Tips Memilih Bola untuk Sepakbola

Memilih bola untuk sepakbola yang tepat untuk tim anda mungkin nampaknya sama saja, tetapi ada beberapa perbedaan besar dalam merek yang perlu anda pertimbangkan saat memilih bola yang sempurna sebagai kebutuhan anda dalam bermain.

Sepak bola diyakini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Banyak orang yang terkesan dengan keterampilan dan stamina yang terlibat dalam permainan ini dan memutuskan untuk mulai bermain. Jika anda ingin memulai bermain sepakbola, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih bola yang tepat untuk sepakbola. Meskipun semua bola nampak terlihat sama, namun sebenarnya terdapat ukuran, kualitas, yang dapat berbeda-beda dan beberapa faktor lainnya. Para pemula biasanya hanya memilih bola hanya berdasarkan pada warna dan desain, yang bukan merupakan cara yang baik dalam memilih bola yang tepat.

Tips memilih bola

Para profesional yang berpengalaman mengatakan bahwa terdapat 4 faktor dalam menentukmemilih bola sepakbolaan bola yang baik. Ini meliputi jenis, ukuran, bladder, dan merek.

Jenis permainan sepakbola
Di dalam memilih bola untuk sepakbola, anda perlu memutuskan akan bermain di luar ruangan atau bermain di dalam ruangan. Bola untuk luar ruangan dibuat sesuai standar sepakbola internasional. Di sisi lain, bola futsal atau indoor diproduksi agar sesuai dengan kondisi dalam ruangan. Sebagai contoh, bola untuk futsal ini mempunyai pantulan sekitar 30% lebih rendah daripada bola untuk luar ruangan. Selain itu, tudung dari bola ini dibuat dengan bahan yang sangat mirip dengan bola tenis.

Ukuran bola
Pada umumnya, ukuran bola untuk sepakbola diklasifikasikan dalam 3 jenis. Bola terkecil mempunyai garis lingkar 61-62cm, dan yang paling cocok untuk anak-anak. Sesuai standar, ini adalah pilihan yang baik bagi anak dengan usia di bawah 8 tahun. Yang kedua adalah sedikit lebih besar dari yang sebelumnya dan yang paling cocok untuk usia antara 8 sampai 12 tahun. Mereka yang memiliki standar internasional mempunyai ukuran terbesar dan digunakan untuk siapa pun di atas 12 tahun.

>>  Sejarah Sepakbola Dunia Internasional

Cover dan permukaan
Cover dan bladder adalah dua bagian utama dari bola untuk sepakbola, yang berbeda secara signifikan pada jenis bola. Secara tradisional, permukaan bola terbuat dari bahan Polyurethane, Polyvinyl Chloride, dan karet. Bola yang dibuat dengan karet paling cocok untuk dipakai berlatih dan bermain setiap hari. Bola yang terdiri dari Polyurethane lebih tahan lama dan memiliki kualitas dan ketahanan air yang baik. Sedangkan bola yang permukaannya diproduksi menggunakan bahan PVC lebih ringan dan lebih tahan lama.

Tipe bladder
Bladder adalah bahan utama yang membuat bola mengembang. Ini mempunyai katup untuk udara. Bola ini dibuat menggunakan kombinasi karet butil. Ini membuat bola terisi udara jauh lebih baik daripada yang terbuat dari lateks, tetapi tidak ringan dan terasa berat. Untuk bola profesional memiliki bladder yang terbuat dari lateks, yang membuat bola lebih responsif dengan baik dengan kaki dan kepala. Selain itu juga lembut pada kaki dan juga membuatnya awet.

Memilih merek
Jika anda hanya ingin bermain hanya untuk mengisi waktu luang, anda dapat pergi ke sebuah toko olahraga dan memilih merek buatan lokal. Namun, jika anda berpikir tentang pertandingan dan olahraga rutin, ada beberapa pilihan yang baik seperti Nike, Adidas, Puma, dan Umbro. Bola merek Nike dan Adidas seringkali digunakan dalam liga olahraga profesional.

Untuk dapat mengontrol bola dengan lebih baik lagi, pilihlah sepatu sepak bola yang berkualitas baik yang cocok bagi anda.

 
  Incoming Keywords: merk bola sepak yang bagus

Comments are closed.