Cara Membuat Karyawan Jadi Betah Bekerja

Mengapa kita harus pergi bekerja? Mengapa kita menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja daripada yang kita lakukan di rumah? Mengapa hari yang buruk di tempat kerja mengganggu anda secara umum? Mengapa kebanyakan orang pergi bekerja dengan awan hitam yang menjulang di atas kepala mereka? Mengapa orang membenci hari Senin dan Jumat? Mengapa beberapa orang mengambil cuti sakit dibandingkan yang lain? Mengapa orang sering berganti pekerjaan? Mengapa kita harus melakukan perjalanan untuk pergi bekerja dan untuk kembali pulang? Mengapa ini dan mengapa melakukan itu dan yang lainnya, dan seterusnya.

Jawaban atas sebagian besar pertanyaan di atas adalah karena kita tidak punya pilihan. Kita perlu bekerja. Kita butuh uang. Uang tidak tumbuh di pohon dan tidak ada yang akan menemukan cek sebesar 1 miliar di mana juga. Jadi kita harus pergi bekerja, tidak peduli kita suka atau tidak.

Faktor apakah yang menjadi penyebab keberhasilan suatu perusahaan? Tentu saja infrastruktur dan tenaga kerja. kepuasan karyawanSetiap perusahaan yang baik akan memerlukan dukungan dari karyawan jika ingin meraih sukses. Semua infrastruktur tidak akan dapat dimanfaatkan jika tidak ada karyawan yang  melakukannya. Semakin lama karyawan menjadi mahir akan tugas-tugas yang ditangani dan oleh sebab itu karyawan menjadi aset berharga bagi perusahaan yang perlu mendapat perhatian ekstra.

Sebuah perusahaan perlu mempelajari berbagai hal yang dapat membuat karyawan merasa senang selama bekerja. Tanggung jawab manajemen adalah untuk memastikan kebahagiaan karyawan, yang mengarah pada keuntungan, dan kebahagiaan perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk membuat karyawan anda merasa puas adalah dengan memberi mereka sesuatu, selain dari uang kompensasi yang mereka terima.

Hal yang menyedihkan tentang ini semua adalah bahwa kebanyakan bos nampaknya tidak melihat lebih jauh kemampuan karyawannya. Seorang karyawan yang bahagia adalah karyawan yang efisien dan karyawan tersebut akan bekerja ekstra. Bagaimana hal ini dapat dicapai? Berikut ini adalah beberapa gagasan untuk memuaskan karyawan.

Membuat karyawan bahagia di tempat kerja


Libur
Tidak peduli berapa banyak karyawan yang begitu menikmati pekerjaannya, dia pasti menginginkan hari libur. Sebuah cara yang baik adalah sesekali memberi mereka hari libur setelah selesai menyelesaikan proyek besar. Ini akan memberi mereka waktu untuk beristirahat yang sangat dibutuhkan dan mereka akan segar kembali setelah berlibur.

>>  Hari Pertama Bekerja

Perhatian khusus
Karyawan akan merasa lebih bahagia ketika pak bos memberikan perhatian pribadi kepadanya berkaitan dengan hal-hal sederhana seperti kinerja atau acara khusus. Ini akan membuat mereka tahu bahwa bos tidak hanya peduli dengan pekerjaan karyawan. Mereka akan merasa nyaman dan tentu saja mereka akan berusaha dengan baik untuk dapat menyelesaikan pekerjaan serta akan betah bekerja di tempat tersebut.

Arena bersantai
Berikan karyawan tempat untuk dapat memanjakan diri mereka dengan bersantai di kantor. Ruang untuk bermain, spa, ruang baca, ruang musik, dsb dapat menjadi beberapa pilihan yang dapat digunakan. Para karyawan akan merasa bekerja lebih baik ketika mereka tahu bahwa mereka dapat bersantai di tempat kerja.

Perjalanan
Sebuah cara yang bagus untuk membuat karyawan merasa santai dan melupakan semua permasalahan di tempat kerja adalah mengajaknya pada suatu acara. Makan siang sesekali di luar kantor atau bahkan memesan makanan untuk semua orang menjadi cara yang baik. Piknik juga akan membuat karyawan untuk dapat berinteraksi satu sama lain.

Hadiah kecil
Program insentif berupa hadiah kecil atau penghargaan kepada karyawan atas kinerja menjadi cara yang bagus untuk membuat karyawan merasa puas. Anda dapat mengadakan acara bulanan, diikuti dengan acara makan kemudian memberikan penghargaan pada karyawan karena dinilai telah begitu baik dalam tugas-tugasnya.

Setiap perusahaan perlu mengakui bahwa karyawan berperan penting dalam keberhasilan perusahaan. Melalui cara-cara di atas, semangat karyawan pasti akan meningkat, cuti sakit dan pergantian staf juga akan berkurang. Tidak ada rumus ajaib dalam membuat karyawan senang. Inti dari semuanya adalah memahami bagaimana cara menghargai karyawan.

Comments are closed.