Penyakit pada Ikan Oscar

Penyakit ikan Oscar dapat berbahaya bagi ikan peliharaan anda. Hal ini penting untuk melakukan perawatan yang tepat dari ikan yang penyakit ikan oscarindah ini sehingga dapat hidup lebih lama. Ikan Oscar merupakan ikan tropis yang sangat populer dan merupakan anggota dari keluarga ikan cichlid yang berasal dari Amerika Selatan, di perairan Amazon. Jenis utama ikan Oscar terdiri dari Oscar albino, red Oscar, dan tiger Oscar. Meski begitu, ikan Oscar juga dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti zaitun hijau, abu-abu gelap, dan coklat. Pada umumnya, ukuran ikan ini dapat tumbuh besar dengan panjang sekitar 30 sampai 40 cm.

Penyakit pada ikan cupang

Sirip membusuk
Penyakit ini menyebabkan tepi sirip menjadi berwarna putih atau pangkal sirip menjadi rusak. Dalam kasus akut sirip membusuk sirip, sirip dapat secara perlahan-lahan menjadi lebih pendek dari waktu ke waktu. Jika penyakit ini mencapai stadium lebih lanjut, daerah di dekat sirip dapat berdarah siripnya menjadi busuk. Sirip yang terserang penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat diobati dengan antibiotik.

Keracunan darah
Septicaemia adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ini biasanya terjadi ketika terjadi cedera atau luka yang dibiarkan terbuka tanpa dirawat dengan benar. Dalam kasus ikan Oscar, hal ini dapat melukai dirinya sendiri jika memiliki bertarung dengan ikan lain dalam akuarium. Air dalam tempat ikan dapat terinfeksi, maka itu air harus segera diganti dan diobati dengan oat antibiotik.

Lubang di kepala
Berbagai anggota keluarga cichlid termasuk ikan Oscar, dipengaruhi oleh penyakit yang mengarah pada lubang kecil di wilayah dekat kepala dan di sekitar daerah wajah ikan. Meskipun penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui, dapat diyakini bahwa protozoa flagellated dan bakteri menjadi penyebab penyakit ini pada ikan Oscar.

>>  Tips Merawat Memelihara Ikan Mas Koki Panjang Umur

Penyakit beledu
Penyakit beledu disebabkan oleh parasit Oodinium. Parasit ini pertama mencari ikan dan kemudian menempel menggunakan flagel. Setelah itu, mereka membentuk batang pseudopodia yang menembus kulit dan jaringan lunak insang. Parasit memakan nutrisi di dalam sel dan setelah menghancurkan sel-sel sepenuhnya, menjadi dewasa dan pecah menjadi puluhan sel. Setiap sel yang lepas ke dalam air akan mecari rumah baru dan dapat berkembang selama 24 jam. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mempengaruhi semua ikan di akuarium dalam beberapa hari.

Merawat ikan Oscar adalah sangat penting agar tetap bebas penyakit. Ikan ini membutuhkan perlakuan khusus. Hiasi akuarium anda dengan banyak tanaman dan batu-batu kecil dan kerikil yang tidak dapat tertelan ikan. Mengubah air dalam akuarium ataupun kolam ikan secara berkala sangatlah penting. Penyakit ikan Oscar dapat dikontrol dan diobati dengan mengadopsi metode perawatan ikan yang tepat. Pemilik ikan harus tetap memeriksa akuarium hewan peliharaan mereka dan memperlakukannya dengan baik.

 
  Incoming Keywords: jenis penyakit ikan oskar, penyakit ikan oscar, penyebab mata ikan oscar putih, ikan oscar dewasa di aquarium, ikan oscar tidak mau makan, hith ikan, luka di kulit ikan oscar apa bisa kembali normal, obat ikan oscar gak nafsu makan, ciri ciri ikan oscar stress, cara mengobati bintik putih pada ikan oscar

Comments are closed.