Diabetes Penyebab Mulut Kering

Mulut kering merupakan salah satu gejala diabetes dan seringkali terjadi pada penderita diabetes. Artikel berikut ini adalah ulasan mengenai gejala dan penyebab yang terkait dengan kondisi ini, beserta langkah-langkah pengobatan.

Mulut terasa kering dapat menjadi tanda dan gejala diabetes, tetapi hal ini bukan satu-satunya suatu kondisi yang hanya dapat terjadi karena seseorang mencerita diabetes. Meski begitu, pada umumnya hal ini terjadi pada mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1. Lantas, apa hubungannya mulut kering dan diabetes? Di bawah ini dapat menjadi alasan yang lebih jelas.

Penyebab mulut kering dan diabetes

  1. Mulut kering dapat disebabkan karena efek samping dari obat yang sedang dikonsumsi untuk mengontrol diabetes. Selain itu, beberapa penderita juga mengkonsumsi obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah mereka dan untuk mencegah penyakit jantung yang mungkin dipicu oleh diabetes. Hal ini juga dapat menyebabkan mulut kering pada penderita diabetes.
  2. Penderita diabetes rentan terhadap dehidrasi, dan salah satu dampak dari dehidrasi adalah mulut kering.
  3. Gangguan pada ginjal dapat disebabkan karena diabetes dan tubuh kehilangan keseimbangan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering.
  4. Kadar gula darah yang tinggi atau hiperglikemia juga cenderung mempengaruhi tubuh, salah satu diantaranya adalah mulut kering.




Berikut adalah tanda-tanda lain yang berhubungan dengan mulut kering yang disebabkan karena diabetes:

  1. Seseorang yang mengalami mulut kering akibat diabetes, hal ini dapat terjadi karena adanya gigi berlubang.
  2. Pinggir mulut menjadi kering dan mulai terlihat sedikit putih, hal ini menyebabkan iritasi. Kondisi ini dikenal dengan cheilitis.
  3. Gingivitis atau lebih dikenal dengan radang gusi adalah gejala lain yang terkait dengan diabetes.
  4. Seseorang yang menderita diabetes dapat mengembangkan infeksi jamur pada lidah.
>>  Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Mengatasi mulut kering

Kondisi mulut kering dapat diobati, dengan beberapa tips berikut yang disebutkan di bawah ini:

  1. Ada beberapa pasta gigi yang telah dibuat khusus untuk mengobati mulut kering. Cobalah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan yang manis dapat beresiko terhadap gigi berlubang. Selain itu, makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan dehidrasi.
  3. Minum banyak air putih dapat mencegah mulut kering.
  4. Setiap kali setelah makan, usahakan untuk mencuci dan membilas mulut anda secara menyeluruh. Bahkan sebelum tidur, usahakan untuk menyikat gigi.
  5. Jika anda memakai gigi palsu, bersihkan selalu dengan sikat secara menyeluruh setelah setiap kali makan. Jika anda memakai kawat gigi, pastikan juga bahwa anda benar-benar membersihkan mulut setelah makan.
  6. Jangan gunakan alkohol sebagai obat kumur  untuk mengatasi mulut kering akibat diabetes.

Jangan menyimpulkan bahwa anda pasti memiliki diabetes hanya karena gejala mulut kering. Jika anda masih ragu-ragu, berkonsultasilah dengan dokter, yang akan mampu mendiagnosa penyebab yang tepat untuk kondisi ini.

 
  Incoming Keywords: penyebab mulut terasa kering

Comments are closed.