Mengatasi Hidung Tersumbat Waktu Tidur Malam Hari

Pernah mengalami gangguan hidung tersumbat waktu tidur di malam hari? Beberapa pengobatan sederhana berikut akan memberikan bantuan bagi anda. Selain itu, ketahuilah juga penyebabnya agar nantinya anda dapat mencegahnya.

Hidung tersumbat adalah masalah yang sangat mengganggu, apalagi jika hal itu dialami pada waktu tidur di malam hari. Anda mungkin dapat pergi ke apotek dan membeli beberapa obat-obatan untuk mengatasi hidung tersumbat di malam hari. Tapi obat-obatan hampir selalu mempunyai efek samping. Maka itu, cobalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat di malam hari dengan pengobatan alami.

Berikut ini daftar beberapa pengobatan alami dan langkah-langkah perawatan diri untuk membantu anda meredakan hidung tersumbat di waktu tidur malam hari dan membuat anda bernafas lega.

Mengobati hidung tersumbat waktu malam

Terapi uap
Terapi Uap selalu menjadi perawatan hidung tersumbat yang efektif dan gejala lain dari masalah pernafasan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari teknik ini dengan dua cara:

Cara 1

  1. Tuangkan air panas ke dalam baskom besar.
  2. Tambahkan 2-3 tetes minyak kayu putih ke dalam air. Anda juga dapat menggunakan minyak lain seperti minyak pinus, peppermint, chamomile atau pohon teh.
  3. Tempatkan kepala anda di atas baskom. Jangan terlalu dekat dengan air, ambilah jarak sekitar 30cm di atasnya.
  4. Tutupi kepala anda dengan handuk besar sehingga sisanya juga menutupi baskom.
  5. Tutup mata anda dan ambil nafas dalam-dalam namun lembut.
  6. Terkadang uap tersebut dapat membuat anda merasa kepanasan. Dalam hal ini, lepaskan handuk dan hiruplah udara terbuka, setelah itu anda dapat meneruskan kembali cara pengobatan ini.

Cara 2

  1. Gunakan air panas di kamar mandi anda dan jagalah pintu tetap tertutup.
  2. Selang kemudian, tempat anda akan dipenuhi dengan uap.
  3. Tinggalah di kamar mandi untuk sesaat dan ambil nafas dalam-dalam selama 10-15 menit.




Humidifier
Udara dalam ruangan yang kering dapat memperburuk hidung tersumbat. Menggunakan humidifier di kamar anda dapat memecahkan masalah ini. Humidifier adalah sebuah mesin yang memancarkan uap dan meningkatkan tingkat kelembaban di udara. Tapi terlalu banyak kelembaban juga dapat menyebabkan masalah. Menurut para ahli, tingkat ideal kelembaban dalam rumah harus berikisar 30-50%. Menggunakan hygrometer dapat membantu anda mempertahankan tingkat kelembaban yang tepat di dalam rumah.

Makan cabe
Makan makanan dicampur dengan cabe adalah salah satu obat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat waktu tidur. Senyawa kimia dalam cabe akan merangsang hidung anda dan membantu dalam membersihkan saluran hidung tersumbat. Meski begitu, jangan berlebihan memakai cara ini karena dapat menyebabkan masalah lain seperti sakit perut.

>>  Tips Mengobati Hidung Tersumbat pada Anak

Ketinggian
Jika anda mengalami hidung tersumbat di malam hari saat tidur, gunakan bantal untuk menopang kepala anda dengan menggunakan lebih dari satu bantal sehingga tetap pada tingkat yang lebih tinggi daripada jantung. Tidur dalam posisi ini membantu anda agar bernafas lebih baik dan mencegah rongga hidung terblokir.

Bawang
Bawang adalah obat kuat seperti cabe untuk mengatasi hidung tersumbat. Cuci satu atau dua bawang dan iris lalu menciumnya. Ini akan membuat hidung tersumbat anda menjaid lebih lega.

Jalan-jalan
Jika anda terganggu oleh hidung tersumbat di malam hari dan saat itu tidak merasa lemah atau lelah, maka anda dapat pergi keluar untuk berjalan-jalan. Gerakan yang sederhana seperti berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi pernafasan dan bekerja sebagai dekongestan alami.

Penyebab hidung tersumbat

Jika anda ingin menjaga diri dari masalah hidung tersumbat di malam hari ataupun saat tidur, maka anda harus mengetahui segala yang menjadi penyebabnya.

  • Pilek
  • Tingkat kelembaban yang rendah sehingga menyebabkan pembengkakan atau iritasi.
  • Sinusitis merupakan penyebab umum dari masalah ini.
  • Alergi terhadap bahan tempat tidur seperti bantal, selimut, dan kasur.
  • Reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang kewalahan dalam mengatasi serangan jamur di udara.

Hal yang penting untuk dipahami adalah bahwa pengobatan rumah membantu meringankan dan meredakan gejala. Jika setelah pengobatan di atas tidak berangsur membaik atau memburuk, anda dapat mengunjungi dokter lebih lanjut.

 
  Incoming Keywords: cara mengatasi hidung tersumbat, cara mengatasi hidung mampet, hidung tersumbat, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, cara menghilangkan hidung tersumbat, mengatasi hidung mampet, obat hidung tersumbat, hidung mampet saat tidur, cara menghilangkan hidung mampet

, , ,

Comments are closed.