Manfaat Minyak Sawit Merah

Minyak sawit merah telah digunakan selama lebih dari 5000 tahun, baik untuk tujuan gizi maupun pengobatan. Minyak kelapa ini diekstrak dari buah kelapa sawit, yang merupakan tanaman asli dari Afrika, meski sekarang, tanaman ini tumbuh di belahan lain di selurh dunia. Meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun, baru abad ini para ilmuwan mulai meneliti tentang manfaat minyak sawit merah bagi kesehatan. Minyak sawit merah kaya akan kandungan vitamin, antioksidan, dan fitonutrien, yang penting bagi kesehatan. Minyak sawit merah berwarna merah gelap, karena adanya senyawa yang disebut dengan karoten. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat minyak sawit merah bagi kesehatan baik itu untuk kulit dan rambut.

Manfaat minyak sawit merah secara umum

  • Karoten yang terkandung dalam minyak sawit merah membuatnya menjadi sumber antioksidan yang kuat. Hal ini diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, tulang lemah, imunitas rendah, dan bahkan mempengaruhi fungsi mental.
  • Ibu yang sedang menyusui dapat memperkaya ASI dengan vitamin A, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat dengan memasukkan minyak sawit merah dalam menu hmanfaat minyak sawit meraharian.
  • Selain vitamin A, minyak ini juga merupakan sumber vitamin E. Ini juga memberikan sifat antioksidan yang membantu dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh, yang merupakan penyebab beberapa penyakit termasuk kanker.
  • Tidak seperti minyak goreng lainnya seperti minyak zaitun yang kehilangan nutrisi pada saat dipanasi, minyak sawit merah mampu mempertahankan semua nutrisi.
  • Meskipun minyak sawit merah mengandung jumlah lemak jenuh yang tinggi, penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsinya dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini karena minyak ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan plak di arteri, dan dengan demikian bahkan menurunkan kadar kolesterol. Namun, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mulai mengkonsumsi minyak sawit merah, jika anda mempunyai masalah dengan jantung.
  • Konsumsi minyak sawit merah secara teratur terbukti mengurangi resiko terserang kanker. Hal ini karena tocotrienol yang mengandung sifat anti kanker.
  • Antioksidan dalam minyak sawit merah juga membantu dalam perlindungan degenerasi neurologis. Dengan demikian, degenerasi otak yang disebabkan karena stres dapat dicegah.  Dengan demikian, masalah otak seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan bahkan skizofrenia dapat dicegah.
  • Masalah lain yang dapat dicegah dengan penggunaan minyak sawit merah termasuk degenerasi makula, arthritis, katarak, osteoporosis, penyakit hati, dan asma.
>>  Manfaat Minyak Jarak untuk Merawat Kulit



Manfaat minyak sawit untuk kulit

  • Minyak sawit merah bekerja sebagai solusi yang bagus untuk menyembuhkan bekas luka lama, termasuk bekas luka dari jerawat. Hal ini karena minyak sawit merah mengandung vitamin A yang tinggi dan vitamin E. Minyak sawit merah mentah mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi, dan dengan demikian membantu mengatasi masalah kulit.
  • Penerapannya pada wajah juga membuat mencegah tanda-tanda penuaan dan membuat kulit anda terlihat segar dan muda. Sebelum anda tidur di malam hari, oleskan minyak sawit merah dan biarkan semalaman. Ini akan memperbaiki semua kerusakan yang telah menimpa kulit anda, dan juga akan mencegah dari kerusakan lebih lanjut.
  • Minyak sawit merah memiliki sifat pelembab. Mereka yang menderita penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim akan mendapat bantuan.

Manfaat minyak sawit merah untuk rambut

  • Bila digunakan pada rambut, minyak sawit merah memiliki efek pendingin yang besar, dan merupakan solusi yang baik untuk rambut kering. Pijatkan minyak sawit merah ke rambut anda, dan biarkan selama sekitar setengah jam, setelah itu bersihkan dengan keramas. Anda akan melihat bahwa rambut anda jauh lebih lembut dan juga berkilau. Jika anda menggunakan minyak sawit merah pada rambut secara teratur, anda akan memiliki rambut alami yang lembut dan halus.
  • Karena kaya vitamin E, ini tidak hanya membantu mengatasi rambut rontok, namun beberapa orang telah menyatakan bahwa minyak ini membantu dalam mengembalikan rambut di antara mereka yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kebotakan.

Setelah mengetahui tentang manfaat minyak sawit merah yang begitu banyak, pastikan untuk memasukkannya ke dalam menu harian. Ingatlah selalu untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat.

,

Comments are closed.