Penyebab Pencemaran Laut

Pencemaran laut adalah salah satu masalah lingkungan yang dihadapi saat ini dan seringkali penyebab utamanya akibat aktivitas manusia. Sebagian besar penyebab pencemaran laut dalam hal ini adalah campur tangan manusia yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pencemaran laut dapat disebabkan karena pembuangan limbah industri, pertanian, atau sampah pembuangan dari perumahan. Lautan merupakan rumah bagi jutaan tumbuhan laut dan hewan. Kerusakan pada habitat lingkungan laut menjadi ancaman yang memprihatinkan bagi kelangsungan hidup spesies di lautan.

Penyebab pencemaran laut

Tumpahan dari minyak mentah, baik disengaja mapun tidak disengaja, merupakan faktor penyebab utama polusi pada lautan. Hal ini dapat terjadi ketika kapal yang melalui lautan ini membuang limbahnya di laut. Masalah ini juga telah dihadapi oleh semua lautan di seluruh dunia. Statistik menunjukkan bahwa hampir sekitar setengah dari pencemaran air laut disebabkan karena transportasi laut, sedangkan sisanya disebabkan oleh pembilasan tanker minyak, penyebab alami, dan seperti akan disebutkan di bawah ini. Tumpahan minyak diperkirakan mencapai sekitar 900.000 metrik ton per tahun, yang menjadi salah satu penyebab pencemaran air laut.

Penyebab pencemaran laut lainnya adalah limbah industri dumping. Limbah beracun ini mengandung berbagai kontaminan yang meliputi merkuri, polychlorinated biphenyl, dan hidrokarbon aromatik polisiklik. Pembuangan sampah oleh manusia ke laut adalah satu lagi penyebab utama yang dapat dikaitkan dengan kelalaian dari manusia. Hal ini tidak hanya berakhir di sana. Udara juga menjadi tercemar, sehingga kahirnya mengandung gas seperti karbon dioksida dan karbon monoksida, yang dapat juga mencemari air laut.

Dampak buruk

Minyak yang tumpah di lautan adalah bencana bagi semua bentuk kehidupan laut termasuk terumbu karang, ikan, dan tumbuhan laut. Terumbu karang dapat terkena dampak yang terburuk, seperti polusi yang berlebihan dan pemanasan global yang mengancam kehidupannya dari planet bumi dalam beberapa tahun ke depan. Pencemaran laut menyebabkan menipisnya oksigen terlarut dalam air, yang membuat sulit bagi berbagai hewan laut untuk bernafas. Meskipun manusia tidak secara langsung dipengaruhi oleh pencemaran air laut, kehidupan laut merupakan sumber makanan bagi kita.

>>  Penyebab, Dampak Polusi Udara dan Cara Mencegah

Mencegah pencemaran laut

  1. Pemantauan kapal oleh instansi terkait untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran minyak mentah dari kapal tanker secara rutin.
  2. Memberikan sanksi atas pelanggaran dari tumpahan minyak mentah oleh kapal dan limbah industri yang disengaja.
  3. Memastikan bahwa sampah dari pembuangan manusia diatur dengan baik, tidak asal membuangnya ke lautan.
  4. Memahami pentingnya akan kehidupan laut untuk kebutuhan kita manusia.

Satu hal yang lebih penting lagi adalah bukan hanya berbicara mengenai langkah-langkah seperti di atas saja, melainkan realisasi yang tepat dari semuanya jika kita memang berniat untuk membuat laut menjadi bersih. Kita tidak dapat memasrahkan semua tindakan pencegahan kepada pihak berwenang saja. Akan tetapi sebagai individu kita juga wajib memastikan bahwa tidak ada kerusakan lebih lanjut.

 
  Incoming Keywords: penyebab pencemaran laut, penyebab pencemaran laut adalah, penyebab pencemaran air laut, macam macam penyebab pencemaran laut, Penyebab Limbah kapal, salah satu penyebab pencemaran air laut adalah, salah satu penyebab adanya pencemaran air laut adalah, apa penyebab terjadinya tumpahan minyak dari kapal, apa penyebab pencemaran air laut oleh minyak dan efeknya /gejala yang ditimbulkan, aktivitas manusia di laut dapat juga menjadi sumber pencemaran laut jelaskan

Comments are closed.