Nyeri Punggung Atas Selama Hamil

Nyeri punggung atas selama hamil dapat sering terjadi terutama pada trimester ketiga. Ibu hamil melalui tahapan yang cukup berat pada periode ini, dengan adanya tekanan berlebih pada otot punggungnya. Tingkat lonjakan hormon selama kehamilan, ditambah dengan kenaikan berat badan dapat mengakibatkan beberapa ketidaknyamanan pada tubuh, nyeri punggung menjadi salah satu diataranya. Ibu hamil biasanya mengalami nyeri di daerah punggung atas selama periode ini.

Selama trimester ketiga, ibu hamil dapat menderita nyeri punggung atas, karena rahim mencapai ukuran maksimumnya. Tahap kehamilan ini ditandai dengan perubahan drastis yang terjadi guna mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Berikut adalah lebih lanjut tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan sakit punggung selama kehamilan dan bagaimana cara untuk meminimalkan rasa sakit dengan beberapa metode sederhana.

Penyebab nyeri punggung atas selama hamil

  1. Ibu hamil dapat mengalami kenaikan berat badan hingga 25% selama hamil, yang menambah masalah dengan memberikan lebih banyak tekanan pada otot punggung. Kondisi ini melemahkan otot punggung dan menyebabkan rasa sakit di daerah punggung bawah maupun atas.
  2. Ukuran pertumbuhan bayi dan rahim mengubah pusat gravitasi tubuh dengan bergeser ke arah depan, yang memberikan lebih banyak tekanan pada otot punggung. Tekanan ekstra ini dapat meregangkan otot-otot dan menyebabkan sakit punggung.
  3. Penyebab dari nyeri punggung atas selama hamil dapat menjadi akibat dari pembesaran payudara. Meningkatnya ukuran dan berat payudara selama hamil dapat membuat leher, punggung, dan bahu menjadi tegang.



Cara meredakan nyeri punggung atas selama hamil

Nyeri punggung atas selama hamil dapat ditangani dengan melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Menjaga postur tubuh yang baik adalah salah satu langkah paling penting untuk mencegah sakit punggung selama hamil. Ibu hamil harus selalu berdiri dan duduk pada posisi tegak dengan menjaga punggung tetap lurus. Namun, hal ini tidak harus duduk atau berdiri dalam satu posisi terlalu lama. Mengubah posisi secara berkala sangat penting untuk menghilangkan dan mencegah rasa sakit yang terkait. Jika kaki diangkat pada posisi sedikit lebih tinggi sambil duduk, ini dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri. Ibu hamil tidak boleh menyilangkan kaki saat duduk.
  • Ibu hamil harus menjaga posisi tidurnya dengan tepat. Jika tidur menyamping maka salah satu atau kedua lutut sedikit ditekuk. Hal ini dapat membantu meringankan tekanan pada otot punggung. Bantal juga dapat digunakan untuk ini atau anda dapat menempatkan satu bantal di antara lutut dan di bawah perut saat tidur. Hal ini dapat membantu menjaga posisi tulang belakang menjadi netral.
  • Mengangkat benda berat harus benar-benar dihindari selama hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Ibu hamil harus selalu menekuk lututnya dan menjaga punggung tetap lurus, saat mengambil sesuatu dari tanah.
  • Selalu memakai alas kaki yang dapat mendistribusikan berat badan anda secara merata. Ibu hamil harus menghindari mengenakan sepatu dengan hak tinggi selama hamil. Sepatu bertumit rendah dan datar dapat memberikan dukungan yang memadai, selain mendistribusikan berat badan secara merata, hal ini baik untuk ibu hamil.
  • Ada beberapa olahraga untuk ibu hamil yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot punggung. Anda dapat berbicara dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui lebih banyak tentang olahraga yang dapat dilakukan selama hamil.
  • Untuk nyeri punggung sementara, berikan kompres dingin atau hangat. Ini dapat digunakan secara bergantian untuk meredakan rasa nyeri. Obat-obatan seperti acetaminophen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri punggung atas selama hamil, tetapi hanya di bawah pengawasan dokter.
>>  Penyebab Sakit Punggung Kiri Setelah Makan

Selain tindakan pencegahan tersebut, ibu hamil harus memakai pakaian yang longgar dan nyaman selama periode ini. Meskipun nyeri punggung atas selama hamil adalah sesuatu yang sangat umum, hal ini tidak boleh dianggap enteng. Nyeri punggung atas selama hamil yang parah perlu dievaluasi dan diobati dengan bantuan dokter.

 
  Incoming Keywords: bumil nyeri punggung belikat

Comments are closed.