasi jempol kaki kram melibatkan beberapa metode sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah kram pada jempol kaki.
  2. Hindari memakai sepatu dengan hak tinggi setiap hari dan hanya memakainya hanya untuk acara-acara khusus saja. Mengenakan alas kaki yang tepat dan lebar atau sepatu berhak rendah adalah lebih baik daripada sepatu yang sempit, yang dapat menyebabkan kram.
  3. Bila mungkin selama sepanjang hari, lepas sepatu anda dan cobalah untuk menggerakkan kaki anda. Putar pergelangan kaki anda dalam gerakan melingkar dan meregangkan kaki, ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada kaki anda dan meminimalkan terkena kram.
  4. Untuk mengurangi rasa sakit, anda dapat melakukan peregangan untuk memperkuat otot-otot anda. Berdiri dengan bertumpu pada jari-jari kaki dan angkat tubuh anda ke atas dan ke bawah berulang-ulang dengan ditopang oleh jari-jari kaki. Berpegang pada setiap posisi untuk setidaknya 5-6 detik dan kemudian cobalah rileks. Kegiatan efektif lainnya adalah dengan mengambil kelereng dari lantai dengan jari-jari kaki anda dan menempatkannya ke tempat lain di lantai.
  5. Memijat di bagian bawah jari kaki dan sekitarnya adalah obat paling efektif yang membantu dalam membuat otot-otot berkontraksi dengan rileks dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini akan membantu membebaskan anda dari rasa sakit.
  6. Cara lain untuk mengobati jempol kaki kram adalah dengan meningkatkan asupan kalsium melalui konsumsi produk makanan yang kaya kalsium seperti susu, keju, buah-buahan, salmon, dan jenis ikan lainnya. Selain itu juga mengkonsumsi kalium tambahan, kalsium, dan suplemen vitamin C yang akan membantu dalam menstabilkan elektrolit dalam tubuh anda.
  7. Jika anda mengalami kram pada jempol kaki saat berjalan, hal ini berarti tubuh anda mengalami dehidrasi. Untuk ini anda akan memerlukan untuk minum air setidaknya 6 hingga 8 gelas secara teratur. Minum air tonik akan membantu dalam menjaga cairan serta tingkat mineral dalam tubuh.
>>  Kesemutan pada Jempol Kaki dan Mati Rasa

Mandi air panas sebelum tidur atau menaruh kaki anda dalam air hangat merupakan tips yang dapat diikuti untuk menghilangkan rasa sakit. Teknik relaksasi seperti bernafas dalam-dalam dan meditasi juga membantu dalam menenangkan tubuh dan mengurangi kram pada jempol kaki. Namun, jika kram pada jempol kaki terjadi secara teratur dan berulang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda. Praktek pengobatan alternatif seperti akupunktur dan pijat refleksi juga terbukti membantu mengobati kram pada jempol kaki yang parah dan sangat menyakitkan.

 
  Incoming Keywords: jempol kaki suka kram, jempol kaki kram, penyebab jempol kaki kram, jempol kaki sering keram, sakit ibu jari kaki dan tegang berdiri, ujung jempol kaki rasa kram, ibu jari kaki kiri kram diakibatkan oleh apa?, gejala ujung jempol kaki keram, cara mengatasi kram jempol kaki, cara mengatasi kram di jari kaki

,

Comments are closed.