Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut termasuk budaya lama. Minyak kelapa untuk rambut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan baik. Rambut tidak lain merupakanh filamen protein mati, masing-masing folikel ditempatkan jauh di dalam dermis atau lapisan dalam kulit. Komponen utama rambut disebut dengan keratin.

Rambut panjang dan berkilau selalu dianggap sebagai tanda rambut sehat. Rahasia di balik itu terletak pada pola makan yang sehat dan perawatan rambut yang tepat. Perawatan rambut yang tepat pada dasarnya termasuk pelembab dan pembersih, yang membantu mengatasi masalah umum seperti rambut rusak, minyak kelapa untuk rambutrambut kering, penipisan rambut, dan ketombe.

Minyak kelapa untuk rambut

Nutrisi dan pelembab
Minyak kelapa dapat memelihara setiap helai rambut dengan menembus jauh ke dalam batang rambut. Minyak kelapa memberikan kelembutan ke dalam folikel rambut, mencegah rambut patah dan kering. Minyak kelapa menambah kekuatan dan vitalitas rambut dengan pelembab dari dalam, dan juga melindungi dari kondisi lingkungan yang keras.

Minyak kelapa secara khusus cocok untuk rambut kering, yang lebih rentan terhadap kerusakan. Ini berisi vitamin E, yang diyakini berguna untuk merawat rambut dan mencegah rambut rontok dengan berlebih. Menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebelum keramas dapat membantu mencegah hilangnya minyak alami dari folikel rambut selama proses keramas.

Menjaga kesehatan kulit kepala
Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Oleh karena itu, dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala dan untuk menyembuhkan gigitan serangga serta mengobati jerawat dari kulit kepala. Hal ini juga dapat membasmi kutu dan ketombe dari kulit kepala. Ketombe yang berlebihan dapat memperlambat pertumbuhan rambut dengan memblokir folikel rambut. Kandungan asam kaprat yang ditemukan di dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba. Jadi, hal ini dapat membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dan dengan demikian menciptakan lingkungan yang tepat untuk pertumbuhan rambut.

Mencegah kehilangan protein
Minyak kelapa merupakan emolien yang sangat baik dan menjadi sumber yang kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam laurat. Asam laurat terbukti efektif dalam pertumbuhan rambut, karena memiliki afinitas tinggi untuk protein rambut. Hal ini dapat mengikat dengan protein rambut dan dengan demikian mencegah rambut mengalami kerusakan.

>>  Khasiat Minyak Kelapa untuk Wajah

Membuat rambut kuat dan elastis
Asam linoleat, yang ditemukan di dalam minyak kelapa, dapat membantu menjaga rambut agar terhidrasi dengan baik dan mempertahankan elastisitasnya. Minyak kelapa juga mengandung asam oleat, yang dapat membuat rambut lebih tebal dan lebih kuat.

Meningkatkan sirkulasi darah
Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, yang akan meningkatkan aliran oksigen ke folikel rambut. Sirkulasi darah yang tepat dapat memastikan pasokan nutrisi yang memadai untuk folikel rambut dan dengan demikian, merangsang pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa untuk rambut, maka harus menggunakannya dengan sedikit hangat, kemudian dipijat dengan lembut pada kulit kepala. Anda dapat membiarkannya semalaman, atau hanya untuk 1-2 jam, sebelum mencucinya dengan sampo ringan. Jika tidak dicuci dengan bersih, minyak kelapa justru dapat menyumbat folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Jika rambut anda lurus maupun bergelombang, anda dapat menggunakan minyak kelapa sebelum mencuci rambut anda. Tetapi bagi mereka yang memiliki rambut keriting dan tebal, akan mendapatkan keuntungan lebih dengan menerapkan minyak kelapa sebelum dan setelah keramas. Seringkali banyak orang yang juga dapat memanfaatkan khasiat minyak kelapa selama keramas, dengan mencampurnya dengan sampo atau kondisioner.

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak alami yang memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Selain bertujuan untuk membuat rambut sehat, hal lain yang perlu dilakukan adalah melengkapinya dengan diet sehat yang mencakup banyak sayuran, susu, buah-buahan, dan makanan yang kaya vitamin, terutama vitamin A dan vitamin E.

 
  Incoming Keywords: manfaat minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa untuk rambut

Comments are closed.