Fungsi Otak Kanan Berdasarkan Karakteristik

O tak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu sisi kiri dan sisi kanan. Hal ini secara luas diketahui bahwa otak adalah entitas bikameral dalam sistem tubuh manusia. Bikameral berarti terdapat dua ruang pada otak yang melakukan atau menanggapi fungsi dan rangsangan yang berbeda. Ada banyak sekali pengujian yang dapat menentukan, apakah seseorang dominan dengan otak kiri atau kanan. Jika hasil pengujian terebut mengatakan bahwa anda benar-benar dominan pada salah satu sisi otak, ini berarti otak anda melakukan fungsinya secara spesifik yang lebih baik dan memiliki kecenderungan untuk melakukan jenis pekerjaan tertentu. Tes pengujian ini seringkali digunakan oleh para pengajar untuk mengenal siswa mereka, atau mungkin juga para pengusaha yang ingin mencari tahu mengenai karyawan sehingga dapat mengtahui jenis tugas apakah yang sesuai dengan karyawannya.

Sebelum mulai pada bagian otak kanan, berikut adalah sedikit penjelasan tentang cara kerja kedua bagian otak. Bagian kanan dan kiri otak terpisah cukup banyak dan dihubungkan satu sama lain oleh corpus callosum. Ini dapat diartikan seperti dua prosesor komputer yang terhubung dengan LAN. Kedua bagian ini bekerja bagi tubuh yang sama. Singkat kata, separuh dari otak kiri berkaitan dengan aspek verbal, sementara separuh dari otak kanan berkaitan dengan aspek non verbal. Aspek verbal berarti pendekatan logis menuju tujuan yang menggunakan fakta dan rincian. Sementara aspek non verbal berarti melakukan tugas sesuai tingkat emosional, fantasi, dan mengambil resiko.

>>  Melatih Otak Kanan dengan Cara Efektif

Fungsi otak kanan berdasarkan karakteristiknya



  1. Dapat dikatakan bahwa fungsi otak kanan yang pertama adalah mengendalikan sisi kiri tubuh. Orang yang dominan dengan otak kanan pada umumnya cenderung bekerja lebih sering dengan tangan kiri mereka dan secara naluriah menggerakkan kaki kiri mereka. Meski begitu, hal ini mungkin tidak selalu benar. Demikian pula, jika anda cenderung dominan pada otak kiri, maka anda akan cenderung menggunakan sisi kanan tubuh lebih sering.
  2. Orang yang dominan berotak kanan lebih memilih untuk mengikuti naluri atau firasat. Mereka pada umumnya tidak menggunakan pola logika dan lebih suka mengandalkan insting. Hal ini membuat orang-orang berotak kanan berpikir melebihi batasan, karena mereka memiliki kemampuan untuk berpikir dengan cara yang tidak konvensional. Seseorang yang dominan dengan otak kiri cenderung mengikuti pola logis rasional, terlepas dari apa yang dia percaya.
  3. Kepribadian otak kanan akan cenderung untuk melihat hal-hal dengan cara yang holistik. Ini memiliki kemampuan untuk memahami dan menghargai gambaran dana makna yang lebih besar. Sedangkan otak kiri cenderung melihat ke dalam analisa.
  4. Karakteristik lain yang sangat umum dari orang-orang yang berotak kanan adalah bahwa mereka tidak terlalu baik dengan kata-kata dan cenderung mengandalkan gerakan untuk menekankan ungkapan mereka. Mereka tidak mampu berkomunikasi seperti pada orang-orang yang dominan dengan otak kiri. Orang-orang yang dominan berotak kiri cenderung mampu berkomunikasi dengan cukup baik dan tidak merasa perlu untuk melakukan gerakan saat berbicara.
  5. Orang yang berotak kanan lebih tanggap, dalam arti bahwa mereka cenderung dapat untuk mendengarkan bagaimana cara orang lain mengatakan sesuatu. Ini membuat seseorang dengan otak kanan dapat lebih memahami situasi karena mereka dapat mengtahui apakah orang lain menyembunyikan sesuatu. Sedangkan orang berotak kiri cenderung tetap dengan membaca fakta-fakta dan bekerja dengan apa yang hanya dikatakan saja dan apa yang tidak tersirat.
  6. Fungsi otak kanan yang sangat umum adalah lebih baik dalam menciptakan suatu gambaran. Orang yang berotak kanan akan mengingat seseorang dan peristiwa berdasarkan gambaran yang ada di dalam pikiran mereka. Orang yang berotak kanan cenderung memiliki memori visual yang lebih kuat daripada orang berotak kiri. Mereka juga jauh lebih imajinatif.
  7. Sisi kanan otak juga sangat dikenal karena kurangnya keterampilan dalam berorganisasi. Karakteristik ini cenderung menular pada orang-orang dengan otak kanan. Mereka juga dikenal untuk tidak dapat berpikir secara logis.

Ini adalah fungsi dan karakteristik dari orang-orang yang berotak kanan. Suatu hal yang sangat menarik untuk dicatat bahwa terdapat pula beberapa orang yang mampu menampilkan beberapa karakteristik dari kedua sisi otak kiri maupun kanan. Orang-orang ini dikenal dengan sebutan berotak penuh. Jadi jika anda nampak menampilkan sedikit dari keduanya, hal ini berarti anda mampu menggunakan otak secara keseluruhan.

 
  Incoming Keywords: pekerjaan yang cocok untuk otak kanan, karakter anak berdasarkan otak kanan dan kiri, profesi untuk otak kanan, profesi yang cocok untuk otak kanan, pekerjaan yang cocok untuk orang dominan otak kanan, pekerjaan pekerjaan otak, kerjaya bagi orang otak kanan, karakter orang dominan otak kanan, tipe kepribadian berdasarkan otak kanan, fakta unik otak kanan

Comments are closed.