Fakta Ilmiah Tentang Cumi-cumi

cumi cumi raksasa

Cumi-cumi adalah makhluk yang sangat aneh yang terdapat dalam ekosistem perairan.

Cumi-cumi

  1. Cumi-cumi mempunyai tubuh yang sangat lembut, makhluk ini memiliki kepala dan otak yang sangat besar.
  2. Semua jenis cumi-cumi memiliki dua sirip lateral pada sisi tubuhnya.
  3. Semua cumi memiliki tiga jantung.
  4. Cumi adalah makhluk berdarah dingin.
  5. Ukuran cumi-cumi dapat bervariasi. Beberapa diantaranya dapat mencapai panjang 60 cm. Pada tahun 2007, cumi-cumi raksasa ditemukan di dekat Selandia Baru dengan panjang lebih dari 10 meter.
  6. Untuk menangkap mangsa digunakan dua tentakel kontraktil, yang lebih panjang dari lengan yang lain, dan kemudian diteruskan ke lengan yang lain untuk memegang mangsanya.
  7. Cumi-cumi merupakan perenang yang sangat cepat, lebih cepat daripada invertebrata lainnya, dan mampu dengan cepat mengeluarkan air dari rongga mantelnya.
  8. Tinta hitam akan keluar ketika cumi-cumi dikejar oleh pemangsanya. Tinta ini bagaikan awan di air, sehingga mustahil bagi predator untuk dapat melihat cumi-cumi.

Jenis cumi dan habitatnya

Terdapat sekitar 300 spesies yang berbeda dari cumi-cumi yang diketahui manusia, namun secara luas diasumsikan bahwa ada lebih banyak spesies cumi-cumi yang masih tidak kita ketahui. CUmi-cumi dapat ditemukan dalam air asin serta air tawar dan dapat mempertahankan diri dalam berbagai tingkat suhu.

Berikut di bawah ini adalah 5 jenis cumi-cumi yang paling dikenal:

Architeuthis
Terdapat 8 spesies yang termasuk dalam kategori ini. Panjang pejantan sekitar 9 sampai 10 meter, sementara betina mencapai 12 sampai 13 meter. Dengan demikian, betina lebih besar dari pejantan. Pada umumnya ditemukan di perairan dingin dekat Australia, Newfoundland, Selandia Baru, dan Norwegia. Hal ini dapat ditemukan pada kedalaman antara 300 sampai 1000 meter di bawah permukaan laut.

Mesonychoteuthis hamiltoni
Cumi-cumi tipe ini dapat dikatakan sebagai spesies terbesar dari cumi-cumi dan merupakan invertebrata terbesar di dunia. Panjangnya dapat mencapai 12 hingga 14 meter. Ini adalah cumi-cumi raksasa. Cumi-cumi ini memiliki kait tajam pada ujung tentakel, yang digunakan sebagai pertahanan terhadap predator. Cumi ini ditemukan di sepanjang bagian selatan Selandia Baru, Amerika Selatan, Antartika, dan juga beberapa daerah di Afrika.

>>  Cara Merawat Ikan Arwana

Vampyroteuthis infernalis
Panjangnya dapat mencapai 30 cm dan memiliki delapan lengan yang terhubung dengan kulit berselaput. Matanya tampak merah atau biru tergantung pada jumlah cahaya di sekitarnya. Cumi jenis ini ditemukan di perairan yang relatif hangat di sepanjang daerah tropis.

Dosidicus gigas
Hal ini dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter dan dapat mengubah warna tubuhnya karena adanya photophores bercahaya. Hal ini diketahui untuk menampilkan agresi terhadap manusia selama makan. Cumi-cumi ini terdapat di samudra Pasifik, California, dan Alaska.

Todarodes pacificus
Seperti pada spesies yang lain, cumi yang satu ini juga memiliki dua tentakel dan delapan lengan. Jenis ini juga disebut dengan cumi-cumi terbang karena dapat melompat di atas permukaan laut, dengan bantuan gerakan udara. Cumi-cumi ini lebih suka air dingin, ditemukan di Cina, Rusia, Kanada, dan Alaska.

Cumi-cumi raksasa diketahui memakan ikan yang berukuran sedang dan spesies cumi-cumi kecil lainnya. Untuk proses perkembangbiakkan, cumi betina bertelur di dalam air setelah kawin. Proses ini berbeda-beda untuk berbagai jenis. Cumi-cumi terbang bermigrasi untuk kawin, yang berlangsung pada akhir hidupnya. Cumi betina meletakkan telur sekitar 4000. Semua spesies bertelur jauh di dalam laut, di lokasi yang tersembunyi, yang membuat sulit untuk ditemukan.

Fakta tentang cumi-cumi yang dikumpulkan selama berabad-abad oleh para ahli biologi kelautan telah menunjukkan bahwa cumi-cumi sangat penting untuk ekosistem yang ada di laut dan memiliki peran khusus di dalamnya. Cumi-cumi adalah bagian penting dari ekosistem laut yang mampu untuk beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan untuk bertahan hidup.

,

Comments are closed.