Penyebab Tidur Sambil Berjalan

Tidur sambil berjalan adalah gangguan tidur yang mempengaruhi sekitar 1 hingga 15% dari manusia di seluruh dunia. Konsekuensi dari kondisi tersebut dapat berkisar dari yang tidak berbahaya sampai ke hal yang berbahaya. Nama ilmiah untuk tidur sambil berjalan adalah somnambulism. Gangguan tidur ini adalah jenis parasomnia. Kondisi parasomnia dapat terjadi ketika seseorang sedang tidur, dan sering mengakibatkan suatu peristiwa yang mengganggu. Seseorang yang mengalami gangguan tidur tersebut terlibat dalam kegiatan normal yang seharusnya dilakukan dalam keadaan sadar sepenuhnya. Aktivitas orang-orang dalam keadaan tidur sambil berjalan dapat melakukan hal seperti memasak, makan, melakukan panggilan telepon, berjalan-jalan, mandi, dan banyak hal lainnya.

Gangguan tidur sambil berjalan ini dapat dikaitkan dengan masalah tidur dan terjadi ketika seseorang berada dalam tidur yang nyenyak. Perilaku orang yang terkena terjadi tanpa disadarinya. Orang yang terkena dampak ini tidak menyadari hingga mereka tidak ingat sama sekali. Penyebab tidur sambil berjalan ini secara pasti belum dapat ditentukan. Namun, penyebab yang sering diyakini adalah hal ini berhubungan dengan medis, lingkungan, keturunan, dan juga kejiwaan. Kondisi turun-temurun mempengaruhi sering juga anak laki-laki di masa kecil dan masa remaja bertahun-tahun. Terkadang, ha ini dapat terjadi pada orang dewasa dan mereka yang mempunyai masalah terhadap lingkungan atau kondisi kesehatan.

Penyebab tidur sambil berjalan

Beberapa penyebab tidur sambil berjalan yang menonjol adalah sebagai berikut:

Genetika
Seperti yang disebutkan di atas, penyebab kondisi ini dimungkinkan karena genetik. Hal ini sering diamati pada anak kembar. Studi penelitian juga menyatakan bahwa frekuensi dapat meningkat, jika kelas pertama relatif menderita gangguan tidur sambil berjalan tersebut.

Lingkungan
Terkadang, tubuh bereaksi terhadap gaya hidup normal dengan tidur sambil berjalan. Yang pertama dan yang paling umum untuk alasan gangguan ini adalah karena tidur yang kurang. Dan yang lebih sering, hal ini terkait dengan masalah yang terkait dengan tidur seperti jadwal tidur yang tidak teratur, tidur dengan gelisah, dan lingkungan padat atau pengap saat tidur. Stres juga merupakan salah satu penyebab yang beralasan dari gangguan tidur sambil berjalan. Ini dapat terjadi jika seseorang yang terkena berada di bawah tekanan stres karena beberapa alasan.

>>  Mengapa Anak Berjalan Saat Tidur?

Jika seseorang merupakan pecandu alkohol dan memiliki riwayat keluarga karena gangguan ini, maka dia juga akan rentan mengalaminya. Seorang pecandu alkohol akan terpengaruh setelah konsumsi alkohol yang berlebihan, meskipun dia mungkin tidak memiliki riwayat keluarga dengan gangguan ini.

Konsumsi obat penenang secara teratur dan segala jenis obat-obatan yang membantu dalam relaksasi untuk jangka waktu yang panjang, ada kalanya menjadi kemungkinan penyebab di balik tidur sambil berjalan. Demikian pula konsumsi neuroleptik, stimulan, dan antihistamin juga dapat menjadi penyebab tidur sambil berjalan.

Kondisi kesehatan
Beberapa penyebab tidur sambil berjalan yang diyakini disebabkan karena kondisi kesehatan seperti aritmia dan demam.

Asma yang kambuh di malam hari juga dapat menyebabkan seseorang mengalami berjalan dalam tidurnya. Alasan lain adalah sleep apnea. Ini adalah suatu kondisi dimana nafas secara tiba-tiba berhenti selama beberapa detik. Selain itu, gangguan kejiwaan seperti gangguan kepribadian ganda, gangguan stres pasca trauma, serangan panik, dsb juga dapat menjadi penyebab lain.

Jika seseorang sering berjalan dalam tidur, adalah lebih baik untuk mencari bantuan medis agar dapat dilakukan pengobatan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, ada kemungkinan akan mempengaruhi kesehatan seseorang dalam jangka panjang.

 
  Incoming Keywords: tidur sambil jalan, sakit pada saat tidur berjalan sendiri, pnybab tdr smbil jln, penyebab tidur sambil jalan, penyakit tidur sambil berjalan, orang yang berjalan sambil tidur, orang stres sering berjalan di jalan, mimpi berjalan sambil tidur, mengapa ketika tidur suka jalan sendiri, istilah tidur sambil jalan

, ,

Comments are closed.