Radang Tenggorokan Karena Alergi

Salah satu penyebab radang tenggorokan adalah alergi. Sakit tenggorokan dapat didefinisikan sebagai radang tenggorokan yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Ini adalah salah satu kondisi yang paling umum dan dialami oleh hampir semua orang dalam hidup mereka.

Alergi disebabkan ketika terjadi sistem kekebalan tubuh beraksi terhadap zat berbahaya tertentu seperti jamur dan serbuk sari atau kuman dan parasit lain, dan melepaskan bahan kimia untuk melawannya. Hal ini akan menimbulkan gejala tertentu yang dapat terlihat. Paparan terhadap serbuk sari, jamur, tungau debu, dan asap rokok adalah penyebab alergi secara umum pada banyak orang. Demam adalah salah satu alasan utama untuk sakit tenggorokan persisten karena alergi. Di sisi lain, orang-orang yang terus-menerus terkena polusi industri, dapat menderita alergi infeksi tenggorokan kronis. Alergi hidung dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan. Gejala yang parah biasanya disebabkan karena konsumsi bahan makanan seperti biji bunga matahari, mentimun, dsb. Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi gejala kondisi ini dengan tujuan untuk mengobati dan mencegahnya agar tidak terulang kembali.

Gejala radang tenggorokan karena alergi

Meskipun gejala seperti pilek, sakit tenggorokan, dan alergi dapat terlihat sama, poin yang harus diingat bahwa gejala seperti demam dan nyeri tidak pernah diamati dalam kasus ini.

  • Batuk
  • Bersin
  • Ingusan
  • Susah menelan
  • Saluran hidung tersumbat
  • Radang pada tenggorokan



Ada beberapa faktor yang dapat membedakan antara sakit tenggorokan yang disebabkan karena alergi dan sakit tenggorokan karena alasan yang lainnya. Jika seseorang terkena alergi, gejala dapat berlangsung selama berhari-hari atau berbulan-bulan bersama. Di sisi lain, sakit tenggorokan yang disebabkan karena pilek atau infeksi hanya berlangsung selama beberapa hari. Sebagaimana yang disebutkan seperti di atas, demam dan nyeri tidak pernah diamati sebagai gejala dalam kasus radang tenggorokan yang disebabkan karena alergi.

Tips mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan yang disebabkan karena alergi tidak memerlukan obat. Minyak esensial seperti minyak peppermint dan beberapa pengobatan homeopati lainnya sangat membantu dalam mengobati reaksi dan gejala alergi. Ada beberapa pengobatan sederhana yang dapat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Berkumur dengan air garam hangat adalah obat efektif. Semprotan tenggorokan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini juga penting untuk menjaga diri agar tetap terhidrasi dengan baik ketika menderita sakit tenggorokan. Oleh karena itu, anda haruslah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, selain itu sup kaldu dan sayur juga dapat meringankan ketidaknyamanan. Demikian pula sangat penting untuk beristirahat dengan cukup untuk menyembuhkan rasa sakit di tenggorokan dengan sepenuhnya.

>>  Alergi Kulit Gatal

Tips mencegah

Setelah didiagnosis sakit tenggorokan yang disebabkan karena alergi, dokter akan mencoba untuk mengetahui alergen yang menjadi alsan di balik ini. Pencegahan yang terbaik dan sangat jelas adalah dengan menghindari paparan terhadap alergen tersebut. Anda benar-benar harus berhenti mengkonsumsi bahan makanan yang menyebabkan alergi sakit tenggorokan. Di sisi lain, anda juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok karena dapat memicu gejala radang tenggorokan yang disebabkan karena alergi.

Jika radang tenggorokan tidak mereda bahkan setelah mencoba menerapakan pengobatan sederhana seperti di atas, anda harus berkonsultasi dengan dokter segera. Sebagai yang terkahir, anda juga harus mengetahui bahwa hal ini bukanlah suatu penyakit, melainkan merupakan gejala yang dapat disembuhkan secara total dan juga dapat dicegah agar tidak terulang lagi.

 
  Incoming Keywords: obat alergi d tenggorokan, obat alergi di tenggorokan, radang tenggorokan karena alergi dingin

Comments are closed.