Cara Kerja Keyboard Komputer

Keyboard komputer merupakan hardware yang mempunyai fungsi sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Keyboard terdiri dari rangkaian, saklar, dan prosesor yang membantu dalam mentransfer pesan keystroke ke komputer.

Dalam dunia teknologi saat ini, hampir semua orang mengenal tentang komputasi dan bagaimana menggunakan komputer. Yang kita semua tahu adalah bahwa keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi sesuai dengan petunjuk. Keyboard komputer digunakan untuk preforming berbagai tugas, seperti mengetik kata atau editor teks, mengakses menu, bahkan digunakan dalam bermain game. Berikut di bawah ini adalah bagaimana cara kerja keyboard komputer.

Sekilas tentang keyboard komputer

Model keyboard komputer diambil berdasarkan teknologi keyboard mesin tik di era 1940-an. Secara umum, kebanyakan keyboard komputer memiliki 80-110 tombol, tergantung pada OS, produsen, atau tujuan pembuatan dari aplikasi itu sendiri. Ini termasuk tombol fungsi, tombol mengetik, tombol numerik, dan tombol kontrol.

cara keyboard komputer

Seperti terlihat pada gambar di atas, baris teratas (F1-F12) adalah tombol fungsi, baris kedua adalah tombol numerik atau angka, dan baris 3, 4, dan 5 adalah tombol mengetik termasuk huruf, sementara baris terakhir berisi tombol perintah. Selain itu, keyboard juga berisi tombol lainnya seperti Shift, dan numerik di sebelah kanan untuk memasukkan angka dengan lebih mudah.

Cara kerja keyboard komputer

Pada saat mengetik atau menekan tombol apapun pada keyboard, prosesor menganalisa posisi tombol yang ditekan dan mengirimkan informasi tersebut ke komputer, di mana ini dikirim ke keyboard controller. Sementara itu keyboard controller memproses informasi yang dikirimkan oleh prosesor keyboard dan mengirimkannya ke sistem operasi. OS kemudian memeriksa data ini untuk menganalisis jika memiliki perintah apapun seperti Ctrl + Shift + Esc. Aplikasi kemudian memeriksa apakah tombol yang ditekan berhubungan dengan perintah dalam aplikasi, seperti Ctrl + P, yang merupakan tombol untuk mencetak.

>>  Fasisme VS Nazisme

Kemudian bagaimanakah tombol yang ditekan tersebut terdeteksi? Nah, untuk membuatnya lebih sederhana, keyboard menggunakan saklar dan rangkaian untuk mengubah keystrokes ke format komputer. Setiap keyboard berisi prosesor yang melakukan pekerjaan dalam menerjemahkan penekanan pada tombol ke komputer. Jika anda membuka keyboard komputer, anda akan melihat sebuah unit pengolahan kecil. Ini adalah papan rangkaian (matrix) bersama dengan prosesor, yang memungkinkan komputer untuk memahami apa yang anda ketikkan.

Tombol matrix yang terdapat di bawah tombol-tombol memiliki grafik yang sesuai atau peta karakter yang tersimpan dalam memory komputer. Ketika anda menekan tombol, prosesor mendongak posisi sirkuit yang ditutup dan menentukan tombol yang ditekan. Semua tombol yang dipetakan disimpan dalam memori. Mekanikal dan kapasitif adalah dua jenis saklar yang digunakan untuk menyelesaikan proses rangkaian pada keyboard.

Saklar mekanis meliputi karet, membran, logam, dan elemen busa. Dari jumlah tersebut, saklar karet adalah yang paling umum, karena memiliki respon sentuhan yang baik dan cukup tahan terhadap korosi, selain termasuk relatif murah dan mudah untuk diproduksi.

 
  Incoming Keywords: gambar keyboard komputer, cara kerja keyboard, foto keyboard komputer, keyboard komputer, bagaimana cara kerja keyboard, Perintah kerja keyboard, jelaskan cara kerja keyboard, gambar keyboard, Fungsi tombol pada keyboard dan cara kerjanya, contoh keyboard komputer

Comments are closed.