Penyebab Mengapa Nyamuk Suka Menggigit Manusia

Bagi beberapa orang sering mengeluh mengenai nyamuk yang suka menggigit. Hal ini mungkin juga dapat terjadi pada diri anda, ketika diri anda lebih rentan terhadap gigitan nyamuk, dibandingkan dengan orang lain di dekat anda. Apakah yang menjadi penyebabnya? Berikut adalah beberapa penjelasan yang masuk akal untuk fenomena ini.

Penyebab nyamuk suka menggigit

Hewan nyamuk merupakan salah satu hama yang dapat menimbulkan gatal akibat gigitan serangga. Tidak hanya itu, nyamuk juga menjadi pembawa penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan demam kuning. Nyamuk dapat menularkan penyakit ke manusia maupun hewan. Oleh sebab itu, mengendalikan perkembangan nyamuk adnyamuk menyukai manusiaalah salah satu bagian penting untuk mencegah penyakit. Meski begitu, sebab apakah yang menarik perhatian nyamuk sehingga suka sekali untuk menggigit manusia?

Fakta nyata dan umum menyatakan bahwa nyamuk betina adalah nyamuk yang suka menggigit karena memerlukan darah, untuk perkembangan telur-telurnya. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa nyamuk dapat tertarik pada manusia oleh karena aroma yang dipancarkan dari tubuh manusia. Menurut penelitian, kulit manusia memancarkan sekitar 340 jenis aroma kimia yang menarik perhatian nyamuk. Terlepas dari bahan kimia ini, ada berbagai faktor lain yang menjadi penyebab mengapa nyamuk suka menggigit manusia, seperti disebutkan di bawah ini.

  1. Karbondioksida yang dihembuskan dari dalam tubuh manusia merupakan salah satu faktor yang paling menarik perhatian nyamuk. Serangga ini dapat merasakan kehadiran karbondioksida dan melacak mangsanya. Ini adalah fakta yang sudah terbukti, melalui perangkap nyamuk dengan umpan karbon dioksida yang diketahui sangat efektif dalam menangkap serangga ini.
  2. Karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh manusia membawa aroma kimia yang diproduksi oleh tubuh. Nyamuk mampu merasakan aroma tersebut, bersama dengan karbon dioksida dan ini membantu nyamuk dalam menemukan inangnya. Salah satu yang paling kuat di antara aroma ini adalah asam laktat, yang akan dikeluarkan dalam jumlah yang cukup saat beraktivitas. Selain aktivitas fisik, jika seseorang mengkonsumsi makanan tertentu dengan kalium ataupun kadar garam yang tinggi, maka terjadi pula pelepasan asam laktat.
  3. Selama bernafas, manusia melepaskan karbondioksida bersama dengan octenol dan campuran ini dapat menarik perhatian nyamuk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa ketertarikan ini begitu kuat bagi nyamuk dan dan merasakannya dari jarak lebih dari 100 meter.
  4. Tubuh yang panas dan kelembaban menarik perhatian nyamuk pada manusia. Pada umumnya, dapat dikatakan bahwa panas tubuh menarik bagi nyamuk, meski begitu, terdapat pula spesies nyamuk lain yang tertarik dengan suhu tubuh yang berbeda pula.
  5. Faktor lain yang penyebab nyamuk suka menggigit manusia adalah gerakan tubuh, yang dapat dirasakan oleh perubahan gelombang cahaya. Selain itu, pakaian dengan warna gelap juga dapat menarik perhatian nyamuk.
    >>  Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

Aroma kimia yang diproduksi oleh tubuh dapat lebih kuat terjadi pada beberapa orang. Menurut beberapa penelitian, satu dari sepuluh orang diketahui sangat menarik bagi serangga tersebut dan lebih rentan terhadap gigitan nyamuk. Dapat dikatakan pula bahwa orang-orang dengan konsentrasi tinggi steroid atau kolesterol di permukaan kulit mereka, dapat menarik perhatian nyamuk. Pendapat lain menyatakan karena seseorang memakai parfum yang disukai nyamuk. Bahkan bagi mereka yang mengkonsumsi bir secara teratur dapat dikatakan lebih disukai oleh nyamuk.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply