Akibat Pemanasan Global yang Terus-Menerus

Apakah akibat pemanasan global yang terus-menerus dan berlanjutan? Artikel ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana banyak hal-hal dapat akan berubah jika suhu pada permukaan bumi terus meningkat.

Pemanasan global yang terjadi selama ini telah memberikan bukti yang cukup, bahwa terdapat dampak dari bencana ini. Adapun bukti akibat pemanasan globalyang paling penting adalah fakta bahwa rata-rata suhu pada permukaan planet bumi telah meningkat hingga 1,8° C selama seabad terakhir ini. Mereka yang paham akan masalah lingkungan ini pasti pernah bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi jika pemanasan global terus berlanjut. Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan itu, kita perlu mempertimbangkan berbagai dampak dari fenomena pemanasan global terhadap bumi kita.

Akibat pemanasan global yang terus-menerus

Jika suhu pada permukaan bumi terus melambung, hal itu akan membuat es pada gletser di daerah kutub dan pegunungan mencair. Mencairnya gletser akan mempengaruhi manusia serta spesies hewan di planet ini. Sejumlah air yang tersimpan di dalam gletser ini akan meleleh dan semua air akan mengalir ke laut. Spesies hewan akan terpengaruh akibat es yang mencair dalam skala besar sehingga akan mengakibatkan hilangnya habitat bagi beberapa spesies. Bahkan, beruang kutub dan rubah Arktik telah menghadapi ancaman kehilangan habitat mereka akibat mencairnya es yang berlebihan di habitat alaminya.

Hal ini juga akan memicu kepunahan pada tumbuhan dan hewan, karena spesies ini tidak akan mampu mempertahankan perubahan iklim yang dipicu oleh adanya pemanasan global. Bahkan lebih dari itu, jumlah hewan yang punah dalam 100 tahun terakhir menambah keprihatinan yang lebih serius tentang kemampuan berbagai spesies untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim yang cepat. Salah satu contoh yang paling menonjol dari kepunahan hewan akibat naiknya suhu adalah katak Monte Verde, endemik hutan hujan tropis dari Kosta Rika.

Jika air yang disimpan dalam gletser ini mengalir ke lautan, hal itu juga akan menambah volume air pada cekungan laut dan mengakibatkan kenaikan permukaan air laut secara abnormal. Mencairnya es akan menjadi kontributor utama terhadap kenaikan permukaan laut, tetapi faktor-faktor seperti ekspansi termal dari lapisan atas lautan juga akan menambah masalah ini. Naiknya permukaan laut akan menenggelamkan dataran rendah daerah pesisir, seperti peningkatan air di berbagai lautan dunia.

Sejumlah besar negara akan terpengaruhi oleh fenomena ini, termasuk negara-negara di dataran rendah seperti Bangladesh dan pulau-pulau kecil seperti Maladewa. Sebuah persentase yang signifikan dari populasi manusia tinggal di kota-kota besar tepatnya di wilayah pesisir. Jika air laut sampai mencapai batas tanah, kota-kota di pesisir pantai tidak akan terhindar dari genangan air. Dengan kata lain, kondisi ini akan mengakibatkan hilangnya habitat bagi manusia. Dan yang terpenting lagi, perekonomian di negara-negara ini dan seluruh dunia akan menghadapi kemunduran besar jika kota-kota ini terhisap oleh air.

>>  Gempa Bumi

Hal buruk lain bagi manusia akibat pemanasan global yang terus-menerus adalah penyebaran penyakit. Jika suhu bumi terus meningkat, perbedaan antara iklim di daerah kutub dan daerah tropis akan berkurang. Hal ini berarti seluruh planet akan mengalami iklim tropis. Penyakit malaria dan penyakit lainnya yang terbatas pada daerah tropis, akan menyebar ke daerah-daerah subtropis dan kutub. Iklim yang hangat juga akan membantu penyakit dalam membuat serangga seperti nyamuk berkembang dengan mudah di daerah ini. Planet ini juga akan mengalami kondisi cuaca ekstrim sebagai akibat pemanasan global terus-menerus. Pola iklim akan mengalami perubahan drastis dan kekeringan akan menjadi lebih sering. Demikian pula frekuensi badai akan meningkat dikarenakan kenaikan suhu akan memanaskan air laut, sehingga mengakibatkan bencana alam.

Fakta ini membuat kita yang paling rentan terhadap fenomena pemanasan global dan dengan demikian, tanggung jawab berada pada kita untuk melakukan beberapa upaya dalam menyelamatkan planet bumi akibat dari pemanasan global yang terus-menerus.

 
  Incoming Keywords: apa yang akan terjadi jika bumi terus mengalami pemanasan, apa yang terjadi jika bumi mengalami pemanasan, apa yang akan terjadi jika bumi terus mengalami pemanasan global, apa yg akan terjadi jika bumi terus mengalami pemanasan, apa yang terjadi jika bumi terus mengalami pemanasan, apa yg terjadi jika bumi terus mengalami pemanasan, apa yg terjadi jika bumi telrus mengalami pemansan, apa yang akan terjadi jika bumi terus menerus mengalami pemanasan, apa yang akan terjadi jika bumi terus mangalami pemanasan, akibat yang akan terjadi

Comments are closed.