Cara Mencegah Pencemaran Tanah

Seringkali kita sebagai manusia tidak menyadari, bahwa kitalah juga yang sebenarnya sebagai kontributor terbesar terhadap pencemaran tanah. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mencegah pencemaran tanah untuk melindungi tanah dan  melindungi kehidupan di bumi.

Salah satu dampak buruk yang utama dari hasil industrialisasi adalah polusi. Manusia memang  tergantung pada industri untuk berbagai jenis pekerjaan. Namun, dengan berkembangnya industrialisasi, udara, air, dan tanah menjadi tercemar. Polusi saat ini telah mencapai tingkat yang memprihatikan. Jika tidak ada tindakan yang diambil untuk mengendalikan polusi lebih lanjut, maka dunia akan hancur. Pencemaran tanah memiliki dampak buruk terhadap lahan pertanian serta orang yang mengkonsumsi produk yang ditanam di tanah tersebut.

Cara mencegah pencemaran tanah

Senyawa beracun, zat radioaktif, racun dan limbah lainnya berkontribusi terhadap pencemaran tanah. Kondisi ini memiliki dampak buruk pada tanaman dan kesehatan hewan. Tanah mengandung bahan organik serta anorganik. Bahan organik terbentuk karena tanaman dan hewan mati yang membusuk. Lapisan atas terdiri dari tanah organik, sedangkan lapisan bawah tanah dari anorganik. Pencemaran secara bertahap mencapai lapisan anorganik. Ada berbagai jenis pencemaran tanah meliputi pencemaran tanah pertanian, limbah industri yang menyebabkan pencemaran tanah, urbanisasi yang menyebabkan pencemaran tanah. Berbagai jenis polusi yang menyebabkan kesuburan tanah dan mengurangi kandungan mineral dalam tanah. Oleh karena itu, terdapat langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah pencemaran tanah.

  • Untuk meningkatkan hasil pertanian, sebagian besar petani menggunakan pupuk kimia. Tidak diragukan lagi bahwa hasil tersebut memang mengalami peningkatan. Akan tetapi tanah akan kehilangan kesuburannya. Untuk mengembalikan kesuburan tanah dengan cara apapun, akan dapat memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, para petani harus didorong untuk mulai menggunakan pupuk alami. Mikroorganisme dalam pupuk ini akan membantu dalam meningkatkan kesuburan tanah.
  • Untuk menghindari pencemaran tanah, para petani juga harus beralih ke pestisida bio dan fungisida. Produk-produk ini akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk bereaksi, namun tidak memiliki dampak buruk pada tanah. Cara terbaik adalah dengan menggunakan pupuk kandang, baik sebagai pupuk serta pestisida, karena memiliki dampak buruk jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bahan kimia.
  • Jika kita harus melihat fakta-fakta tentang pencemaran tanah, maka akan terlihat bahwa limbah beracun memiliki peran besar dalam pencemaran tanah. Oleh karena itu, limbah  industri harus ditangani dengan mengurangi toksisitas sebelum dibuang. Pada saat yang sama, metode yang tepat harus digunakan untuk membuang limbah.
  • Setelah plastik ditemukan, banyak orang berpikir menggunakan wadah plastik adalah hal yang praktis. Namun, plastik merupakan salah satu penyebab utama pencemaran tanah, karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat hancur. Alih-alih menggunakan kertas tissue dsb, kita harus memilih menggunakan kain serbet dan saputangan. Hal ini akan mengurangi pembuangan sampah.
  • Tidak diragukan lagi bahwa produk organik lebih mahal dibandingkan dengan produk kimia. Akan tetapi memilih produk organik akan mendorong produksi yang lebih alami. Hal ini akan membantu dalam mencegah pencemaran tanah.
>>  Penyebab Banjir Bandang

Sebagaimana telah tertuang di atas, anda dapat menyadari langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah pencemaran tanah. Daripada menunggu orang lain untuk melakukan pekerjaan bagi anda, yang terbaik adalah mengambil tindakan sendiri. Anak-anak juga harus dididik tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga dengan contoh-contoh yang jelas, sehingga mereka memahami pentingnya dalam mencegah pencemaran tanah.

 
  Incoming Keywords: sebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dan mencegah pencemaran tanah

Comments are closed.