Gejala Kekurangan Magnesium

Gejala kekurangan magnesium seringkali tidak nampak dengan mudah. Selain itu, kekurangan magnesium memanifestasikan dirinya melalui beberapa masalah kesehatan, yang juga sering diabaikan. Magnesium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol dengan huruf Mg. Logam alkali ini terdiri dari sekitar 2% dari kerak bumi. Selain peran penting dalam tatanan lingkungan, magnesium juga penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Magnesium adalah unsur yang sangat berharga dalam tubuh manusia sebagai senyawa yang mampu memanipulasi DNA, ATP, dan RNA untuk fungsi-fungsi yang harmonis dari tubuh. Dengan demikian jelaslah bahwa setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan magnesium untuk melakukan fungsinya. Kandungan magnesium dapat dengan mudah tersedia bagi kita melalui asupan makanan secara normal. Namun, rendahnya tingkat magnesium dapat terlihat sangat umum karena diet yang tidak teratur dan kekurangan gizi. Kekurangan magnesium berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit terkait. Berikut di bawah ini adalah beberapa gejala kekurangan magnesium yang dapat dialami oleh mereka yang memiliki tingkat magnesium yang rendah:Gejala Kekurangan Magnesium

Gejala kekurangan magnesium

Kekurangan energi
Magnesium memainkan peran penting dalam mengubah makanan menjadi energi. Tingginya tingkat magnesium dalam tubuh memungkinkan untuk menyerap glukosa dengan lebih baik dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan. Tingkat magnesium yang lebih rendah dalam tubuh membuat aktivitas yang sederhana nampak menjadi lebih berat, sehingga membutuhkan tenaga tambahan. Hal ini membuat tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan energi, yang mengarah pada tingkat energi yang rendah.

Kelelahan
Tubuh menarik energi ekstra dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Rendahnya tingkat magnesium dalam tubuh menghambat fungsi berbagai sistem enzim. Hal ini memperlambat fungsi tubuh dan membuat tubuh terasa lelah lebih cepat.

Penyakit mental
Tubuh kita menggunakan magnesium dalam beberapa proses kimiawi. Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan beberapa masalah kejiwaan seperti depresi, iritabilitas, mudah gugup, dan kecemasan. Jika hal semacam ini tidak diketahui dalam jangka waktu cepat, maka dapat menghasilkan kejang yang mengancam jiwa. Mengkonsumsi suplemen yang diresepkan dokter dapat membuat perubahan yang berarti.

>>  Efek Samping Suplemen Magnesium

Sakit kepala
Sakit kepala terlalu sering atau bahkan migrain juga disebabkan karena kurangnya magnesium dalam tubuh. Antibiotik, diuretik, dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan tingkat magnesium dalam tubuh. Meningkatkan tingkat magnesium adalah satu-satunya cara untuk mencegah sakit kepala.

Otot tegang dan kram
Magnesium dikenal untuk menjaga sistem saraf agar menjadi tenang dan rileks. Hal ini memastikan sirkulasi darah yang lancar dan memperkuat tulang. Rendahnya elemen penting ini membuat menurunnya tingkat kesehatan tubuh dan menyebabkan ketegangan otot, kelelahan, kejang, dan kram.

Insomnia
Insomnia adalah salah satu gejala umum kekurangan magnesium. Magnesium membantu untuk dapat tidur lebih cepat dan lelap sepanjang malam. Dengan demikian, pola tidur yang terganggu atau ketidakmampuan untuk tidur dapat disebabkan karena kekuranngan magnesium.

Gejala lain
Gejala kekurangan magnesium lainnya adalah kesulitan menelan, konstipasi, kejang kemih, kram saat menstruasi, fotofobia, sesak dada, nyeri leher, radang persendian, nyeri payudara, kehilangan nafsu makan, mual, dan kelemahan. Rendahnya tingkat magnesium juga mempengaruhi jantung. Palpitasi, hipertensi, aritmia jantung, dan prolaps katup mitral adalah gejala kekurangan magnesium secara umum.

Seseorang yang menderita defisiensi magnesium dapat mengkonsumsi suplemen atau juga injeksi. Cara termurah untuk menangani masalah ini adalah dengan memakan banyak sayuran. Gejala defisiensi magnesium adalah indikator diet yang tidak sehat atau kekurangan gizi. Tanda-tanda ini dapat disebabkan karena makanan sehat yang tidak sehat, beban kerja yang berlebihan, stres, pola makan tidak teratur, dan semua alasan lain yang membuat anda jauh dari pola kehidupan yang sehat. Salah satu kebutuhan yang diperlukan adalah dengan membuat perubahan pola makan tertentu, yang dapat mencegah gejala-gejala kekurangan magnesium lebih awal.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Tulang

    […] yang maksimal, anda dapat mengambil dari suplemen atau dari bahan alami. Jika anda merasa mengalami gejala kekurangan magnesium, maka pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi suplemen magnesium. Konsultasikan dengan dokter anda […]