Cara Mengobati Infeksi Sinus Dengan Cepat

Infeksi sinus dapat menyebabkan ketidaknyamanan ekstrim seperti menderita sakit kepala dan pilek terus-menerus. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi penderita untuk memulai perawatan dan pengobatan rumah pada saat terjadi gejala dengan cepat.

Dalam kasus infeksi sinus, sinus paranasal benar-benar mengalami peradangan. Kondisi ini pada umumnya dikenal dengan sinusitis. Infeksi dalam banyak kasus terjadi akibat alergen dan virus. Infeksi dalam tahap ringan biasanya dapat sembuh dalam waktu 7-8 hari, sementara itu gejala akut dan kronis dapat memakan waktu lebih dari 8 minggu untuk dapat sembuh sepenuhnya. Hidung meler dan tersumbat, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan gejala flu akan diderita akibat penyumbatan pada kelenjar sinus. Ini adalah beberapa kondisi yang sangat tidak nyaman dan maka dari itu pengobatan sinusitis harus dimulai secepatnya, bukan hanya menunggu untuk menjadi lebih buruk.

Cara mengobati sinusitis

Menjaga kelembaban ruangan
Jika ruangan anda memiliki pendingin udara, maka anda harus menempatkan humidifier untuk menjaga kelembaban di sekitarnya. Sebuah ruangan yang terlalu kering atau lembab akan membuat anda rentan terhadap infeksi sinus. Sementara itu kekeringan yang berlebihan juga mengiritasi saluran hidung, terlalu banyak kelembaban juga dapat menyebabkan hidung tersumbat. Oleh karena itu, menjaga tingkat kelembaban ruangan yang baik adalah antara 20-40%. Kelembaban dapat menenangkan saluran hidung dan mencegah iritasi. Oleh karena itu, selalu periksalah kelembaban ruang tempat anda beraktivitas dan rumah.

Memakai tetes hidung
Kunjungi dokter untuk mendapatkan obat tetes hidung yang akan menyembuhkan infeksi dalam kurun waktu singkat. Tetes hidung yang terbuat dari ekstrak biji anggur membantu dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung.

Vitamin c, kalium, dan seng
Vitamin c, seng, dan kalium dapat membantu mengurangi lendir yang berlebihan. Sertakan sayuran dan buah-buahan yang kaya kalium dan seng dalam menu makan harian. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen kesehatan, buah-buahan, dan sayuran yang mengandung kalium, vitamin c, dan seng.

>>  Stres dan Pengaruhnya pada Kesehatan Jasmani

Inhalasi uap
Minyak kayu putih, minyak pohon teh, dan peppermint merupakan obat alami infeksi sinus. Cara menggunakannya adalah dengan menggabungkan minyak-minyak ini dalam air mendidih. Sekarang tutupi kepala dengan handuk dan arahkan wajah anda dekat uap dan menghirupnya. Hal ini akan bertindak sebagai dekongestan dan mempermudah proses respirasi.

Kompres panas
Ini adalah cara yang paling sederhana untuk menyembuhkan infeksi sinus. Celupkan handuk dalam air panas dan kompres di sekitar wajah anda dengan lembut. Anda juga dapat menaburi beberapa tetes minyak kayu putih pada handuk. Cobalah cara ini setidaknya tiga kali sehari. Pastikan bahwa anda memeriksa suhu handuk sebelum menempatkannya di wajah anda.

Mengubah pola makan
Anda harus sangat berhati-hati mengenai pola makan di saat anda rentan terhadap infeksi sinus. Hindari makanan pedas dan manis. Minum teh hijau panas, wedang jahe, dan teh semanggi merah. Setelah bangun di pagi hari, minumlah segelas jus lemon dengan madu dan mengunyah beberapa iris jahe mentah. Ini adalah beberapa cara yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga obat untuk mengatasi infeksi sinus.

Teknik penyembuhan yang telah dijelaskan dalam konten di atas adalah cara mengobati infeksi sinus dengan cara yang alami. Namun, hal yang terbaik adalah menjaga kesehatan dan mempunyai kebiasaan makan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan cara ini kemungkinan besar anda akan jarang jatuh sakit.

 
  Incoming Keywords: kelenjar sinitus

,

Comments are closed.