Khasiat Minyak Lavender untuk Kesehatan

Khasiat minyak lavender telah sangat terkenal untuk digunakan dalam aromaterapi dan juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Bunga lavender termasuk ke dalam keluarga mint. Tanaman ini adalah tanaman asli untuk wilayah Mediterania, bagian dari Afrika, dan India. Tanaman lavender banyak tumbuh di kebun untuk mengisi keharuman ataupun karena keindahan bunganya. Lavender juga tumbuh di berbagai daerah, minyak esensial dapat diekstrak dari tanaman lavender dan digunakan dalam pembuatan berbagai produk seperti sabun dan parfum. Minyak atsiri yang diekstraksi dari bunga tanaman lavender memiliki banyak khasiat, terutama dalam aromaterapi.

Khasiat minyak lavender

Tanaman lavender termasuk genus lavandula, yang terdiri dari sekitar 40 spesies, tetapi terdapat banyak varietas lain, yang muncul sebagai akibat dari penyerbukan silang. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa penggunaan lavender telah dimulai sejak 2500 tahun yang lalu. Peradaban Mesir kuno telah menggunakan minyak lavender sebagai bahan kosmetik dan juga sebagai pembalseman mumi. Bangsa Arab juga menggunakan ini untuk tujuan pengobatan dan juga sebagai parfum. Tanaman lavender juga digunakan oleh bangsa Yunani dan Roma. Selama berabad-abad, ruang lingkup bunga lavender juga meningkat.

Senyawa kimia yang terjadi secara alami, terutama pada molekul aromatik yang disebut dengan ester, merupakan kontributor dari khasiat minyak lavender untuk kesehatan. Hal ini diyakini bahwa minyak lavender murni bersifat anti virus, anti bakteri dan anti inflamasi. Aroma lavender memiliki efek yang menenangkan dan membantu dalam relaksasi serta mengatasi kecemasan.

  1. Khasiat minyak lavender memiliki efek menenangkan dan digunakan dalam mengobati sakit kepala, migrain, depresi, kecemasan, dan stres.
  2. Minyak lavender digunakan untuk mengobati insomnia. Minyak esensial ini dapat merangsang tidur pada orang dengan keluhan insomnia.
  3. Minyak esensial ini juga digunakan sebagai obat antiseptik. Hal ini dapat diterapkan pada luka bakar ringan, gigitan serangga dan sengatan. Hal ini juga dapat membantu meringankan rasa sakit juga.
  4. Minyak lavender juga berkhasiat untuk mengobati kutu rambut. Untuk tujuan ini, bilas rambut dengan air yang dicampur dengan minyak ini, 5-10 tetes minyak.
  5. Minyak lavender juga digunakan untuk mengobati rambut rontok, terutama alopecia areata.
  6. Minyak lavender berguna untuk kulit karena sifat anti jamur dan antiseptik. Hal ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis, eksim, kudis, herpes zoster, dermatitis dan jerawat. Hal ini juga bermanfaat untuk mengobati kulit terbakar akibat sengatan matahari dan keriput.
  7. Menggunakan minyak lavender untuk pijat sangat baik untuk mengatasi nyeri sendi dan nyeri otot.
  8. Minyak lavender diketahui sangat efektif dalam memberikan bantuan pernafasan. Hal ini digunakan dalam mengobati bronkitis, pilek, radang tenggorokan, batuk, flu, sinusitis, asma, dan infeksi tenggorokan.
>>  Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Selain khasiat minyak lavender untuk kesehatan, minyak ini juga digunakan dalam pembuatan berbagai produk komersial seperti parfum, sabun, lilin, produk perawatan rambut, dan body lotion. Hal ini juga digunakan secara luas oleh para praktisi dari berbagai jenis pengobatan alternatif.

Sebagai minyak esensial, anda harus menggunakannya sesuai petunjuk dari seorang praktisi herbal berkualitas. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter dan meminta pendapatnya, sebelum memulai pengobatan herbal dengan minyak lavender. Hal ini dikarenakan minyak esensial lavender ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping pada beberapa orang yang mempunyai alergi. Menggunakan minyak lavender juga sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil, ibu menyusui, dan juga anak-anak.

 
  Incoming Keywords: kandungan kimia bunga lavender, kayu putih lavender, keluarga minyak lavender, minyak atsiri dari lavender

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kandungan Minyak Kayu Putih & Cara Menggunakan Dengan Tepat

    […] Banyak terapis menganggap minyak kayu putih sebagai minyak universal yang dapat digunakan dalam bentuk murni pada kulit orang dewasa. Ini adalah salah satu minyak yang paling populer dan paling dikenal di antara minyak esensial oleh karena kandungan minyak kayu putih yang mampu untuk meningkatkan khasiat dari minyak esensial yang lainnya. Sebagai contoh, bila dikombinasikan dengan minyak lavender, maka akan meningkatkan khasiat minyak lavender. […]