Cara Merawat Ikan Arwana

Cara merawat ikan arwana berikut akan berguna untuk anda ikuti jika anda ingin memeliharanya. Arwana adalah salah satu pilihan yang paling populer untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan. Ikan arwana adalah ikan air tawar milik keluarga Scleropages. Ikan ini memiliki makna khusus dalam beberapa kebudayaan di Asia. Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama yang berbeda seperti ikan naga dan aruwana, spesies ini adalah termasuk penduduk asli Asia. Ikan ini di air tawar yang bergerak lambat dan lebih memilih rawa-rawa sebagai tempat tinggal alaminya. Ketika ingin menjadikannya sebagai ikan peliharaan, ada faktor-faktor tertentu yang harus diingat untuk merawat ikan arwana dengan cara yang tepat.

Tips merawat ikan arwana

Ketika anda berniat untuk memelihara ikan arwana, cobalah membuat tempat bagi mereka suatu lingkungan yang mirip dengan lingkungan alami ikan arwana, sehingga ikan ini dapat beradaptasi dengan baik. Untuk memahami bagaimana cara merawat ikan arwana dengan tepat, diperlukan pengetahuan tentang lingkungan dan cara ikan arwana beradaptasi. Berikut adalah berbagaicara merawat ikan arwana faktor yang perlu dipertimbangkan ketika anda berniat memelihara ikan arwana sebagai ikan peliharaan.

Aquarium
Ikan arwana dapat tumbuh dan berkembang hingga mencapai ukuran 90cm dan bahkan lebih, sehingga akuarium yang diperlukan harus cukup besar sebagai rumah ikan. Fitur khusus lain yang anda butuhkan adalah dalam memilih akuarium yang tertutup pada bagian atasnya. Ketika berada di habitat aslinya, ikan arwana memiliki kebiasaan melompat tinggi ke udara untuk memakan serangga yang berada di cabang-cabang tanaman yang rendah.

Membersihkan tempat ikan dan menjaganya agar tetap bersih sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan ini. Maka itu, pastikan bahwa anda melakukan pembersihan secara berkala sebagai faktor penting dalam merawat ikan arwana.

Air
Di habitat alaminya, ikan arwana dikenal berkembang dengan baik di perairan hitam. Perairan ini cenderung sedikit asam dan lembut. Untuk menciptakan kondisi ini, anda dapat menggunakan daun ketapang kering dalam tempat ikan yang akan melepaskan asam organik dan membantu untuk menjaga kebersihan tempat. Hal ini juga mengurangi pembentukan bakteri berbahaya dalam tempat ikan. Penambahan lain yang perlu dilakukan adalah memberikan gambut, ini membantu untuk menjaga tingkat pH dalam kontrol.

>>  Berbagai Jenis Penyakit pada Ikan Cupang

Suhu air harus dijaga antara 26-30 derajat Celcius. Pastikan bahwa suhu selalu dijaga pada satu tingkat dan tidak baik jika berfluktuasi. Ikan arwana tidak dapat berkembang dengan baik dengan suhu air yang tak menentu.

Cara memberi makan
Spesies ikan ini dikenal sebagai predator alami, makan berbagai serangga, burung-burung kecil, kadal, dsb. Meskipun mereplikasi faktor ini tidak mungkin dalam suasana akuarium, harus ada tindakan yang dilakukan untuk memberi makan ikan ini dengan mangsa hidup bersama dengan makanan ikan lainnya. Mungkin anda dapat memberinya udang hidup, serangga kecil, cacing dan varietas ikan kecil. Namun, memberinya makan dengan mangsa hidup ini tidak benar-benar harus setiap hari, jadi cobalah melakukan hal yang sama pada hari-hari tertentu saja.

Ikan arwana sangat teritorial dan dapat sangat agresif dalam melindungi habitat alami mereka. Jika anda menempatkan lebih dari seekor ikan arwana dalam sebuah tempat, sebaiknya peliharalah ikan dalam ukuran yang relatif sama, sehingga tidak ada membahayakan ikan yang lain. Selain ini, jenis ikan lainnya yang dapat ditempatkan bersama ikan arwana adalah termasuk varietas ikan yang tenang dan lebih memilih untuk berenang rendah dalam aquarium.

Ikan arwana adalah hewan peliharaan yang menyenangkan untuk dimiliki. Rahasia dalam memelihara dan merawat ikan  arwana dengan  cara yang tepat adalah dengan meniru kondisi habitat alami ikan arwana, sehingga ikan ini dapat beradaptasi dengan lebih baik dan hidup lebih lama.

 
  Incoming Keywords: cara mengunakan daun ketapang untuk ikan arwana

Comments are closed.