Menambah & Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

O ksigen diperlukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Darah membawa pasokan oksigen ke setiap sel dan jaringan di dalam tubuh. Kurangnya oksigen dalam darah dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Dalam artikel berikut akan memberi anda pemahaman tentang berbagai cara menambah tingkat oksigen pada darah.

Oksigen yang dihisap dari udara bebas dalam prosesnya bercampur dengan darah, kemudian meluncur ke setiap bagian sel dan jaringan di dalam tubuh. Akan tetapi, jika tingkat oksigen dalam darah sangat rendah, hal ini akan dapat menjadi penyebab dari banyak gangguan kesehatan. Kurangnya tingkat oksigen dalam tubuh merupakan salah satu faktor penyebab  rasa lelah secara konstan bagi manusia, yang mampu mengakibatkan masalah seperti halnya depresi dan kekuatan mental yang menurun. Tingkat jenuh oksigen normal dalam darah adalah antara 95% sampai 100%. Dan jika tingkat oksigen kurang dari 90%, maka hal ini dianggap termasuk rendah. Untuk itu, kita seharusnya mengetahui cara untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, untuk membuat tingkat pasokan oksigen yang memadai. Selain itu, hal tersebut juga akan diperlukan oleh otak, yang mengkonsumsi sekitar 12% dari jumlah oksigen yang dikonsumsi oleh tubuh manusia. Berikut di bawah ini adalah penjelasan yang lebih lanjut tentang cara menambah oksigen dalam darah.

Cara menambah oksigen dalam darah

menambah oksigen dalam darahJika terdapat kondisi dimana kadar oksigen dalam darah terlalu rendah, hal ini disebut dengan hipoksia. Sebagaimana telah disebutkan di atas, jika tingkat oksigen mencapai hingga 90%, hal ini dianggap sebagai hipoksia. Meski dengan waktu, kadar oksigen yang mencapai 80% menjadi hipoksia parah yang akan dapat mengancam kehidupan seseorang. Penyakit yang ada hubungannya dengan pernafasan seperti penyakit paru-paru obstruktif kronis, pneumonia, sleep apnea, hal ini merupakan beberapa penyebab mengapa kadar oksigen dalam darah menjadi begitu rendah. Pengobatan medis akan tergantung atas penyebab rendahnya tingkat oksigen di dalam darah. Meski begitu, terdapat beberapa cara menambah tingkat oksigen dalam darah yang sederhana dengan melakukan beberapa perubahan pada pola hidup keseharian.

Mencari udara sehat
Dengan begitu banyaknya polusi udara di sekitar kita, maka kita harus menemukan ruang di mana terdapat udara yang lebih sehat. Hal yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga kualitas udara di sekitar lingkungan kita sebersih mungkin.

Menghindari orang-orang yang merokok adalah salah satu cara terbaik untuk hal ini. Bahkan jika perlu, anda haruslah berhenti merokok juga. Gunakan masker setiap kali anda melewati daerah yang kotor dan penuh polusi. Buatlah juga rumah atau tempat kerja mempunyai sirkulasi udara yang baik. Tanaman di rumah anda dapat menjadi pilihan yang cukup bagus, hal ini dikarenakan tanaman menghasilkan oksigen dan mengkonsumsi karbon dioksida.

>>  Tanda-tanda Rendahnya Zat Besi pada Wanita

Olahraga rutin
Dengan berolahraga secara rutin tidak saja bagus untuk meningkatkan stamina tubuh anda, tetapi juga akan memberikan kontribusi pada peningkatan kadar oksigen di dalam darah.  Jalan cepat secara normal setiap hari selama sekitar setengah jam, hal ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen di dalam darah. Aktivitas olahraga dapat membuat otak dan tubuh melakukan permintaan oksigen yang lebih tinggi, sebagai akibat di mana tubuh meningkatkan aliran darah dalam memasok oksigen lebih banyak untuk keperluan sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, senam pernafasan juga dapat terbukti membantu paru-paru dalam menghirup oksigen dengan lebih baik.

Menurunkan berat badan
Cara ini berguna bagi orang-orang yang terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Orang-orang yang memiliki masalah berat badan seringkali lebih rentan mengalami masalah oksigen rendah dalam darah. Akan tetapi, jika anda melakukan tindakan pencegahan dan olahraga yang teratur setiap hari, maka anda dapat dengan mudah mempunyai berat badan dalam kisaran normal. Hal ini akan membuat kadar oksigen dalam darah menjadi mencukupi.

Makanan penambah kadar oksigen
Makanan tertentu dapat menjadi cara dalam meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan menghindari semua makanan berlemak dan makanan siap saji. Para ahli kesehatan menganggap bahwa pola makan yang melibatkan buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan bentuk lain dari karbohidrat kompleks dapat membuat sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga dapat mengangkut oksigen untuk kebutuhan sel tubuh. Mengkonsumsi makanan yang tinggi tingkat kalsium, vitamin F, vitamin C dan vitamin E, hal ini telah terbukti bertindak sebagai pelindung sel darah dalam membawa oksigen dan memerangi radikal bebas. Meski begitu, anda juga harus berkonsultasi dengan spesialis kesehatan sebelum mulai mengkonsumsi suplemen.


Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah di atas sangatlah membantu. Namun, anda juga harus melakukan pemeriksaan medis secara rutin. Anda dapat mengiktui saran dokter sebelum menerapkan metode tersebut. Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat berbagai penyebab yang membuat tingkat oksigen menjadi rendah dalam darah. Dengan mengikuti gaya hidup sehat dan aktif adalah cara alami terbaik untuk mengatasi hipoksia.

 
  Incoming Keywords: makanan penambah oksigen ke otak, cara mencari oksigen, cara menambah oksigen ke otak, cara mendapatkan oksigen, cara mengatasi kekurangan oksigen pada otak, otak kekurangan oksigen makanan, oksigen dalam darah, kekurangan oksigen, Cara menambah oksigen dalam tubuh, cara agar kadar oksigen dalam darah naik

, , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Tingkat Oksigen Rendah dalam Tubuh dan Gejala

    […] satu cara meningkatkan kadar oksigen adalah bernafas melalui hidung dan tidak melalui mulut. Mengurangi merokok, makan makanan sehat […]