Minyak Ikan untuk Mengobati Depresi

Minyak ikan dapat digunakan untuk mengobati depresi. Minyak ikan sendiri merupakan sumber omega 3 asam lemak esensial, yang berpengaruh terhadap otak dan fungsi kognitif. Depresi adalah hal yang telah umum. Hingga sekarang, gejala depresi sering nampak pada pria dan wanita dewasa, bahkan pada anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama depresi tidak hanya stres yang berlebihan tetapi juga diakibatkan dari kekurangan gizi. Pola makan yang sehat dan olahraga teratur dapat membantu dalam menjaga keseimbangan hormonal, yang akan membantu dalam mencegah depresi. Makanan untuk mengobati depresi dapat meliputi asam lemak omega 3, vitamin B, D dan E, mineral seperti zat besi, kalsium, seng, selenium, karbohidrat, air, dsb. Sementara itu minyak ikan sarat dengan asam lemak omega 3. Inilah mengapa minyak ikan bermanfaat untuk mengobati depresi.

Minyak ikan sebagai obat depresi

Diera tahun 98, sebuah penelitian tentang omega 3 asam dalam sel-sel darah merah dari penderita depresi diterbitkan dalam ‘Journal of Affective Disorders’. Laporan penelitian lain yang diterbitkan muncMinyak Ikan untuk Mengobati Depresiul pada tahun 1999 dalam ‘Archives of General Psychiatry’. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penderita depresi, ketika diobati dengan minyak ikan, menunjukkan arah positif yang signifikan. Berbagai ahli medis telah menyatakan bahwa orang-orang yang mengurangi lemak dalam diet mereka saat berusaha untuk menurunkan berat badan, sebagian besar menderita depresi.

Minyak ikan merupakan sumber dari asam lemak omega 3 yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk memperkuat membran sel dan berguna dalam meningkatkan permeabilitas sel. Minyak ikan mengandung nutrisi penting, meliputi Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic Acid (EPA), yang membantu dalam meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan EPA dan DHA dapat menyebabkan gangguan mental seperti skizofrenia, multiple sclerosis, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. Penyakit ini menyebabkan rasa tidak percaya diri, mengisolasi diri, dan depresi. Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi, ingatan, dan kreativitas.

Otak manusia terdiri atas 60% lemak. Kekurangan lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan. Anda perlu untuk meningkatkan jumlah lemak yang sehat untuk tubuh yang bertujuan memfungsikan semua sistem tubuh berjalan baik. Suplemen minyak ikan dapat meningkatkan kadar EPA dan DHA dan oleh karena itu dapat membantu memerangi gejala depresi. Omega 3 dalam minyak ikan merangsang produksi serotonin, ini adalah hormon yang membuat anda merasa bahagia. Dengan demikian, seseorang yang memiliki omega 3 yang cukup dalam tubuh dapat menangani masalah emosional secara lebih efektif.

>>  Minyak Zaitun untuk Pertumbuhan Rambut Sehat

Hal ini diyakini bahwa kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebab depresi. Cod liver oil mengandung vitamin D, yang dapat memerangi depresi. Konsumsi minyak ikan dengan teratur akan membantu meningkatkan tingkat energi, karena meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Omega 3 juga aman dari kolesterol, maka itu dapat membantu dalam mencegah obesitas.

Minyak ikan mengandung sifat anti inflamasi. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan termasuk mengatasi penyakit kronis seperti arthritis, kolitis ulserativa, gastrointestinal, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular. Selain itu juga menurunkan resiko terserang kanker. Seseorang dengan penyakit kronis seringkali mengalami depresi. Menurunkan gejala penyakit-penyakit tersebut akan membantu dalam mencegah depresi.

Kebanyakan wanita mengalami perubahan suasana hati dan depresi sebelum atau selama menstruasi. Minyak ikan dapat membantu mengurangi nyeri panggul, kram akibat menstruasi, dan sindrom pramenstruasi, termasuk perubahan suasana hati dan depresi. Omega 3 dari minyak ikan dapat membantu dalam mencegah dampak dari stres, depresi, kecemasan, dan kondisi mental lainnya. Ikan, kerang, minyak ikan, dan sebagainya, mengandung seng yang merupakan elemen penting yang dapat membantu dalam mengatasi depresi. Kekurangan seng dapat menjadi salah satu penyebab depresi. Konsumsi minyak ikan dapat membantu mengatasi kekurangan seng. Infertilitas juga merupakan salah satu penyebab depresi. Konsumsi minyak ikan juga dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Dengan demikian membantu melawan depresi secara tidak langsung.

Minyak ikan sangat berguna dalam mengobati depresi. Meski begitu, konsumsi suplemen minyak ikan dengan berlebihan akan dapat memeiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Overdosis minyak ikan dapat menyebabkan perdarahan internal dan stroke. Efek samping ringan dari minyak ikan termasuk sakit perut, mulas, mual. Overdosis omega 3 juga dapat menurunkan tensi. Jadi jika anda ingin mengobati depresi, anda dapat menggunakan minyak ikan sebagai obat depresi. Namun sebelum itu, akan lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan mengikuti saran lebih lanjut.

 
  Incoming Keywords: minyak ikan bisa mengobati stress

,

Comments are closed.