Fakta Menarik Tentang Kecoa

K ecoa telah berkembang di bumi semenjak jutaan tahun yang lalu. Menurut bukti arkeologi, sesuai fosil menyerupai kecoak yang pertama kali ditemukan, diperkirakan telah berusia 40 juta tahun. Serangga ini telah berkembang di bumi dan hidup dalam kondisi buruk sejak jaman dahulu. Dapat dikatakan bahwa kecoa juga dapat bertahan dari ledakan nuklir. Meskipun hal ini adalah salah satu fakta dari kecoa yang tidak terbukti, studi menunjukkan bahwa serangga ini memiliki ketahanan radiasi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan manusia.

Kecoa termasuk dalam blattaria pada kelas Insecta. Ada lebih dari 4000 spesies dan diantaranya terdapat sekitar 30 spesies yang tinggal di daerah sekitar tempat tinggal manusia. Serangga ini adalah salah satu di antara hama rumah tangga.

Fakta tentang kecoa

  • Kecoa memiliki tubuh yang datar, dengan kepala kecil dan bagian mulut yang mendasarinya. Serangga ini memiliki dua mata, dua antena dan enam kaki. Sementara beberapa dari mereka memiliki dua pasang sayap, beberapa jenis lain memiliki sepasang sayap tunggal atau tidak ada sama sekali.
  • Cangkang luar pada sebagian besar jenis kecoa berwarna hitam atau berwarna coklat. Namun, beberapa spesies tropis mempunyai cangkang yang mengkilap dalam warna merah, hijau atau kuning.
  • Kecoa terkadang ada yang terlihat seperti albino. Hal ini dapat dikarenakan kecoa telah melepas cangkangnya. Serangga ini melepas cangkangnya berkali-kali dalam setahun.
  • Kecoa memiliki darah putih yang mengalir bebas di dalam tubuhnya. Dengan kata lain, serangga ini tidak memiliki pembuluh darah yang dimaksudkan untuk membawa darah. Bahkan jantung serangga ini menyerupai tabung yang memompa darah ke kedua anterior dan posterior bagian tubuh.



  • Kecoa memiliki organ sensorik yang berbeda pada tubuh mereka. Sementara itu antena membantu kecoa dalam mencari makanan, merasakan bau dan untuk menemukan jalan, organ-organ sensorik pada tubuh memungkinkannya untuk dapat merasakan sentuhan.
    Kecoa memiliki mata majemuk yang dapat membantu dalam mendeteksi gerakan. Mata serangga ini memiliki 4000 lensa yang membantu mereka untuk dapat melihat ke segala arah, pada waktu yang sama.
  • Cakar pada kaki kecoa membantunya dalam gerakan. Bahkan rambut pada kaki juga berguna untuk membantu dalam hal penginderaan.
  • Anda mungkin pernah mendengar bahwa kecoa dapat bertahan hidup tanpa kepala. Hal ini sebagian adalah benar karena otak dari serangga ini tidak berada dalam kepalanya, namun menyebar ke seluruh tubuh. Hanya bekuan darah kecil yang terjadi karena akibat dari memutus kepala serangga ini. Akan tetapi, kecoa mungkin mati dalam waktu sepuluh hari karena kekurangan air dan mereka tidak memiliki mulut untuk minum.
  • Sebagian besar serangga ini aktif di malam hari dan menghindar dari cahaya, kecuali kecoa Asia. Serangga ini menyukai lokasi yang lembab dan hangat, sementara itu beberapa spesies tropis mencoba untuk tinggal di lokasi yang panas. Kecoa juga meninggalkan bau tak sedap.
  • Kecoa membawa mikroba pada tubuh mereka dan ada kemungkinan bahwa mereka dapat menularkan penyakit. Pada beberapa orang, kehadiran kecoa dapat memicu reaksi alergi juga.
  • Serangga ini diyakini menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk beristirahat. Telah diamati bahwa saat beristirahat, kecoa menjaga antena mereka mengarah ke atas, dalam sudut 60 derajat dari satu sama lain.
  • Serangga ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Teh kecoa digunakan untuk mengobati edema. Sedangkan kecoa yang digoreng dengan bawang putih digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Di beberapa daerah, spesies oriental digunakan dalam bentuk kering dan bubuk untuk mengatasi gangguan pada saluran kemih.
  • Kecoa dapat bertahan selama lebih dari satu bulan tanpa makanan. Mereka bisa menahan nafas mereka selama lebih dari empat puluh menit. Kecoa juga dapat berlari dengan jarak lebih dari tiga kilometer dalam waktu enam puluh menit.
  • Sebagian besar dari kecoa adalah omnivora dan memakan kayu, kertas, pakaian, lem, cat, produk kulit, sabun, dan kotoran.
>>  Tips Mengusir Kecoa Dari Dalam Rumah

Ada banyak fakta lain yang menarik mengenai serangga ini dan jika anda sangat tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang serangga ini, anda mungkin dapat melakukan penelitian sendiri lebih mendalam.

 
  Incoming Keywords: apakah kecoa punya mata?, mata mata kecoa, apakah kecoa mempunyai gigi untk menggigit, jenis apa kecoa warna putih, jenis warna kecoa, kecoa berwarna putih, kecoa tidak punya gigi

Comments are closed.