Khasiat Minyak Kayu Putih bagi Kesehatan

Khasiat minyak kayu putih bagi kesehatan telah sangat dikenal karena kegunaannya yang serba luas. Pada artikel berikut ini kita akan mengulas beberapa khasiat minyak kayu putih dan fakta menarik minyak kayu putih.

Salah satu minyak esensial yang paling populer adalah minyak kayu putih yang sangat terkenal secara luas akan manfaatnya bagi kesehatan. Tidak heran bahwa minyak kayu putih seringkali ditemukan di dalam rak-rak lemari obat pada setiap rumah tangga. Di bawah ini kita akan melihat beberapa khasiat minyak kayu putih bagi kesehatan serta beberapa fakta menarik dari minyak kayu putih.

Khasiat minyak kayu putih

  • Minyak kayu putih digunakan untuk membantu memberikan pengobatan pada orang yang menderita infeksi sinus, bronkitis, flu, pilek, hidung tersumbat dan penyakit pernafasan lainnya. Cara terbaik adalah dengan menerapkan beberapa tetes minyak kayu putih pada saputangan dan menarik nafas dari waktu ke waktu. Metode lain yang umumnya diikuti adalah dengan meletakkan beberapa tetes minyak ini ke dalam air untuk mandi.
  • Minyak kayu putih adalah salah satu minyak esensial yang memainkan peran penting pada bidang aromaterapi.
  • Khasiat minyak kayu putih memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang sangat baik karena digunakan dalam pembuatan sabun, lotion, deodoran, parfum, dan beberapa produk kebersihan lainnya.
  • Bagi anda yang suka menerapkan tato henna ke tangan ataupun bagian tubuh lainnya, menambahkan sedikit minyak kayu putih ke dalam campuran henna akan memberikan warna yang jauh lebih dalam.
  • Berkat sifat anti kumannya, khasiat minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit dan memar pada kulit.
  • Binatang peliharaan seperti anjing dan kucing dapat diberikan beberapa tetes minyak kayu putih pada air mandinya untuk melindunginya dari kutu dan parasit lainnya.
  • Mencampur sedikit minyak kayu putih dengan minyak lain untuk pijat akan memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran. Sifat meremajakan yang dimiliki oleh minyak kayu putih dapat membantu dalam menghilangkan kelelahan mental, nyeri otot, dan kelesuan.
  • Minyak kayu putih adalah stimulan yang sangat baik dan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dengan cara meningkatkan aktivitas jantung.
  • Minyak kayu putih juga berkhasiat sebagai bahan penyedap dalam produk makanan tertentu.
  • Minyak kayu putih bila dicampur dengan air dapat menjadi disinfektan yang sangat efektif.
  • Orang dengan sakit tenggorokan dapat menggunakan campuran beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Ini akan mengurangi rasa sakit dan tenggorokan anda akan merasa jauh lebih baik.
  • Berkat sifat antiseptik, minyak kayu putih merupakan bahan yang populer dalam produk perawatan gigi seperti pasta gigi dan obat kumur.
  • Dalam beberapa kasus, minyak kayu putih secara teratur dapat berkhasiat untuk mengobati batuk rejan dan asma.
  • Khasiat minyak kayu putih juga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes.
  • Minyak kayu putih berkhasiat untuk meningkatkan berkonsentrasi agar lebih baik dan tetap waspada.
>>  Manfaat Cengkeh Khasiat Minyak Kesehatan

Pohon kayu putih adalah tanaman asli Australia yang kemudian dibudidayakan di negara-negara lain di dunia. Minyak kayu putih bila digunakan dalam jumlah berlebihan akan memberikan efek samping. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, muntah, bahkan kejang-kejang. Minyak kayu putih pada umumnya digunakan untuk menghapus noda dari stiker perekat yang menempel pada lemari ataupun kaca.

Ini adalah gambaran singkat dari banyak khasiat minyak kayu putih. Semoga fakta tentang minyak kayu putih ini dapat membantu dalam menambah pengetahuan anda tentang minyak yang menguntungkan ini.

 
  Incoming Keywords: Kenapa tidak boleh megoles minyak kyu putih di leher apabila batuk

Comments are closed.