Efek Samping Suplemen Magnesium

Suplemen magnesium sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatur tingkat kedua gula darah dan tekanan darah. Mg adalah simbol kimia magnesium, yang merupakan kedelapan unsur paling melimpah dalam kerak bumi. Sedangkan dalam tubuh manusia, hal ini adalah elemen keempat yang paling berlimpah. Ini adalah salah satu mineral penting, yang diperlukan oleh tubuh kita untuk melaksanakan lebih dari ratusan reaksi biokimia penting, termasuk sintesis protein. Suplemen magnesium kadang juga diperlukan untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan jantung.

Karena magneisum merupakan hal terpenting dalam tubuh manusia, berbagai suplemen magnesium tersedia bebas dan diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak mampu mendapatkan jumlah magnesium yang diperlukan sehari-hari. Kekurangan magnesium dapat terjadi karena sistem kerja yang kurang baik dari sistem pencernaan dan ginjal. Suplemen gizi merupakan obat mujarab yang efektif untuk mendapatkan jumlah magnesium yang diperlukan. Akan tetapi, overdosis suplemen magnesium dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Efek samping suplemen magnesium

Suplemen magnesium ini tersedia dalam bentuk cairan, tablet, sirup, bubuk, dan kapsul. Magnesium oksida, magnesium salisilat, magnesium hidroksida, magnesium glukonat, dan magnesium klorida adalah beberapa jenis umum dari suplemen magnesium. Meskipun dapat digunakan dalam beberapa tujuan pengobatan, penggunaan suplemen magnesium dengan berlebihan akan dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti:

Pusing, mual, kelemahan otot, kram perut, penyakit jantung, kesulitan bernapas, irama jantung abnormal, diare, hipotensi, mengantuk, mata kabur, gatal-gatal, kelumpuhan otot, hipokalemia, hypocalcemia, pembengkakan pada tenggorokan, wajah, dan lidah, koma atau bahkan kematian.

Selain ini, suplemen magnesium dapat berinteraksi dengan beberapa obat yang dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik, obat antimalaria, diuretik, dan obat jantung tidak diperbolehkan mengkonsumsi suplemen magnesium tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

>>  Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Tulang

Manfaat suplemen magnesium

Suplemen magnesium sering digunakan untuk mengatur tekanan darah dan diabetes, pencahar, dan antasida. Suplemen ini dikenal untuk mempertahankan tingkat kalsium, seng, kalium, dan tembaga dalam tubuh kita. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai obat serangan asma, penyakit jantung, preeklamsia selama kehamilan, kelelahan kronis, fibromyalgia, batu ginjal, sakit kepala migrain, dsb.

Seperti pada obat-obatan yang lain, penggunaan suplemen magnesium secara berlebihan dapat menyebabkan sejumlah efek samping. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan pakar kesehatan atau dokter mengenai manfaat, efek samping suplemen magnesium, dan langkah preventif yang harus diambil.

 
  Incoming Keywords: efek samping welmove, dampak magnesium bagi ginjal, dampak negatif penggunaan magnesium, efek samping welmove obat, manfaat dan efek samping welmove

Comments are closed.