Cara Menanggulangi Polusi Air

Menanggulangi polusi air harus dilakukan mengingat air menjadi salah satu kebutuhan. Apa sajakah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi polusi air dan bagaimana kita dapat mengatasinya? Berikut di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi polusi air.

Polusi air mengacu pada apa pun yang mengubah komposisi dan sifat fisik, biologi, atau kimia dalam air. Hal ini dapat disebabkan karena terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Selain air yang tidak aman untuk diminum, hal ini juga dapat menyebabkan penyakit menular yang bervariasi seperti disentri dan diare. Pada kondisi yang parah bahkan dapat menjadi fatal. Bukan hanya manusia yang dirugikan oleh polusi air, hal ini juga dapat menyebabkan kerugian secara keseluruhan pada ekosistem dan banyak organisme. Tanaman, hewan darat, ikan, dan organisme lain juga dapat terpengaruh oleh hal ini dengan habitat mereka yang hancur.

Dengan ekosistem dan organisme yang hancur, polusi air memiliki efek langsung pada umat manusia itu sendiri. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi polusi air.

Tips menanggulangi polusi air

Mencegah dan mengatasi pencemaran air bukan merupakan tanggung jawab dari pemerintah dan aparat penegak hukum semata saja. Setiap individu harus mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi dan mencegah polusi air. Bahkan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh setiap orang. Berikut ini adalah beberapa cara menanggulangi polusi air dengan metode yang sederhana:

Menghemat air
Ini adalah cara menanggulangi polusi air yang paling penting dan merupakan cara yang paling sederhana untuk dapat mengatasi polusi air. Tapi bagaimanakah cara ini dapat mengurangi polusi air? Semakin sering anda menghemat air, semakin kecil air yang akan terkontaminasi. Hal ini pada saatnya juga mengurangi tekanan pada sumber daya air juga. Menghemat air dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana seperti mematikan saat mencuci atau menyikat gigi, tidak menggunakan mesin cuci, dan menggunakan pel untuk membersihkan halaman, bukan dengan selang air.

>>  Cara Mencegah Pencemaran Air

Membuang sampah pada tempatnya
Jangan pernah membuang minyak, cat, sampah, dan obat-obatan cair ke dalam wastafel atau toilet. Hal ini dapat bercampur dengan sumber air dan membuat air terkontaminasi.

Servis kendaraan
Lakukan servis rutin pada kendaraan bermotor anda. Kebocoran minyak, bahan kimia, pendingin, dan cairan berbahaya lainnya dapat masuk ke air sehingga akhirnya dapat menyebabkan polusi atau pencemaran pada air.

Pestisida dan pupuk
Semua pestisida dan pupuk yang anda gunakan untuk tanaman benar-benar berbahaya dan beracun bila tercampur dengan air. Pada dasarnya ini tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Pestisida dan bahan kimia meresap ke dalam sumber air dan mencemari air lebih lanjut. Cara lain sebagai alternatif penggantinya adalah dengan memberikan tanaman pupuk alami seperti kompos, pupuk kandang, dan sejenisnya. Penyiraman pada tanaman sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam akan mencegah penguapan, dan tidak hanya memastikan bahwa tanaman mendapatkan pasokan secara rutin, tetapi cara ini juga akan dapat menghemat air.

Pencemaran industri
Hukum dan peraturan yang ketat harus diberlakukan dengan benar dalam pembuangan limbah industri. Tindakan tegas harus diambil terhadap mereka yang tidak mengikuti prosedur dalam membuang limbah.

Ketika anda melakukan cara-cara untuk mencegah dan menanggulangi polusi air, hal ini akan memunculkan harapan untuk dapat mengurangi pencemaran air. Waspadai lingkungan anda dan pahami peran anda dalam menjaga lingkungan!

 
  Incoming Keywords: Cara menanggulangi polusi air

Comments are closed.