Merawat Ikan Oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu ikan paling indah yang ditemukan di daerah tropis di seluruh dunia. Mereka termasuk keluarga Cichlid merawat ikan oscardan mempunyai nama ilmiah Astronontus ocellatus. Ikan tropis ini dikenal karena sifat agresifnya. Ikan ini berada di dalama kategori ikan air tawar. Pada dasarnya terdapat tiga jenis ikan Oscar yaitu Tiger Oscar, Red Oscar, dan Oscar Albino. Terlepas dari 3 jenis tersebut, semua ikan oscar lainnya adalah hasil dari perkawinan silang.

Ikan Oscar dapat tumbuh hingga 40cm dan memerlukan banyak ruang. Ikan Oscar sangat mendominasi dan dapat menakut-nakuti ikan lainnya. Mereka bahkan cenderung makan ikan-ikan yang kecil. Salah satu kualitas terbaik dari ikan ini adalah bahwa mereka mengakui pemilik mereka. Mereka bahkan dapat menggelengkan kepala atau ekor mereka begitu melihat pemiliknya. Rata-rata usia mereka adalah 10 sampai 12 tahun. Pembudidayaan ikan Oscar sangat sulit dikarenakan ikan yang satu ini sangat agresif. Jika anda mengamati perilaku kekerasan di antara ikan-ikan tersebut, lebih baik anda memisahkannya karena dapat membunuh ikan lainnya.

Jenis ikan Oscar

Jenis utama ikan Oscar adalah Tiger Oscar, Red Oscar, dan Oscar Albino. Terlepas dari jenis umum tersebut, ada banyak jenis lain yang ditemukan dari hasil perberkembang biakan dari jenis Oscar. Lemon Oscar, Lutino Oscar, Yellow Oscar adalah beberapa di antaranya.

Tiger Oscar
Tiger Oscar dianggap sebagai ikan Oscar asli. Ikan ini memiliki warna merah dan oranye dengan dasar abu-abu atau coklat. Ikan ini berkembang biak secara murni dan sangat baik sebagai hewan peliharaan, karena mereka memiliki karakteristik Oscar alami.

Red Oscar
Red Oscar sering ditemukan dengan warna merah. Red Oscar dan Oscar Tiger adalah ikan yang paling populer dan sering diperjual belikan.

>>  Cara Memberi Makan Ikan Koi

Albino Oscar
Oscar Albino, seperti namanya adalah berwarna putih. Ikan ini dapat ditemukan dalam kombinasi merah dan oranye tetapi biasanya anda akan menemukan ikan tersebut dengan dasar putih. Ikan Oscar ini memiliki sisik putih mengkilap yang memberikan tampilan warna beludru.

Cara merawat ikan Oscar

Jika anda benar-benar ingin membuat ikan Oscar sebagai hewan peliharaan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu anda untuk meawat ikan Oscar:

  • Panjang ikan Oscar dan sifat agresif membuatnya sangat penting untuk memiliki sebuah akuarium yang dapat berisi sekitar 40-45 galon air.
  • Tempatkan akuarium di mana terdapat cahaya.
  • Suhu harus dijaga antara 23º sampai 27º C. Jangan pernah menyimpan akuarium di bawah sinar matahari langsung.
  • Membersihkan air dengan bantuan kondensor. Mendaur 10-15% air setiap minggu dan membersihkan kotoran.
  • Ikan Oscar ingin selalu menyembunyikan diri mereka sendiri dan merasa nyaman. Oleh karena itu mereka mencoba untuk memindahkan benda-benda di dalam akuarium dan mencari tempat persembunyian. Semakin banyak tempat pesembunyian maka ikan Oscar akan menjadi lebih enerjik.

Anda dapat memilih salah satu dari jenis ikan Oscar diberikan dalam artikel ini. Jika anda ingin memiliki makhluk menakjubkan ini sebagai hewan peliharaan, perhatikan juga cara merawat ikan Oscar sebelum membeli.

Comments are closed.